Kemarin saya punya pengalaman menyebalkan dengan SponsoredReviews, tapi menyebalkan dari sisi saya sebagai member. Bagaimana tidak? Setelah 3 hari nganggur alias tidak dapat task, saya coba-coba melakukan penawaran. Lagipula ada beberapa advertiser baru yang belum saya coba dan saya juga punya blog lain yang belum pernah saya ikut-sertakan dalam proses bidding. Coba tebak? Alamak, tawaran saya yang memakai blog lain langsung ditolak menit itu juga. Gila! Sebelumnya penolakan datang paling cepat setelah 24 jam. Lha ini koq gak sampe semenit langsung ditolak.

Memang saya juga salah sih. Salahnya, saya melakukan penawaran pada opportunity yang sudah pernah saya kerjakan dengan blog yang lain. Pikir saya akan berjalan mulus mengingat dalam rule atau TOS yang dikeluarkan SponsoredReviews tidak ada larangan mengenai hal ini. Bahkan SponsoredReviews memperbolehkan membernya untuk melakukan banyak penawaran terhadap satu opportunity, syaratnya blog yang digunakan berbeda. Tapi koq saya ditolak langsung?

Tanpa menunggu lama saya langsung mengontak tim support SponsoredReviews via email. Saya ceritakan pengalaman saya ditolak advertiser tadi sambil menanyakan apakah ada pembatasan terhadap jumlah opportunity yang boleh diambil dalam satu periode (2 minggu/14 hari). Saya juga setengah menuduh SponsoredReviews melakukan sistemisasi/otomatisasi dalam proses bidding dengan mengacu pada pengalaman saya yang ditolak hanya dalam waktu kurang dari semenit. Jawabannya sungguh menggembirakan. Tim support SponsoredReviews mengatakan kalau tidak ada pembatasan terhadap jumlah opportunity, tapi memang ada persentasi antara jumlah opportunity yang bisa didapatkan dengan jumlah tawaran yang dilakukan. Bingung ya dengan penjelasan saya? Nih, baca sendiri email balasan dari SponsoredReviews:

Hi Ecko, We do not limit the number of reviews that you can do. You can expect to get a 5-15% approval rate on your bids depending on how much you are bidding and the quality and relevance of your site. For more information, please refer to this post: Help! Advertisers keep rejecting/ignoring my bids! http://blog.sponsoredreviews.com/?p=44

Regards, Mandy

Sayangnya mengenai bidding otomatis dengan sistem tidak dijawab, jadi saya tetap mempunyai kecurigaan ke arah itu. Lagipula memang kayanya tidak mungkin kalau biddingnya manual oleh manusia. Ini kan era milenium gitu loh... Bagian yang paling menggembirakan, bersamaan dengan balasan tersebut SponsoredReviews juga memberikan 1 job lagi. Harganya juga lumayan, US$ 7 di mana saya bakal dapet bagian US$ 4.55. Yah, lumayanlah untuk tambah-tambah earning periode ini, walaupun target US$ 100 saya masih jauh.

Terakhir, untuk lebih jelas mengenai penawaran yang di-reject terus ini bisa dibaca lebih lengkap di blog resminya SponsoredReviews. Belum gabung di SponsoredReviews? Klik saja di sini untuk mendaftar di bawah referensi saya. Tentu saja ada 'something special' buat Anda yang mau mendaftar di bawah referensi saya. Apa itu? :p

Semoga bermanfaat.