Kita ngomongin film lagi nih. Setelah merasa kurang puas dengan jalan cerita The Mummy 3, saya akhirnya mendapat obat kekecewaan tersebut dari Jet Li sendiri. Idih, gaya banget ya? Maksudnya, saya nonton film Jet Li yang TOP BGT SKL. Beda sekali dengan film The Mummy terbaru yang menurut banyak teman ceritanya terlalu "maksa", maka film Jet Li yang akan saya tuliskan review-nya ini dijamin tidak mengecewakan. Ceritanya mengalir, kung fu-nya mantab, dan yang jelas asyik deh.

Apa sih filmnya? Judulnya The Forbidden Kingdom, sebuah film laga yang dibintangi dua aktor kung fu papan atas Hong Kong sekaligus: Jet Li dan Jacky Chan. Hmm, sudah mulai kebayang kan bagaimana serunya film ini? Selain Jet Li dan Jacky Chan, ada pula nama-nama bintang muda nan cantik seperti Li Bingbing dan Liu Yifei. Memang mayoritas pemerannya China karena setting film ini di China dan ceritanya mengangkat legenda Kera Sakti alias Sun Go Kong (meskipun yang memproduksi Hollywood). Nah, sekarang bagaimana jalan ceritanya?

Film ini mengisahkan seorang pemuda bernama Jason Tripitikas (Michael Arangano) yang sangat tergila-gila kung fu. Ia sering bermain-main di China Town, Boston selatan. Sebuah toko gadai milik seorang kakek tua bernama Hop (Jacky Chan) adalah tempat favoritnya berburu barang-barang bernuansa China dan kung fu, seperti DVD film-film kung fu. Suatu hari ia melihat sebuah tongkat emas di gudang bawah tanah Hop. Menurut Hop, tongkat tersebut adalah titipan nenek moyangnya untuk dikembalikan pada yang punya. Sampai saat itu Hop masih menunggu orang yang menurut ramalan akan menjadi pengantar tongkat tersebut pada si empunya.

Sepulang dari toko Hop, Jason dihadang beberapa begundal jalanan pimpinan Lupo (Morgan Benoit). Seorang teman Lupo tahu kalau Jason baru saja pulang dari toko gadai dan memaksanya untuk mengantar ia dan teman-temannya ke toko tersebut di malam hari. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk merampok uang Hop. Dengan terpaksa Jason menuruti keinginan Lupo, dkk. Sesampainya di toko Hop, Lupo memaksa Hop untuk menunjukkan tempat penyimpanan uang. Hop tidak bersedia dan malah memukul Lupo dengan tongkat emas yang tersimpan di gudangnya. Lupo marah dan lantas menembak Hop. Dalam keadaan terluka Hop meminta tolong pada Jason untuk mengantarkan tongkat tersebut pada pemiliknya. Jason menyanggupi dan segera lari keluar dari toko.

Lupo yang tak ingin aksinya diketahui orang lain mengejar Jason. Di atap sebuah bangunan Jason terpojok. Ia tak bisa lari lagi karena di depannya tinggal bibir atap sementara di belakangnya Lupo menodongkan senjata. Namun belum sempat Lupo menembak Jason, satu kekuatan aneh menyeret Jason ke belakang hingga jatuh dari atas atap gedung. Dalam jatuhnya Jason terlempar ke masa lalu. Tepatnya di China ribuan tahun lalu. Ia ternyata berada di sebuah rumah warga di satu pedesaan. Saat ia hendak mencari tahu tentang tempat tersebut, sepasukan tentara menyerang. Wanita-wanita diculik paksa dan para lelaki dibunuh.

Jason bersembunyi di balik lumbung padi. Namun seorang tentara melihatnya. Jason ketakutan dan berlari. Tapi Jason tak bisa lari jauh karena 3 tentara berkuda berhasil mengejar dan mengurungnya. Begitu melihat tongkat emas yang dibawa Jason, para tentara ini jadi terkejut. Mereka lantas berusaha merebut tongkat tersebut. Jason yang tak bisa berkelahi jelas saja panik. Untungnya ia kemudian ditolong oleh seorang pendekar pemabuk yang baik hati bernama Lu Yan (Jacky Chan). 3 tentara berkuda dikalahkan dengan mudah oleh Lu Yan.

Setelah berhasil menyelamatkan diri, Lu Yan menceritakan sebuah kisah berkaitan dengan tongkat emas yang dibawa Jason. Kisah tersebut bercerita tentang Raja Kera bernama Sun Go Kong yang teramat sakti sehingga tidak ada yang bisa mengalahkannya. Suatu saat Raja Kera datang membuat ulah di pesta yang diadakan oleh Raja Langit setiap 500 tahun sekali. Meski berulah namun Raja Langit menyukai Raja Kera dan berniat memberinya hadiah. Raja Langit lantas menitipkan pesan pada Jenderal Langit (Collin Chou) untuk memberikan pangkat dan kedudukan pada Raja Kera. Raja Langit sendiri sesuai kebiasaan akan pergi bertapa selama 500 tahun setelah pesta usai. Namun Jenderal Langit tak mematuhi titah Raja Langit. Ia justru menantang Raja Kera bertarung untuk mengetahui siapa di antara mereka yang lebih hebat. Pertarungan sengit terjadi sampai akhirnya Jenderal Langit secara licik mengakali Raja Kera dan mengutuknya menjadi batu.

Nah, kutukan tersebut hanya bisa dilenyapkan jika tongkat emas si Raja Kera dikembalikan padanya. Tongkat itu sendiri sebelumnya dilemparkan oleh Raja Kera saat kutukan Jenderal Langit belum menguasai seluruh tubuhnya. Menurut kisah tongkat tersebut jatuh di Kerajaan Tengah dan seseorang akan datang mengantarkan tongkat tersebut pada Raja Kera. Ternyata Jasonlah orang yang diramalkan sejak ribuan tahun itu. Dan Jason harus mengantarkan tongkat itu ke Gunung Lima Elemen di mana terletak istana langit tempat Raja Kera dikutuk.

Keberadaan Jason bersama tongkat emas Raja Kera membuatnya jadi incaran tentara langit. Beruntung Lu Yan bersedia mengantarkannya ke Gunung Lima Elemen. Dalam perjalanan mereka bertemu dengan Golden Sparrow (Liu Yifei) yang menaruh dendam pada Jenderal Langit karena telah membunuh kedua orang tuanya, dan juga seorang biksu (Jet Li) yang kemudian diketahui merupakan jelmaan sehelai bulu Raja Kera. Sang biksu bertugas menemukan pengantar tongkat Raja Kera yang kemudian ia tahu orang itu adalah Jason. Berempat mereka menuju ke Gunung Lima Elemen. Selama di perjalanan Lu Yan dan sang biksu bergantian mengajarkan jurus=jurus kung fu pada Jason.


Mendengar kabar kemunculan tongkat emas Raja Kera, Jenderal Langit memerintahkan seorang tangan kanannya bernama Ni Chang (Li Bingbing) untuk merebut tongkat tersebut. Ni Chang adalah seorang gadis muda ahli kung fu yang berambut serba putih. Sebagai imbalan, Jenderal Langit menjanjikan cairan keabadian pada si gadis. Ni Chang dan rombongannya sempat menghadang Jason, dkk. Namun sebelum sempat tongkat emas direbut Jason dan rombongannya telah lebih dulu menyelamatkan diri. Malang bagi Lu Yan. Sebatang anak panah yang dilepaskan Ni Chang menembus punggungnya dan mengancam nyawanya. Ia bisa mati jika tak segera dicarikan obat. Apa obatnya? Tak lain adalah cairan keabadian yang hanya dimiliki oleh istana langit.

Merasa tak ada pilihan lain, Jason pergi menuju ke istana langit untuk meminta cairan keabadian bagi Lu Yan. Ia bahkan bersedia menyerahkan tongkat emas Raja Kera pada Jenderal Langit asalkan dapat memperoleh cairan keabadian. Jenderal langit tak bisa memenuhi permintaan Jason karena telah terlanjur berjanji pada Ni Chang. Sebagai penentu siapa yang berhak menerima cairan tersebut, maka Ni Chang dan Jason harus bertarung sampai salah satu di antara mereka mati. Mampukah Jason mengalahkan Ni Chang dan mendapatkan cairan keabadian yang dibutuhkannya? Dan bagaimana dengan kutukan Raja Kera? Tonton saja sendiri deh. Gak seru kan kalo saya ceritain semuanya. Hehehe...