Duh, kayanya ini bukan hari yang bagus untuk saya. Tadi setelah posting review untuk SponsoredReviews di blog Eko-Sudjarwo, saya login dan mendapati kalo 'Job in Progress'-nya (0) alias belum ada advertiser yang menyetujui tawaran saya. Mmm, kayanya harus istirahat dulu deh setelah hampir seminggu ini 'ngoyo' nulis 3-4 review per hari. Setelah saya pikir-pikir, kayanya ini kesalahan saya deh.

Begini. Pada saat pertama kali di-approved, saya langsung melakukan pelelangan review dengan banyak advertiser. Hasilnya saya menerima banyak order. Nah, kesemua order tersebut langsung saya garap dan diposting hanya sehari sesudah order masuk ke member area, semuanya! Tapi kalo sampe ada 7 ya saya manage antara 3-4 saja per hari. Di sinilah kesalahan saya! Saya terlalu 'ngoyo' menggarap banyak review dalam sehari, padahal tenggang waktu 'due date'-nya cukup lama, setiap review bisa kita selesaikan dalam tempo hingga 7 hari. Jadi, sebenarnya kalo saya sedikit sabar, sekitar seminggu ke depan saya masih bisa terus nulis dan earning hariannya lancar. Tapi karena 'ngoyo' tadi ya begini hasilnya. :)

Maka saran saya bagi Anda, terutama yang baru mempelajari paid review, bila memiliki stok 'task' yang banyak, usahakan untuk memposting maksimal 2 review saja per hari. Ini sudah cukup dan akan menjaga konsistensi earning harian kita. Kalau Anda kebut semua (seperti kebodohan saya), maka Anda akan mengalami nasib seperti saya. Akhirnya nganggur! Padahal, sumpah, nganggur itu sangat tidak enak. Biasanya terima earning US$ 6-10 dan kemudian gak ada earning itu sungguh menyiksa batin!

Satu hal lagi, SponsoredReviews mensyaratkan membernya untuk selalu menjaga rasio antara posting berbayar dan posting tidak berbayar itu 1:3. Itu artinya, untuk setiap 1 review yang kita posting, maka kita juga harus memposting 3 artikel yang bersifat non-komersil. Nah, ini juga alasan penting kenapa sebaiknya kita hanya memposting 1 paid review saja setiap hari. Kita memang bisa saja memposting 3-4 review setiap hari (seperti kebodohan saya--lagi), tapi itu bearti kita juga harus memposting 9-12 artikel lain dalam hari yang sama. Gila! Hal yang paling mungkin ya copy-paste content dari web lain (jadi ketahuan :p).

Oke, ini akan jadi pelajaran bagi saya dan semoga bermanfaat bagi Anda.
Join SponsoredReviews hari ini? Klik di sini.