Oleh: Putra Eka*

Menulis itu memang indah, semua yang kita rasakan, kita perbuat dan kita alami dapat dicurahkan dengan sebuah tulisan. Semua hal yang terjadi disekeliling kita yang terekam dalam ingatan bisa menjadi sebuah hal yang fenomenal bila kemampuan menulis itu dimiliki oleh orang tersebut. Seperti penulis-penulis kenamaan yang membiarkan imajinasi tingkat tinggi mereka merasuk kedalam setiap tulisan sehingga menghasilkan karya yang sangat indah, seperti William Shakespeare, J.K Rowling dan Taufik Ismail. Mereka semua adalah jenius dalam bidangnya, membuat setiap pembaca terhanyut dalam lamunan yang mereka ciptakan.

(Ngomong-ngomong tulisan di atas sudah indah belum ya?)

Menerapkan tulisan indah ini sangat penting bagi blogger. Apalagi yang bermain dalam bisnis online dan internet marketing. Anda sudah pasti tahu dengan sales letter. Sudah berapa kali Anda membeli suatu produk karena sangat tertarik pada tulisan yang ada di sales letter tersebut? Atau waktu pertama kali mengetahui tentang bisnis internet, Anda sering membaca blog-blog yang telah berhasil mendatangkan dolar dari luar negeri dan tertarik pada tulisan mereka sehingga menumbuhkan motivasi. Dan bila ada suatu tulisan yang mengguncang dunia internet atau dunia blogger ataupun dunia di mana kita bersosialisasi ini (dunia offline), dan itu membuat dua kubu yaitu pro dan kontra, si penulis telah menerapkan tulisan indah dengan sangat baik.

Semua tulisan bisa menjadi indah, bila menulis itu dengan segenap jiwa dan hati yang paling dalam (gak asal-asalan). Entah itu nantinya akan menjadi sebuah karya terbesar, penyulut peperangan, ataupun membuat orang yang Anda cintai jadi jatuh hati pada Anda. Apapun yang berhasil menggugah hati seseorang untuk sejenak membaca tulisan, dan akhirnya merenung untuk membacanya. Itu berarti tulisan tersebut termasuk tulisan indah.

Pertanyaannya, apakah orang yang dengan kemampuan rata-rata seperti kita ini bisa membuat tulisan yang bisa menggetarkan hati seseorang atau banyak orang? Jawabnya bisa! Semua hal itu bisa dipelajari, “When you could be dreaming, then will be achieved it” (bila Anda bisa bermimpi berarti Anda bisa mewujudkannya). Sesuatu yang tidak mungkin itu akan menjadi mungkin jika kita sungguh-sungguh dalam mendapatkannya.

Sebagai blogger yang rutinitasnya berbagi kepada orang lain, baik melalui media tulisan, gambar dan audio video (tapi mayoritas dalam tulisan), Anda telah satu langkah lebih maju. Ketika kita menulis ada kalanya tulisan yang sedang kita tulis dengan lancar terukir dalam goresan pena atau tuts keyboard dan ada kalanya tulisan itu hanya tersimpan di otak kita, tidak bisa dikeluarkan. Setiap hasil pemikiran kita itu tersampaikan melalui posting yang ada di blog kita dan akhirnya dibaca oleh setiap orang yang melintasi blog Anda. Dan bila tulisan tersebut mendapatkan respon yang benar-benar keluar dari hati mereka, maka Anda telah berhasil membuat sebuah tulisan yang indah.

Jadi di manakah tips untuk menghasilkan tulisan indah itu? Silakan baca artikel ini sekali lagi dan resapi dalam-dalam, Anda akan menemukannya di sela-sela tulisan ini.

*Penulis adalah pemilik http://www.putraeka.org. Di kalangan blogger, ia lebih dikenal sebagai Paman Gober si penjual VCC. Artikel ini ditulis khusus untuk EkoNurhuda.com dalam rangka guest blogging.