Selain untuk menjaring backlink, situs article directory ternyata juga cukup menjanjikan sebagai pintu masuk pengunjung ke blog kita. Terlalu berbelit ya bahasanya? Gampangnya, situs article directory juga dapat menjadi sumber trafik bagi blog kita. Buat Anda yang sudah mengikuti seri artikel "Backlink dari Article Directory" di dua posting sebelumnya saya yakin sudah bisa menangkap maksud tulisan ini.

Seperti dibahas di posting sebelumnya, setiap situs article directory biasanya menyediakan sebuah resource box yang ditempatkan di bawah masing-masing artikel yang kita tulis. Resource box ini berisi penjelasan singkat mengenai diri kita dan link ke web/blog yang dipunyai. Nah, inilah yang bisa dioptimalkan untuk menjaring pengunjung ke blog kita. Caranya?

Kunci utama terletak pada kualitas artikel yang Anda tulis. Kalau artikel yang Anda tulis mampu membuat pembaca terkesan, besar kemungkinan mereka jadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda. Atau ada juga yang jadi ingin tahu dengan tulisan-tulisan Anda lainnya. Kemana mereka akan menuju? Kemana lagi kalau bukan ke blog yang kita cantumkan dalam resource box?

Karena itulah saya sangat menyarankan untuk menulis artikel bertopik sama atau paling tidak berhubungan dengan tema blog Anda. Jadi saat pembaca artikel Anda terkesan dan kemudian mengklik link menuju blog, mereka tidak merasa salah tujuan. Maksud hati ingin memperbanyak referensi tentang optmimalisasi blog seperti yang sudah dibaca, eh koq malah masuk ke blog yang membahas masalah investasi dinar Iraq. Gak nyambung banget kan?

Kalau Anda mengelola blog berbahasa Inggris, ada banyak situs article directory yang bisa dijadikan sumber trafik. Beberapa di antaranya sudah saya sebutkan di sini. Buat Anda yang hanya punya blog berbahasa Indonesia tidak perlu berkecil hati. Saat ini sudah ada beberapa situs serupa. Meskipun oleh pengelolanya disebut sebagai situs citizen journalism, namun sifatnya mirip dengan situs article directory. Jadi Anda dapat men-submit artikel secara bebas di sana.

Satu yang paling saya sarankan adalah Wikimu.com. Tidak hanya saling bertukar informasi melalui artikel (atau "warta" menurut istilah Wikimu), member-member Wikimu juga berkesempatan untuk saling menyapa secara langsung. Bisa lewat chatting rame-rame seperti yang diadakan awal puasa lalu. Bisa juga dengan bertatap muka karena secara berkala pengelola Wikimu mengadakan acara-acara off line seperti diskusi, gathering, atau sekedar kumpul-kumpul bareng antar anggota Wikimu.

Situs lainnya adalah KabarIndonesia.com. Hampir sama dengan Wikimu, namun situs ini berkedudukan di Belanda. Beberapa membernyapun banyak yang tersebar di luar negeri. Saya pribadi punya pengalaman jelek dengan situs satu ini. Ceritanya, saya memergoki satu artikel tentang pemenang Putri Indonesia 2008 di situs tersebut yang sebagian isinya persis sama dengan posting saya. Kebetulan sekali waktu publikasi artikel tersebut selisih hampir 24 jam dari posting saya. Kebetulan lagi waktu itu posting saya menempati urutan pertama di SERP Google untuk kata kunci “Pemenang Putri Indonesia 2008”. Tapi saat saya mengajukan konfirmasi, redaksinya hanya menanggapi dingin dan penulisnya malah mengata-ngatai saya. Dasar nasib…

Eit, koq malah curhat. Ya sudah, sepengetahuan saya hanya dua situs tersebut yang menerima artikel berbahasa Indonesia. Jadi, coba rajin-rajinlah menulis di sana. Jangan lupa sertakan link blog Anda di biodata penulis maupun di ujung artikel. Mudah-mudahan cara ini dapat meningkatkan trafik blog Anda. Amin.