Setelah mengetahui bahwa kita dapat memperoleh backlink berkualitas dengan menulis di situs article directory, hal terpenting yang harus dilakukan selanjutnya tentu saja menulis artikelnya. Bagaimana langkah-langkahnya?

Mudah koq. Pertama-tama tentu saja Anda harus menyiapkan artikel yang akan di-submit. Kalau bisa jangan hanya satu. Siapkan beberapa buah artikel masing-masing sepanjang 400-600 kata dengan niche tertentu yang sesuai tema blog Anda. Misalnya blog Anda banyak membahas tentang bisnis online, maka sebisa mungkin artikel yang akan di-submit topiknya juga seputar bisnis online. Kalau blog Anda membahas tentang Jogja, ya artikel yang ditulis juga mesti berkisar tentang Jogja.

Kenapa mesti menyesuaikan topik artikel dengan tema blog?
Ya, alasan gampangnya sih biar nyambung aja. Setiap artikel di situs article directory kan ada resource box berisi biodata singkat penulis plus alamat web/blog. Kalau pembaca artikel Anda merasa apa yang Anda tulis menarik dan berguna baginya, besar kemungkinan ia akan mengklik link menuju blog Anda. Kan bakalan lucu jadinya kalau Anda menulis tentang SEO, tapi begitu pembaca sampai di blog koq isinya malah seputar perawatan bayi.

Oke, setelah artikel siap kini saatnya mencari situs article directory untuk men-submit artikel-artikel tersebut. Berikut beberapa situs article directory yang paling disarankan oleh banyak ahli article marketing maupun ahli SEO:

* EzineArticles.com
* GoArticles.com
* ArticleBase.com
* ArticleCity.com
* ThePhantomWriters.com
* Isnare.com
* IdeaMarketers.com
* ArticleDashboard.com
* ArticleFriendly.com
* ArticleBeach.com

Banyak sekali? Anda tidak harus menulis ke semua situs yang disebutkan di atas koq. Pilih saja beberapa yang paling sesuai bagi Anda. Saya sendiri hanya menulis di 3 situs teratas. Saya pernah men-submit beberapa artikel di ArticleCity. Namun ternyata harus menunggu beberapa bulan untuk mengetahui apakah artikel kita layak muat atau tidak. Padahal di EzineArticles hanya butuh waktu kurang dari 7 hari. Sedangkan di ArticleBase dan GoArticles malah langsung terpublikasi begitu artikel disubmit.

Kalau tidak bisa menulis dalam bahasa Inggris bagaimana? Gampang. Pakai saja jasa penterjemah di rental-rental komputer. Tulis artikelnya dalam bahasa Indonesia, kemudian serahkan ke penterjemah. Tarif yang dipasang biasanya berkisar antara Rp 1500 – Rp 3000/lembar. Mau yang lebih gampang lagi? Bayar saja penulis konten yang sekarang sedang menjamur. Tarifnya berkisar antara $0.5 - $1/100 kata. Tidak mau keluar uang sama sekali? Pakai saja jurus kopi-paste aman yang pernah saya sampaikan dulu.

Semoga bermanfaat.