Dua buah komentar masuk ke posting saya yang menceritakan tentang review seharga US$ 10. Komentar pertama bernada positif, di mana si penulis komentar mengatakan kalau program paid review-nya SponsoredReviews ini bagus dan ia menyatakan berniat join. Sedangkan komentar kedua kebalikannya. Sedikit bernada tak percaya, si pengirim komentar berkata, ‘...kalau hanya dapat 10 dolar, kan cuman Rp 90 ribu doang... sehari, seminggu, atau sebulan...wah kecil banget mas’. Begitulah cuplikan dari komentarnya. Dan ini sangat menggelitik saya untuk mengangkatnya dalam posting kali ini.

Saya tidak bisa menebak-nebak apa arti US$ 10 bagi Anda. Tapi bagi saya pribadi, dihargai US$ 10 untuk menulis sebuah artikel merupakan kebanggaan. Itu artinya kemampuan saya dihargai. Selama ini saya ngeblog hanya untuk ‘gaul’ dengan dunia luas menggantikan chatting yang kebanyakan suka bohong. Di samping itu menulis merupakan hobi saya. Ada gairah tersendiri saat menuangkan kata demi kata ke dalam sebuah tulisan. Dan ada kepuasan tersendiri saat tulisan saya dipublikasikan lalu dibaca oleh orang banyak, apalagi sampai mereka menyukainya.

Saya rela mengeluarkan uang Rp 5-10 ribu sehari untuk meng-update blog dan blogwalking sambil mencari-cari e-book. Saya tidak memikirkan itu. Itulah kenapa saya mencari e-book. Bagi saya keluar uang segitu tidak masalah sepanjang saya merasa puas dan ada semacam penggantinya, yakni e-book itu tadi. Lama-kelamaan saya berpikir, kenapa koq tidak saya mencari uang saja sekalian dari blog? Maka sayapun bergabung dengan Amazon, Google AdSense, Bidvertiser dan beberapa program lainnya. Target saya sederhana. Jika saya setiap hari keluar Rp 5-10 ribu sehari untuk ngenet, maka saya juga harus dapat penghasilan setara dari program-program yang saya ikuti. Tapi ternyata saya belum berhasil mencapai target itu.

Kemudian saya tahu SponsoredReviews. Tanpa pikir panjang lagi saya segera bergabung. Alasannya sederhana saja. Pertama, dengan ikut program paid review saya akan selalu mempunyai bahan untuk ditulis. Kedua, siapa tahu produk atau jasa yang ditawarkan advertiser bermanfaat bagi saya. Ketiga, saya dibayar. Menulis 300 kata tidak sulit bagi saya, dan kalau ada yang mau membayar saya untuk itu kenapa ditolak?

Mari berlogika sederhana. Sehari katakanlah saya habis Rp 10 ribu (minimal 4 jam) untuk ngenet. Dengan harga tawaran paling rendah US$ 5/review saja saya dapat bersih US$ 3.25, dikali Rp 9.000 sama dengan Rp 29.250. Lihat, hanya dengan menulis 1 review seharga US$ 5 saja sehari saya sudah untung Rp 19.250, padahal dalam sehari saya minimal menulis 2 review dan harganyapun mulai naik hingga yang tertinggi US$ 10 per review di mana saya dapat bersih US$ 6.50. Gila, saya tidak tahu apa pendapat Anda, tapi bagi saya ini sangat menguntungkan berdasarkan teori ekonomi paling dasar sekalipun! Lebih menarik lagi, ini mudah dan menyenangkan!

Saya rasa hanya itu komentar dari saya. Jangan lupa meninggalkan pesan atau komentar kapanpun Anda singgah ke halaman ini. Semoga bermanfaat.