Bagi kebanyakan pemilik account PayPal di Indonesia, mengubah status dari unverified menjadi verified member merupakan satu hal sulit. Yang membuat sulit, mayoritas bank di Indonesia tidak mendukung layanan payment processor seperti PayPal. Akibatnya member PayPal di Indonesia hanya dapat mem-verifikasi keanggotaannya dengan kartu kredit. Padahal sebenarnya PayPal juga menerima proses verifikasi menggunakan kartu debit (ATM).

Tidak semua blogger punya kartu kredit. Beberapa bahkan terang-terangan menyatakan tidak akan pernah mau membuat kartu kredit, termasuk saya. Sementara kalau tetap berstatus unverified juga susah karena dana yang ada di account tidak bisa diapa-apakan. Solusinya? Yang paling umum adalah dengan membeli virtual credit card (VCC). Kemudian beberapa waktu belakangan muncul isu kalau kita dapat menggunakan Payoneer card, sebuah kartu debit berlogo MasterCard. Benarkah demikian?

Mari kita diskusikan kebenarannya.


Payoneer card yang dikeluarkan oleh First Bank of Delaware ini merupakan kartu prabayar. Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit Payoneer kita terima dalam keadaan kosong tanpa dana. Jadi, kita dapat begitu saja menggunakan kartu tersebut untuk melakukan verifikasi di PayPal. Kita baru bisa menggunakannya jika dan hanya jika kartu tersebut sudah terisi sejumlah dana. Payoneer sendiri berulangkali memperingatkan kalau kita hanya dapat menggunakan kartu tersebut setelah dananya tersedia.

Nah, pada saat melakukan proses verifikasi, PayPal akan terlebih dulu mengetes kartu yang kita masukkan. Caranya, PayPal menarik dana dari kartu tersebut sebesar $1.95. Bersamaan dengan transaksi penarikan itu PayPal memberikan 4 digit expuse number yang nantinya kita perlukan untuk menyelesaikan proses verifikasi. Begitu expuse number ini disubmit ke account kita, maka PayPal akan mengembalikan dana yang ditarik tadi sekaligus mengubah status kita menjadi verified member.

So, dapatkah menggunakan kartu debit Payoneer untuk melakukan verifikasi di PayPal? Kalau kartu tersebut masih kosong jelas tidak bisa! Kenapa? Karena kalau kartunya masih belum berisi dana tentu saja PayPal tidak dapat melakukan penarikan uang darinya untuk ‘mengetes’ kartu tersebut sekaligus memberikan expuse number pada Anda. Artinya, ya percuma saja mengorder kartu Payoneer kalau tidak bisa mengisi dananya.

Semoga bermanfaat.


Catatan: di posting selanjutnya saya akan membahas sedikit lebih dalam mengenai kartu debit Payoneer. Bagaimana cara memperolehnya, mengisi dananya, dan berapa besar biaya yang dikenakan untuk penggunaannya.