Selamat datang di ...

03 Januari 2008

Hai, jujur saja dini hari ini (sekarang hampir jam 2 pagi lho) saya gembira sekali. Kenapa? Karena baru saja saya dibayar oleh SponsoredReview.com atas 2 review saya di blog Eko-Sudjarwo. Bagi yang belum paham apa itu SponsoredReview.com, biar saya jelaskan sedikit. Ini adalah sebuah program kerjasama antara blogger dengan situs ini. Bentuk kerjasamanya sangat mudah. Kita sebagai blogger cukup mendaftar di SponsoredReview.com, tapi sebelumnya kita harus punya blog dulu dengan kriteria (1) sudah berumur minimal 3 bulan dan/atau (2) memiliki minimal 10 posting. Setelah mendaftar, kita masih harus diverifikasi dulu sebelum akhirnya diterima sebagai member (approved). Sekali status kita di-approved, maka berapa saja blog yang mau kita daftarkan bisa diterima semua.

Apa yang harus kita lakukan? Terbilang mudah. SponsoredReview.com mempunyai daftar (terakhir saya lihat tadi lebih dari 300-an) advertiser yang minta dibuatkan review atau ulasan dari member-member SponsoredReview.com yaitu kita. Advertiser akan memberi sejumlah uang kepada SponsoredReview.com berdasarkan hasil lelang terbuka yang terdapat di member area. Dalam lelang tersebut kita boleh memilih advertiser yang ingin kita buat review-nya dan menentukan penawaran. Harga penawaran ini harus sesuai dengan 'range' atau ancer-ancer harga penawaran yang diberikan oleh advertiser serta tidak boleh melebihi nilai tawar blog kita. Nilai tawar ini dapat ditentukan sendiri pada saat mendaftarkan sebuah blog. Biasanya SponsoredReview.com akan mengarahkan berapa harga yang pas alias wajar buat kita tergantung dari kualitas blog yang didaftarkan. Semakin tinggi PR dan nilai jual blog, maka semakin tinggi pula nilai tawarannya.

Nah, pada proses lelang alias biding ini mula-mula kita klik judul proposal penawaran advertiser dari sederetan daftar panjang. Lalu halaman baru akan muncul dan tentukan harga. Kita harus menunggu sekitar satu hari untuk mengetahui respon advertiser. Kalau mereka tidak setuju, biasanya akan ada negoisasi ulang mengenai harga. Setelah terjadi persetujuan harga, maka kita akan diberi waktu 7 hari oleh SponsoredReview.com untuk mengerjakan review tersebut. Perlu dicatat baik-baik bahwa review yang kita buat haruslah sesuai dengan permintaan advertiser, sampai hal-hal yang paling detil seperti phrase untuk link sampai berapa minimal kata yang diminta. Ingat, mereka membayar kita untuk memenuhi keinginan mereka, jadi turuti saja.

Berapa SponsoredReview.com membayar kita untuk satu review? Tergantung berapa harga yang kita dapat dari advertiser dalam lelang. Untuk penawaran seharga US$ 5, kita mendapatkan US$ 3.25 dan sisanya untuk SponsoredReview.com. Jadi sistemnya bagi hasil. Ini jauh lebih terbuka dibandingkan dengan program serupa di situs-situs lain. Bahkan ini terkesan jauh lebih fair dibandingkan AdSense karena kita sendiri yang berhak menentukakan harga dan melakukan negosiasi dengan advertiser. Beberapa program serupa yang saya ikuti tidak seterbuka SponsoredReview.com ini dan harga mereka sendiri yang mematok. Yang lebih menjengkelkan lagi, mekanismenya jauh lebih berbelit yang berarti pembayaran kita jadi jauh lebih seret. Bayangkan saja, untuk mengetahui sebuah review diterima atau tidak saja kita harus menunggu selama 7 hari tit! Di SponsoredReview.com, kemarin saya posting review-nya hari ini saya dibayar. Mo bukti? Lihat di bawah ini:

Inilah hasil keringat dari internet yang pertama kali saya miliki. Artinya yang benar-benar jadi milik saya karena masuk ke dalam account PayPal, bukannya mengendap di member area. Dari AdSense saya punya earning lumayan, tapi harus menunggu sampai US$ 100 dulu bari dikirim via cek. Itupun kalo gak keburu di-banned dengan tuduhan click fraud. Nah, di SponsoredReview.com, walo cuma nyelesain satu review, kita langsung dibayar. Tapi bayarnya transfer lewat PayPal. Untuk itu kamu harus daftar PayPal dulu agar bisa diterima di program pay per review seperti SponsoredReview.com. Klik di sini untuk membuat account PayPal yang sangat mirip dengan account rekening bank tapi bedanya di internet dan untuk membuka account kita ga perlu setor uang dulu kaya di bank.

Tetarik? Klik di sini untuk mendaftar ke SponsoredReviews dan klik di sini untuk membuka account PayPal di bawah referensi saya. Saya dengan senang hati akan membagi pengalaman kepada Anda semua yang mendaftar di sini. tentu saja ada 'something special' yang hanya akan saya berikan pada Anda yang bergabung lewat referensi saya. Ingat, pengalaman memang guru terbaik, tapi belajar dari pengalaman dan keberhasilan orang lain akan jauh lebih baik. Buktikan sendiri!


« Selanjutnya
Sebelumnya »

7 komentar:

  1. Mas, aku kok sulit sekali dapat job yah, apa karena review -nya pakai bahasa indonesia, ya?
    seperti di sini lho

    BalasHapus
  2. Yang tidak seberuntung yang mahir bahasa Inggris, bisa kok review pakai bahasa Indonesia, seperti saya, seperti di sini lho

    BalasHapus
  3. @ Dua komen di atas: Ini mo komen apa numpang promosi nih? :D

    BalasHapus
  4. Mas Eko, blog kita yg didaftarkan harus bahasa Inggris atau bahasa Indonesia? Blog baru saya masih pake bahasa Indonesia, tapi it's oke kalo mesti bikin blog baru in English..
    Kalo ReviewMe bagaimana mas? dah pernah nyoba ?

    BalasHapus
  5. mas saya udah ikutan sponsoredreview tapi yang ada blog saya kena tolak terus mas bisa tolong saya tidak tingkatkan PR blog saya donk supaya bisa ikutan sponsoredreview blog saya adalah http://lungcancer45.blogspot.com

    oya mas kalo ada berita yang mau jual web site PR 5 saya mau beli mas saya patok harga webnya 200 ribu kasi kabar ke email saya mas arysukses@gmail.com

    thanks

    BalasHapus
  6. benar2 gila dollar atau gimana nih, mosok 15 link referall dari sponsoredreview di pasang di 1
    halaman, hmmmm benar2 kecanduan referall jadinya
    kayak sistem Mlm. kelihatannya kurang etis bung.

    BalasHapus