Sejak tersandung masalah CosaAranda.biz dan jasa hosting yang diungkap Bang Zalukhu tahun lalu, Cosa Aranda sang master Google AdSense dari Surabaya ini seolah menghilang dari dunia maya. Blognya, CosaAranda.com, belum pernah di-update lagi sejak tanggal 11 Desember lalu. Sub blog yang direncanakannya untuk pembahasan topik-topik bisnis internet, http://bisnisinternet.cosaaranda.com, juga belum di-update sejak 21 Desember 2009. Ke mana sebenarnya master kita satu ini?

Terlalu sibuk menjadi pembicara seminar? Itu pikiran pertama yang terlintas di benak saya. Namun pikiran tersebut langsung terbantah ketika membaca posting Mas Cosa di sub blog yang baru ia buat, http://blog.cosaaranda.com. Baru ada 1 posting di situ, di mana Mas Cosa menegaskan kalau ia tidak mau lagi jadi pembicara seminar. Ternyata psoting itu ia tulis di tanggal yang sama dengan posting terakhir di http://bisnisinternet.cosaaranda.com. Terus, Mas Cosa ngapapin aja dong koq sampai menghilang sekian lama?

Sekitar bulan Oktober-November 2007, saat saya pertama kali memulai blog, CosaAranda.com sangat rajin sekali di-update. Seingat saya blog tersebut di-update setiap hari. Ceritanya juga lebih beragam, tak melulu masalah moke money blogging. Pernah Mas Cosa mengangkat masalah pembajakan isi posting untuk dijadikan buku yang dilakukan seorang mahasiswa S2 di Jogja, pernah juga "tipuan" manis di saat April Mop. Sayang sekali, karena CosaAranda.com pindah hosting bacaan-bacaan menarik tersebut tidak dapat kita baca lagi sekarang.

Pertanyaan yang terus terngiang-ngiang di kepala saya adalah, "Kemana Mas Cosa 'menghilang' kalau tidak lagi sibuk menjadi pembicara seminar?" Dugaan paling kuat tentu saja ia terlalu repot mengurusi CAN alias Cosa Aranda Network, Inc. Perusahaan yang (setahu saya) telah menelurkan 2 proyek online (ReviewMu dan Uneg2.com) tersebut tentunya sangat menyita waktu Mas Cosa. Terlebih setelah Mas Medhy "Blogguebo" menyatakan keluar dari CAN. Selain itu, bukankah Mas Cosa punya puluhan blog, baik berbahasa Indonesia maupun Inggris, yang ia pakai untuk menjaring dolar dengan Google AdSense dan juga program-program online earning lain?

Well, apapun kesibukan seorang Cosa Aranda, kita tentu berharap semoga itu adalah hal terbaik baginya. Saya pribadi sebagai penggemar dan, kalau boleh mengaku-aku, "murid" CosaAranda.com tentu saja merasa ada sesuatu yang hilang dengan tidak aktifnya blog tersebut. Yang paling terasa, berkurang sudah tempat belajar Google AdSense. Bagaimana dengan Anda, teman-teman?