Wah, kemarin saya membuat satu kesalahan fatal saat menjawab pertanyaan Kang Bawor. Beliau bertanya apakah blog berbahasa selain Inggris bisa didaftarkan ke SponsoredReviews. Saya, dengan super pede, menjawab 'Gak boleh!'. Saya tambahin pula kalo prosentase bahasa Inggris dan bahasa lain di blog haruslah 80-20. Eh, barusan baca-baca petunjuk di situs SponsoredReviews ternyata gak ada tuh yang membenarkan jawaban saya pada Kang Bawor itu. Duh, sori ya, Kang. :D

Oke, sebagai penebus kesalahan tersebut, berikut saya sajikan informasi mengenai persyaratan blog yang boleh didaftarkan ke SponsoredReviews. Supaya gak ada informasi yang ngaco lagi, maka langkah amannya saya terjemahkan saja dari situsnya si 'Bos' ini. Gpp kan? Nah, yang saya terjemahkan berikut adalah requirements yang ada di halaman Manage Blog==>Add New Blog. Kurang lebih begini terjemahan bebasnya (dengan cara saya tentu saja):

  • Persyaratan pertama adalah, jangan sekali-kali mendaftarkan blog yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah dietapkan. Account member dapat di-suspend jika melakukan hal tersebut.

  • Blog Anda haruslah memiliki paling tidak 10 posting nonkomersil dan masing-masing adalah unique content dengan minimal 200 kata.

  • Blog Anda haruslah berumur paling tidak 3 bulan.

  • Blog Anda haruslah memiliki rasio paling tidak 2:1 antara nonkomersil dan komersil posting. Maksud komersil di sini adalah content erbayar alias paid review. Jadi, Anda boleh menggabungkan paid review SponsoredReviews dengan program lain, tapi rasio antara paid review dengan yang non-paid paling tidak 1:2.

  • URL yang didaftarkan/di-submit adalah homepage blog. Paling tidak 50 kata dan satu link harus ada di URL tersebut untuk setiap paid review yang dibuat pada saat pertama kali diposting. (Bingung ya? Sama dong.)

  • Jika blog bukanlah homepage situs, harus ada link menuju ke blog tersebut pada homepage situs.

  • Blog yang didaftarkan haruslah milik Anda sendiri. Free-for-all (FFA) atau blog komunitas tidak dapat diterima. Blog gratisan seperti blogspot (juga seperti blog ini :p) dapat diterima.

  • Blog yang didaftarkan bukanlah automated blog alias dibuat dengan software otomatis serta bukan blog yang dibangun semata-mata untuk tujuan meningkatkan traffic.

  • Blog yang tidak berbahasa Inggris dapat diterima, dengan syarat menjelaskan bahasa utama yang dipakai pada judul blog. Contohnya, "Blogecko - Indonesian" atau "Sambungroso - Javanese". Meski begitu, review tetaplah harus ditulis dalam bahasa Inggris, kecuali diminta lain oleh advertiser.

  • Blog yang sepi pengunjung alias traffic-nya rendah akan ditolak.
Nah, itulah syarat-syarat yang harus dipenuhi sebuah blog sebelum didaftarkan ke SponsoredReviews. Mau nyoba main kadal-kadalan? Boleh, tapi sistem SponsoredReviews akan secara otomatis menolak blog yang tidak memenuhi kriteria tersebut di atas. Ngeyel? Coba aja sendiri. Semoga sukses anyway...

Belum gabung dengan SponsoredReviews? Klik di sini untuk langsung bergabung.