Selamat datang di ...

04 Januari 2009

Sejak tersandung masalah CosaAranda.biz dan jasa hosting yang diungkap Bang Zalukhu tahun lalu, Cosa Aranda sang master Google AdSense dari Surabaya ini seolah menghilang dari dunia maya. Blognya, CosaAranda.com, belum pernah di-update lagi sejak tanggal 11 Desember lalu. Sub blog yang direncanakannya untuk pembahasan topik-topik bisnis internet, http://bisnisinternet.cosaaranda.com, juga belum di-update sejak 21 Desember 2009. Ke mana sebenarnya master kita satu ini?

Terlalu sibuk menjadi pembicara seminar? Itu pikiran pertama yang terlintas di benak saya. Namun pikiran tersebut langsung terbantah ketika membaca posting Mas Cosa di sub blog yang baru ia buat, http://blog.cosaaranda.com. Baru ada 1 posting di situ, di mana Mas Cosa menegaskan kalau ia tidak mau lagi jadi pembicara seminar. Ternyata psoting itu ia tulis di tanggal yang sama dengan posting terakhir di http://bisnisinternet.cosaaranda.com. Terus, Mas Cosa ngapapin aja dong koq sampai menghilang sekian lama?


Sekitar bulan Oktober-November 2007, saat saya pertama kali memulai blog, CosaAranda.com sangat rajin sekali di-update. Seingat saya blog tersebut di-update setiap hari. Ceritanya juga lebih beragam, tak melulu masalah moke money blogging. Pernah Mas Cosa mengangkat masalah pembajakan isi posting untuk dijadikan buku yang dilakukan seorang mahasiswa S2 di Jogja, pernah juga "tipuan" manis di saat April Mop. Sayang sekali, karena CosaAranda.com pindah hosting bacaan-bacaan menarik tersebut tidak dapat kita baca lagi sekarang.

Pertanyaan yang terus terngiang-ngiang di kepala saya adalah, "Kemana Mas Cosa 'menghilang' kalau tidak lagi sibuk menjadi pembicara seminar?" Dugaan paling kuat tentu saja ia terlalu repot mengurusi CAN alias Cosa Aranda Network, Inc. Perusahaan yang (setahu saya) telah menelurkan 2 proyek online (ReviewMu dan Uneg2.com) tersebut tentunya sangat menyita waktu Mas Cosa. Terlebih setelah Mas Medhy "Blogguebo" menyatakan keluar dari CAN. Selain itu, bukankah Mas Cosa punya puluhan blog, baik berbahasa Indonesia maupun Inggris, yang ia pakai untuk menjaring dolar dengan Google AdSense dan juga program-program online earning lain?

Well, apapun kesibukan seorang Cosa Aranda, kita tentu berharap semoga itu adalah hal terbaik baginya. Saya pribadi sebagai penggemar dan, kalau boleh mengaku-aku, "murid" CosaAranda.com tentu saja merasa ada sesuatu yang hilang dengan tidak aktifnya blog tersebut. Yang paling terasa, berkurang sudah tempat belajar Google AdSense. Bagaimana dengan Anda, teman-teman?


« Selanjutnya
Sebelumnya »

87 komentar:

  1. wah mungkin master cosa laghee rehat sejenak...mungkin ada kesibukan di jalur off line kang, kita doa kan saja supaya beliu dalam keadaan sehat walafiat

    BalasHapus
  2. daftar pns??? eh gag mungkin ya :D

    BalasHapus
  3. Hu-uh nih.... saya dulu, beajar semuanya juga dari sana. Hiks..... kok bang Cosa ga pernah kliatan yah......

    Murid-muridnya pada rindu nih...... heuheuheue.......

    BalasHapus
  4. Aq juga rindu sama dia, soalnya semenjak saya hamil 3 bulan dia gak pernah mau datang lagi ke rumah saya. Hiks... Sori, cuma hoax. Hoax hahaha....

    BalasHapus
  5. Sepertinya, Kesibukan yang luar biasa telah mnyita perhatian mas Cosa. Mungkin juga sng master sedang menyiapkan sesuatu yang "wah" di tahun '09 ini. Who know ?? :)

    BalasHapus
  6. Kalau saya mungkin melihatnya dari sudut lain sih.... Menjadi seorang Cosaaranda dengan penggemar yang bejibun saya pikir tidaklah gampang. Apalagi beliu adalah seorang yang Full Time Making Money Online. Meski beliau memiliki karyawan, namun kayaknya banyak hal yang memang mengharuskan beliau yang turun tangan langsung. Belum lagi ditambah oleh "oknum" pengunjung-pengunjung blognya yang "nakal" yang sudah dikasih tutorial gratis malah nuntut macam2 dan bikin masalah hehhehe.....
    Ya mungkin sekarang kita ga boleh menuntut banyak, wong Beliau juga seorang manusia dan seorang yang harus bekerja...

    BalasHapus
  7. Iya nih... Benar juga apa yang dikatakan Bang Zalukhu...

    Jadi kasihan kalo kayak gini. Ngebayangin kalo saya jadi Bos Cosa, jadi pengen nangis nih... (cengeng mode : ON)

    BalasHapus
  8. Iya nih... Bang cosa kapan aktiff... kite2 nungguin loch... :)

    BalasHapus
  9. kayknya sebentar lagi mas cosa bakal muncul neh. udah ppr di blog nya mas eko sih. hihi... (sory ya klo salah predict)

    BalasHapus
  10. Mas Cosa juga seperti manusia biasa, butuh istirahat.. Semoga aja Mas Cosa cuma refreshing aja dan gak lama2. karena kami semua merindukanmu, Mas.. ;)

    BalasHapus
  11. Waaa kayaknya FBC neh?/ Fans Berat Cossa.. wakakaka,,,

    BalasHapus
  12. mungkin ada urusan yang penting kah...??

    BalasHapus
  13. please visit...
    negara kita dihina...

    http://kamiantiindon.blogspot.com/2008/02/ten-things-i-hate-about-indonesia.html

    http://www.topix.com/forum/world/malaysia

    BalasHapus
  14. kangen sama cosa aranda yah :p saya juga kangen

    BalasHapus
  15. Saking ga pernah di update, situsnya di hack, coba liat posting saya mas..sempet ngambil screenshot saya.. :D

    anyway, semoga bang cosa cepet kembali :D

    BalasHapus
  16. merasa kehilangan juga karena disana kita bisa belajar banyak tentang GA..

    BalasHapus
  17. lagi stress kali tuh.. kan udah janji mau diidupin ladi CA.COM nya. tau-tau kena Hack lagi.
    Jangan2 yang kenak HACK ada beberapa. Atau lagi pusing email2an sama admin yang punya host.. kenapa bisa tembus juga tuh servernya di hack orang lagi.

    BalasHapus
  18. Berdoa ajah breng2 biar Cosaaranda.Com aktif lagi.. Janganlah terlalu menuntut, krna sbagai blogger, suatu saat pasti ngalami kejenuhan dan kesibukan yg berbeda.. Saya yg uda jelas2 nganggur ajah update blog jrang2,. Berat memang menjadi seseorang yg slalu dituntut oleh penggemarNa..

    BalasHapus
  19. pada waktu itu saya masih terlalu newbie untuk bisa memahami mas cosa pada saat cosaaranda.com eksis kyk dulu, tapi bagaimanapun dia selalu berarti untuk saya..

    BalasHapus
  20. Mas cosa lagi liburan... :D
    Aneh juga ya :-/ kalo ga ngeblog terus Adesense Mas Cosa datang darimana?

    BalasHapus
  21. jujur saja saya malah belum sempat berkunjung ke blog Om Cosa; nama dan figur yang jadi kiblat blogger indonesia karena profesionalismenya....; waduh bagaimana yaaahhh Mas Ecko? Okelah...; saya akan rajin ke blog ini untuk melanjutkan tujuan-tujuan dalam blogging

    BalasHapus
  22. Denger-denger sih katanya lagi sibuk obok-obok Dolly tuh... ;)) =))

    BalasHapus
  23. kalo boleh saya berandai-andai berada diposisi cosa... saya memberikan tutorial gratis, petunjuk, panduan, pelajaran agar para blogger Indonesia sukses... ternyata apa yang saya lakukan malah banyak menuai keirian dan membuat orang tidak bertanggung jawab menyerang saya.

    Jika saya diposisi cosa... setelah saya merasa cukup memberikan "pengajaran, tutorial, panduan dll" sedang masih juga ada yg iri malah sampai berbuat yg tidak bertanggungjawab, maka saya putuskan untuk berhenti membantu orang (mirip salah satu postingan cosa, "jika saat ini ada orang yang berkata, membantu orang itu indah dan menyenangkan, maka saya akan bunuh dia")

    Jika saya diposisi cosa... Saya tidak akan membantu lagi, saya hanya akan fokus untuk bisnis online saya pribadi tanpa membatnu menyebarkan ilmu pada blogger indonesia.

    ... itu jika saya diposisi cosa.... tapi mudah2an cosa tidak seperti saya yang berandai-andai jadi dia...

    keeep mangats to'e...

    BalasHapus
  24. @hakimtea wah manthap tuh mas ikutan kontes andai-andai saja hehe.. iya tuh mas saya juga sependapat dgn mas hakim... tp semua kembali ke mas Cosa pribadi.. apapun yang diputuskannya saya pribadi akan dukung selama itu memang benar-benar untuk kebaikan.

    BalasHapus
  25. iya nih, saya merasa kehilangan tempat cari ilmu deh. buruan balik dong om cosa. :D

    BalasHapus
  26. @ Harry: Mungkin benar begitu, Bro.
    @ Mantan Kyai: :))
    @ Syamsul Alam: Sama ya..?
    @ Peramal Blog: Siapa sih? Iseng amat! :D
    @ Mymoen: Bisa jadi juga begitu.
    @ Zalukhu: Yah, rasanya pasti gak enak banget, Bang. Orang semua sudah disediain di blog, tinggal sarch dan baca, eh, koq malah manja minta dituntun ini-itu. Bete kan? Btw, ini pasti pengalaman pribadi ya? :))
    @ Hangga Nuarta: Iya, bisa jadi begitu.
    @ Internt Marketing Indonesia: :D
    @ Nunu: Koq bisa nebak gitu sih?
    @ tetetzet: Kangen ya? :D
    @ Fitriansyah: :D FBC, FBI kalee...
    @ Yudi: :D Emang Mas Yudi sudah nggak ya?
    @ Reza Fauzi: Huuu...
    @ Maulana Malik: Tapi skrg udah baikan koq.
    @ Sandy: Setuju..!
    @ Admin: Mungkin juga sih...
    @ Badoer: Wuih, yang sudah gak butuh CA.com... :D
    @ Pakdejack: Yups...
    @ rio2000: Kan ini Abad 21, Bro...
    @ Munawar AM: Wah, saya dulu tiap hari ke sana, Kang. Tapi entah kapan bisa menyamai Mas Cosa. :D
    @ Alan: temennya kamu kan?
    @ Hakimtea: Ya, pasti rasanya sakit banget, Kang. Saya juga masih inget posting yang itu. Pasti terasa sekali seperti dikhianati. Sudah nolong malah digolong. :(
    @ Soerdjak: Kangen yah? :D

    BalasHapus
  27. Iya, jadi keingetan satu setengah tahun lalu waktu mulai ngeblog...
    hehe...
    jadi keingetan.. seneng juga bisa belajar di CA.com. seneng juga pernah ngikutin update posting disana. Terus bisa semasa sama blogger yang akan dicatat sebagai perintis bisnis ngeblog di Indonesia. Hebat Om Cosa.

    Sekarang... nulis posting aja gak sempet.. heuheu... sedih juga. Mudah2an nanti bisa sukses kaya Om Cosa..
    *eh kaya dejavu deh komen ini* kapan ya?

    BalasHapus
  28. pantesan dah ngga ada feed ke inbox saya.
    yah, yang tahu sebenarnya hanya mas cosa, dan dia tentu sedang memilih yang terbaik untuk dirinya.
    @baca komen mas hakim, sepertinya kok bener ya, nggak mudah membantu orang lain :)

    BalasHapus
  29. @Ecko
    Ya, dia sering make anak buah gua di Dolly.
    Kamu mau pake juga gak?Ntar tak kasi diskon deh..
    Dijamin bersih dari PMS n cakep2.

    BalasHapus
  30. Pasti melelahkan ketika sampai di posisi seperti CA: Punya banyak blog yang harus dikelola, punya perusahaan yg harus dihidupi, resiko kena hack yang tinggi, banyak yang iri, dsb.
    Pada posisi seperti itu siapapun pasti butuh tetirah, retreat, dsb untuk kembali mereposisi/ menentukan kembali kemana arah bisnis berjalan. Kita semua berharap CA kembali menjadi "guru" kita. Tapi keputusannya tetap tergantung hasil tetirah CA.

    BalasHapus
  31. mungkinkah mas Cosa sudah sampai ke titik jenuh ??

    BalasHapus
  32. gimana om aja yang gantiin dia om... he..he..

    BalasHapus
  33. Cb mas ek0 ikt acra termehek-mehek bwt nyari mas c0sa yg hilang.. He..he..

    BalasHapus
  34. Lagi ada masalah sama CAn mungkin mas

    BalasHapus
  35. Yang jelas saya termasuk fans berat Om Cosa, justru saya yakin om cosa akan kembali dengan topik yang lebih segar lagi.

    Mungkin juga beberapa kejanggalan yang terjadi belakangan ini ada kaitannya dengan akan kembalinya sang master Adsense. Misalnya blognya yg rada aneh seperti di crack atau beberapa blog yang hampir serentak membahas tentang om cosa.

    Kita tunggu aja kelanjutannya....

    BalasHapus
  36. Wah jadi kehilangan salah satu guru nge-blog nih. apapun yang terjadi semoga yang terbaik untuk CA, dan semoga bisa balik lagi ke dunia per-bloggeran

    BalasHapus
  37. Wah kemana dong om, harus mencarinya?

    BalasHapus
  38. pasti ada sesuatu yang sedang direncanakan oleh mas cosa, dan ketika beliau bangkit dari kubur sudah pasti membuat sebuah inovasi dalam dunia blogger, saya tunggu kamu mas cosa :)

    BalasHapus
  39. maaf saya pendatang baru, met kenal, mau coment juga....
    Mungkin Mas Cosa sedang bertapa mencari wangsit menghadapi tahun 2009 yang penuh tantangan ini....

    BalasHapus
  40. bagi saya CosaAranda.com adalah tempat belajar dan berbagi pendapat yang bagus. Soalnya kan yang komentar banyak banget, jadi memperkaya tulisannya :)

    Walaupun ada yang katanya "master" SEO dan Internet Marketing beserta artikel pencerahannya.. tapi secara pribadi saya merasa blognya ga seasyik Cosa Aranda.com :)

    NB: Jangan ada yang nanya itu blognya siapa yang saya maksud. Pokoknya bloggernya ga komentar di artikel ini, dan bukan blogger yang saya akrabi :D

    BalasHapus
  41. iya nih..mas cosa kok "ngilang" gitu aja ya? padahal tabloid internet baru mau ajak tukeran link (maap nih mumpung barusan dapat kado taon baru dari Pak De Google). Skarang blognya Tabloid Internet udah masuk PR4. Kaget juga sih sebenarnya. Sampe 5 kali ngecek untuk kebenaran hasil yang 'disampaikan' sama Om PRChecker.info.

    Btw... mudah-mudahan mas Cosa bisa balik lagi ke 'rimba' blognya.

    BalasHapus
  42. yang bikin saya "tersesat", "terjerumus" dan "keasyikan" jadi blogger ini ya mas cosa. kemanakah dikau ?

    BalasHapus
  43. sayang sekali blog kerennya gak bisa kita baca lagi
    padahal banyak banget ilmu loh di blog itu
    hu...h

    BalasHapus
  44. moga2 update lagi, mas cosa secara tidak langsung ikut menjadi guru saya pertama kali

    BalasHapus
  45. @ BLogicThink: Mudah-mudahan ya... Tapi, apapun yang dijalani Mas Cosa sekarang mudah-mudahan itulah yang terbaik baginya. Setuju?
    @ mascayo: Bener banget tuh, Mas.
    @ Alan: Boleh juga tuh. Kebetulan udah lama nih gak make. Tapi koq gak ninggalin kontak atau apaan sih? Kan kesannya jadi kaya cuman tipu2 karena gak berani ninggalin identitas. Diragukan, Bro..!
    @ Ardo: Yang paling membuat lelah mungkin banyaknya orang yang iri dan berusaha menjatuhkan dengan berbagai macam cara itu lho ya?
    @ Hawee: Mudah-mudahan belum.
    @ Masenchipz: Gak mau saya! :))
    @ Hryh77: )) Adaaaa aja idenya...
    @ BambangOke: Mungkin juga.
    @ Sofwan: Yg jelas saya gak janjian lho sama yang lain. :D
    @ marlop98: Yups, setuju.
    @ Abahrafi: Gak tahu tuh...
    @ Harianku: Mudah-mudahan begitu ya?
    @ Ilyas: Met kenal juga, Bro.
    @ Ipung: Padahal saya niatnya mo tanya lho, Mas. :D
    @ Esaul Daris: Amin...
    @ Tipis: Yuk, kita cari!
    @ Kyai Slamet: :))
    @ Ibnu: Oya, sayang sekali ya.
    @ Paman Gober: Ya, saya juga begitu.

    BalasHapus
  46. betul nih mas, saya juga penasaran kemana pergi nya si o-om yang satu ini ..

    BalasHapus
  47. iya neh...kerasa banget kehilangannya..soalnya saya pertama kali punya domain sendiri tahun 2007 juga belajar money online dari blognya om cosa ini, apalagi soal meta meta gitu, dia ahli banget... duh kehilangan ladang belajar deh...

    BalasHapus
  48. kita tunggu aja mas ecko, soalnya apa yang mas ecko katakan tuh bener juga saat ini susah nyari referensi yang tidak mengambil keuntungan dari kita yang masih awam dan butuh share dari orang yang profesional plus punya moral yang bener, saya sendiri malah nyari yang senior-senior buat dijadiin referensi buat bikin blog saya menghasilkan duit juga.

    BalasHapus
  49. Pertama sekali blog yang saya baca secara serius adalah blognya cosaaranda kemudian baru blognya oom.com. sehingga lama-kelamaa saya punya blog sendiri pada akhir desember 08 ( sudah pd masalahnya )

    Salam untuk para senior sekalian
    ditunggu dukungan dan kunjungan ke http://myrazano.com

    terimakasih

    BalasHapus
  50. Kunjungi rumahnya di Surabaya aja mas! Tanyain deh kenapa! Hehehehehehehe..

    BalasHapus
  51. Iya tuh, udah beberapa bulan ini om Cosa nggak nongol2. Saya coba untuk "nyambangi" (berkunjung red) ke CA.com tapi nggak pernah diupdate. karena sama2 dari Surabaya-nya mungkin entar jika berpapasan dijalan dengan om Cosa akan saya tanya kenapa? he..he..he..

    BalasHapus
  52. Itulah mungkin sehingga cosaaranda.biz tidak berfungsi sebagaimana mestinya. saya yang member baru kehilangan kesempatan. sehingga saya menulis sebuah artikel "Apakah Cosaaranda.Biz adalah Sebuah Kebohongan ?".
    Sebelumnya mohon maaf

    BalasHapus
  53. hihihihi bisnis offline kali mas :D . sebulan gajinya dah puluhan juta trus di investasikan untuk bisnis offline... Soalnya blog-blog inggrisnya juga jarang-jarang update tuh sekarang.

    BalasHapus
  54. pantesan....
    inbox google reader ku yg pnya mas Cosa g ada...

    Oea...
    tp btw Blog Mas Cosa da yg d pindahtangankan ga...?

    klo g da kasih k saya za deh...
    hehe..

    BalasHapus
  55. Tidak usah mikir terlalu jauh dan berat-berat. Bung Cosa itu lagi capek,jenuh dan sekarang sedang berusaha merintis usaha offline.

    BalasHapus
  56. oya situsnya pernah dihack juga ama jatimcrw mungkin

    BalasHapus
  57. saya banyak belajar seo dari sana, tp entahlah... dirinya kemana skrg :(

    BalasHapus
  58. Yang penting kan sekarang sudah aktif lagi...
    Begitu banyak yang nungguin postingan sampeyan..

    BalasHapus
  59. ooo..mungkin lagi sibuk nyairin cek dari om Google kali mas.... ;))

    BalasHapus
  60. Lho sekarang mas cosa dah menghilang ta dari peredearan? Padahal aku perlu belajar banyak dari beliau utk blogging nih..... Aduh belajar sama siapa ya man?

    BalasHapus
  61. kalo "ngabur" nya karna persoalan teknis saya sih bisa menerima,tapi sampai koment ini saya tulis blognya cosa ndak bisa muncul.sbg orang yg udah punya nama baik di blantika maya sbaiknya cosa kasih penjelasan lah.agar orang2 yg selama ini blajar sama dia ndak kecewa.jangan sampai
    "TINGGAL GLANGGANG COLONG PLAYU"

    BalasHapus
  62. Iya nih kenapa semua postingan nya didelete? apakah semuanya sudah ga digratiskan lagi? karena sudah terkenal ataukah... karena apa?? Bang cosa...

    BalasHapus
  63. dah gak bisnis lagi dia,
    saya aja daftar reviewmu.com ampe cape nunggu gak dibales2, saya email supportnya juga gak dibales2.
    Something definitely is wromg!

    BalasHapus
  64. cocok jadi penggantinya cosa aranda nih kang . ;))

    BalasHapus
  65. Waduh guruku hilang, mungkin mas Cosa lagi nikmatin hasil kerjanya (shoping atau liburan)kali, entar biar tak lapor Termehek-meheknya TransTv biar kelacak hehe. Salam buat mas Eko

    BalasHapus
  66. bung Cosa emang master di dunia maya ini namun kl saya pribadi sy tak terlalu tergantung dengan siapapun dlm merengkuh ilmu.saya bisa mampir di ,zalukhu,anang,isnaini,fatih syuhud pogung dll.

    BalasHapus
  67. khusus untuk reviewmu milik CAN kok ga bisa daftar blog ya...??

    under maintenance terus...
    ada info ga mas?

    BalasHapus
  68. bagi2 ilmu adsensenya lg donk mas cosa

    BalasHapus
  69. Iya nih, kemana aja bang Cosa?
    gw belajar adsense karena melihat beliau yang
    dh gw anggap panutan di dunia GA :-*

    BalasHapus
  70. mas cosa piye iki aku masih perlu bantuanmu karena aku masih buta dijalur dunia maya ini

    BalasHapus
  71. wah gtu toh y?? dulu, saya dan blogger2 lain kira situs mas cosa di hack gt, memang saat saya dan teman blogger2 lain semua mengunjungi situsnya, ada tulisan hacked by.... gitu.....

    btw stelah mngegaskan g mw sminar lagi, kira2 mas cosa mw sharing ilmu g y??

    bliau mau ngadain worlshop lg g y?

    tp kali ini di jakarta??

    salam

    Lafa

    BalasHapus
  72. iya,,, aq ngerasa kehilangan gitu.... di salah satu forum publisher indonesia juga beliau jarang update....

    mungkin setelah blognya di hack dia lagi memperdalam ilmu kali yah....

    oh ya, tadi di psoting di sebutkan klo beliau punya puluhan blog englsh n indo yang dipake buat menjaring dolar... klo boleh tau blog2 mana aja ang dimaksud???


    http://in-the-business.blogspot.com

    BalasHapus
  73. Wah nunggu sampe kapan ya? kalo mau cari master lain dulu untuk berguru ............Kayaknya 'lom ada deh.....hiks...

    BalasHapus
  74. hehehehehe.....ketinggalan kereta nich.....

    BalasHapus
  75. sekarang Om Cosa lebih aktif di facebook. Kemarin juga saya sempat bertemu beliau di bali, dan om Cosa emang hebat

    BalasHapus
  76. muncul belakangan nih, tapi....hmmm saya juga penggemar, makanya terdapar disini.

    BalasHapus
  77. mas cosa emang mantap..blogger sejati...buktinya banyak yang merasa kehilangan...berati mas cosa itu maestro blogger indonesia...
    kita tunggu saja perkembangannya...

    BalasHapus
  78. @ hakimtea : he...he...he...
    Sudah pernah ngalami yaa ???

    1000 % bener tuh... Ujiannya berat !!!

    BalasHapus
  79. kalian ini pada bahas apaan sih. kok gak bilang-bilang sama saya :D

    BalasHapus
  80. halo.. mas cosa udah nongol lagi tuh..kayaknya isi blognya sekarang lebih variatif ya, nambah-nambah produk bisnis lagi, moga2 tips adsense-nya ttp nggak hilang :)

    BalasHapus
  81. banyak blogger Indonesia yang terispirasi olehnya...

    Oh ya, situsnya cosa, Uneg2 ternyata gak aktif lagi..

    BalasHapus
  82. owh jadi cosa aranda itu master adsense.
    baru tahu maklum newbie di dunia blog

    BalasHapus
  83. Mungkin Mas Cosa aranda sudah lelah....

    BalasHapus
  84. Kalau menurut saya, kemungkinan besar penyebabnya adalah karena akun adsense milik Mas Cosa diblokir sama Google :(( . Sehingga Mas Cosa langsung down, terpuruk dan putus asa. Kalau mengandalkan program iklan lain seperti chitika, biidvertiser, atau yg lain-lainya itu kan tidak dapat dibandingkan dgn adsense. Karena adsense benar-benar unggul terutama dalam hal jumlah penghasilan yg bisa diperoleh publisher.

    Kalau saran gue, lebih baik Mas Cosa mencoba bentuk bisnis online yang lain seperti clickbank. karena penghasilan dari clickbank juga sangat lumayan. Tidak sedikit orang yang meraup milyaran rupiah dari clickbank.

    BalasHapus