Ah, inilah untungnya sering-sering blogwalking dan googling. Selain nambah temen (baca: tambah link) juga bisa nambah informasi penting. Contohnya? Ini dia yang mau saya ceritakan pada Anda semua. jadi, simak baik-baik ya?

Anda tentu sudah familiar dengan istilah Pay Per Click alias PPC ads. Nama Google AdSense langsung deh nongol di ingatan saat istilah PPC ini disebutkan. Ya, Google AdSense memang masih merupakan the leading PPC company sampai saat ini (meski mereka kabarnya berrencana untuk ikut terjun ke bisnis paid review). Sebelum PPC, ada banyak jenis iklan yang bisa dijadikan sumber penghasilan di internet. Misalnya Pay to Read e-Mail alias PTReM yang masih juga bertahan, contohnya Bux.to. Lantas ada Pay Per Sale atau lebih dikenal dengan istilah affiliates alias broker alias makelar. Nah, yang tergress adalah ini: Pay Per Play!

Hmmm, pasti Anda belum pernah dengar kan? Yup, ini memang program (baca: sumber penghasilan) baru yang rencananya akan mulai beroperasi bulan depan (Februari). Sesuai dengan namanya, Pay Per Play alias PPP ini adalah sebuah konsep periklanan berbasis suara/audio. Jadi, iklan disampaikan melalui media suara. Cara kerjanya bagaimana? Cukup mudah. Member yang sudah terdaftar hanya perlu memasang kode HTML/Javascript tertentu di template blog. Bila kode itu sudah tersimpan, setiap kali blog tersebut dikunjungi akan ada iklan suara selama 5 detik yang terdengar. Ya, iklan suara sepanjang 5 detik saja dan Anda akan dibayar untuk itu. Tentu saja headphone atau speaker harus terpasang untuk dapat mendengarkan suara iklan tersebut.

Trus, perhitungan komisinya bagaimana? Situs penyedia program ini menjanjikan komisi sebesar $0.1 (satu sen) sampai $0.3 (tiga sen) per iklan yang dimainkan. Itu berarti Anda akan memperoleh komisi setiap kali blog Anda dikunjungi. Kenapa? Karena iklannya akan terdengar setiap kali blog Anda dikunjungi. Pengunjung tak perlu membeli apapun, juga tak perlu mengklik link apapun. Hanya pasang kodenya dan promosikan blog segencar-gencarnya. Setiap kali blog dikunjungi, dolarpun mengalir masuk.

Nah, bayangkan kalau Anda punya blog dengan traffic 1000 visit per hari. Itu berarti Anda akan dibayar $0.1 x 1000 = $100. Lumayan kan? Ini hanya estimasi dan bisa lebih tinggi juga bisa saja lebih rendah tentu saja. Tambahan lagi, program ini menyediakan komisi 3 generasi. Artinya Anda tidak hanya akan memperoleh komisi dari iklan yang terpasang di blog Anda saja, tapi juga dari sekian persen penghasilan publisher lain yang Anda rekomendasikan untuk mendaftar di sana. Asyik kan? Satu lagi, program ini masih sangat baru. Kalau Anda bergabung sekarang dan rajin promosi, peluang memperoleh penghasilan gede akan semakin lebar lebar. Cobain yukkz...

Semoga bermanfaat.

Update: Program ini sampai sekarang ternyata tidak berjalan sesuai janji pengelolanya. Kasihan banget deh..