Ingin membuat blog sebagai “mesin uang” tapi masih bingung program apa saja yang harus diikuti? Tenang, Anda tidak sendiri koq. Saya dulu juga begitu, sebagaimana para pemula lainnya juga pernah menghadapi hal serupa. Untuk itulah saya membuat halaman ini, di mana Anda dapat menemukan daftar program-program yang selama ini saya gunakan untuk “berburu dolar”. Program-program berikut saya pilih dari sekian banyak program yang ada di internet. Saya berani merekomendasikannya karena sudah terbukti memiliki layanan dan support yang bagus, serta yang paling penting adalah: terbukti membayar!

SponsoredReviews
SponsoredReviews adalah sebuah situs agen paid review (review berbayar) yang akan membayar Anda untuk menuliskan review (berbahasa Inggris) pesanan advertiser mereka di blog. Untuk setiap review Anda akan memperoleh sebanyak 65% dari harga review yang disetujui advertiser. Komisi dibayarkan dua minggu sekali melalui PayPal. Kalau Anda baru mengenal situs ini sangat saya sarankan untuk terlebih dulu membaca ebook “Panduan SponsoredReviews” yang saya tulis. Download ebooknya Panduan SponsoredReviews di sini! GRATIS!

Daftar di SponsoredReviews!


Blogsvertise
Masih merupakan situs paid review. Hanya saja Blogsvertise menerapkan aturan yang berbeda dalam hal penerimaan review dan pembayaran komisi. Di situs ini tiap review yang Anda tulis mesti disetujui oleh admin. Komisi dibayarkan setelah 30 hari kerja sejak review disetujui admin, juga melalui PayPal. Enaknya, komisi Anda tidak dibagi dua dengan Blogsvertise. Misalkan Anda mendapat review senilai $10, maka sebesar itulah komisi yang akan Anda terima kelak.

Daftar di Blogsvertise!


BuyBlogReviews
Sama seperti SponsoredReviews dan Blogsvertise, BuyBlogReviews adalah situs agen paid review. Bedanya, beberapa advertiser di BuyBlogReviews membolehkan Anda menulis review dalam bahasa selain Inggris. Komisi di situs ini juga lebih besar, di mana Anda akan dibayar sebesar 70% dari nilai review. Komisi dibayarkan setiap tanggal 1 dan 15 melalui PayPal.

Daftar di BuyBlogReviews!


ReviewMu
Bagi Anda yang ingin meraup penghasilan dari paid review tapi bahasa Inggris-nya pas-pasan, ReviewMu adalah solusinya. Yap, situs ini adalah agen paid review lokal sehingga Anda bisa menuliskan review dalam bahasa Indonesia. Besar komisi beragam, minimal Rp 10.000/review. Pembayaran komisi dilakukan dengan cara transfer bank setelah total komisi yang Anda peroleh mencapai batas minimal Rp 100.000.

Daftar di ReviewMu!


KumpulBlogger
KumpulBlogger adalah situs pay per click (PPC) lokal. Yang harus Anda lakukan dengan program ini hanyalah memasang iklan yang disediakan KumpulBlogger di blog Anda. Setiap kali iklan tersebut diklik, maka Anda akan memperoleh komisi sebesar Rp 300/klik. KumpulBlogger juga menyediakan iklan banner/gambar dengan komisi sebesar Rp 700/klik. Komisi dibayarkan lewat bank setelah penghasilan Anda mencapai batas minimal Rp 50.000.

Daftar di KumpulBlogger!


KlikSaya
Sama seperti KumpulBlogger, Klik Saya adalah situs PPC lokal. Bedanya, KlikSaya memberikan komisi lebih beragam untuk setiap klik atas iklan yang Anda pasang di blog. Komisi minimal sebesar Rp 150/klik, dan maksimal (berdasarkan pengalaman saya) sebesar Rp 475/klik. Pembayaran komisi dilakukan tiap bulan lewat bank setelah komisi Anda mencapai minimal Rp 60.000.

Daftar di KlikSaya!


Ask2Link
Ini adalah program periklanan berbasis link teks. Anda akan dibayar untuk menempatkan sejumlah link advertiser seperti yang dapat dilihat di bagian “Related Websites” di sidebar blog ini. Harga tiap link ditentukan oleh Ask2Link berdasarkan tingkat popularitas blog yang mengacu pada jumlah kunjungan per bulan, peringkat Alexa, Google pagerank, dan faktor lain. Komisi dibayarkan setiap tanggal 1 di awal bulan melalui PayPal setelah mencapai batas minimal $10.

Daftar di Ask2Link!