Baru saja saya buka mailbox dan, VOILA! Ada empat email konfirmasi dari ArticlesBase.com yang menyatakan bahwa artikel yang saya kirim dimuat. Pfiuuuh, lega rasanya membaca email itu. Pasalnya beberapa hari sebelumnya mereka menolak dengan alasan sepele: tidak ada paragraph. Lucu ya? Setelah saya edit, dengan cara membuat spasi baru di setiap akhir paragraph, eh akhirnya tembus juga. Seneng? Jelas dong! Apalagi sebelumnya artikel-artikel saya juga diterima di EzineArticles dan Shvoong. Wow, berarti tinggal menunggu hasil dari ArticleCity nih.


Btw, apa sih manfaatnya menulis artikel ke articles directory semacam itu? Banyak. Di antaranya yang paling pokok adalah ngetes grammar. Beberapa artikel saya ditolak EzineArticles karena grammar-nya kacau. Setelah saya perbaiki, saya submit lagi, eh tetep gak masuk juga. Berarti grammar-nya bener-bener kacau tuh. memang saya nulis topik yang kurang saya kuasai, jadi besar kemungkinan faktor itu membuat saya tidak dapat secara tepat meguraikan apa yang saya nyatakan alias editornya bingung karena mbulet. :p

Kedua, artikel-artikel dalam articles directory seperti itu biasanya suka dipake oleh blogger bahkan penerbit newsletter dan e-magazine untuk bahan tulisan mereka. Nah, syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh para pemakai artikel bebas seperti adalah bahwa link yang ada di dalam artikel tidak boleh dihapus ataupun diganti. Link yang dimaksud adalah link situs penyedia artikel dan situs penulis. So, keuntungannya bagi penulis artikel, secara tidak langsung dia sudah menyebar link ke mana-mana saat artikel dikopi dan dipakai blogger ataupun situs lain. Ini tentu akan meningkatkan popularitas blog si penulis.

Ketiga, ini kayaknya ga semua orang deh, numpang beken. Hehehe... Kalo tentang yang ini saya tidak mau berpanjang lebar, takut dikatain narsis. :p Jadi, yang paling mendasar alasannya ya dua di atas itu. Bagi member paid review program seperti SponsoredReviews, menulis artikel di articles directory juga bisa menjadi latihan untuk membuat tulisan yang lebih berbobot lagi. Gitu loooh...

Oke, itu saja untuk yang satu ini. Bagi yang mau berbagi pengalaman, you're welcome here...