Suatu saat saya pernah tersasar di satu situs yang menjual produk berupa rekaman wawancara dengan Cosa Aranda. Siapa itu Cosa Aranda? Halah, pertanyaannya koq tidak mutu begitu sih? Karena Mas Cosa sudah terkenal sebagai publisher sukses Google AdSense, blogger top, dan juga pebisnis online papan atas, maka tentu saja wawancara tersebut seputar Google AdSense, make money blogging, dan cara-cara memulai berbisnis online.

Sebenarnya saya sangat tertarik sekali dengan produk tersebut. Namun saya tidak buru-buru membelinya karena (jujur saja) takut dikibuli. Meskipun ada nama besar Cosa Aranda di situ bukan berarti tidak ada peluang terjadinya tindak pengibulan. Siapa tahu situs itu hanyalah another penjual mimpi yang mencatut nama Cosa Aranda. Atau siapa tahu sebenarnya saya bisa memperoleh rekaman tersebut secara gratis di internet, iya kan? Ternyata benar. Saya akhirnya bisa memperoleh salah satu dari rekaman wawancara yang dijual itu dengan gratis tis.

Entah berapa kali Mas Cosa pernah diwawancarai, baik untuk radio maupun media cetak. Yang paling fenomenal menurut saya adalah sewaktu Mas Cosa diwawancari Radio Singapore International (RSI). Radio ini bisa dibilang RRI-nya Singapura. Jadi sangat mungkin sekali popularitas Mas Cosa akan langsung meningkat di kalangan warga Singapura setelah wawancara itu. Saya sendiri sangat penasaran sekali dengan isi wawancara tersebut. Tapi yang saya dapat rekaman wawancara lain, yakni wawancara Mas Cosa di radio Smart FM Jakarta dalam rangka promosi seminarnya di sana.

Dalam wawancara sepanjang 52 menit 53 detik ini Mas Cosa banyak ditanyai tentang kegiatannya di internet dan sejumlah kiat untuk memperoleh penghasilan berlimpah di internet. Sayangnya presenter bernama Fransisca Matilda yang mewawancarai Mas Cosa sepertinya tidak menguasai topik pembicaraan. Ini terlihat dari ketidak-mampuannya mengimbangi pembicaraan Mas Cosa sehingga diskusi menjadi satu arah. Fransisca Matilda bertanya, Mas Cosa menjawab. Habis. Tidak ada feedback lagi kecuali pertanyaan baru. Ia juga tidak dapat mengucapkan “search engine optimization” dengan benar, bahkan menyebut “Google AdSense” sebagai “google adsensai”. Walah!

Francisca Matilda mungkin hanya satu contoh dari sekian banyak orang Indonesia yang masih awam tentang online earning atau make money blogging. Dalam wawancara tersebut saya malah menangkap ada semacam keraguan dalam diri Francisca Matilda ketika Mas Cosa bilang penghasilannya dari internet rata-rata Rp 50 juta per bulan. Belum tahu dia! Mungkin setelah wawancara tersebut ia baru ngeh bahwa internet ternyata dapat memberikan penghasilan besar asal kita tahu caranya. Iya kan?

Eh, koq malah nyeritain si Francisca Matilda sih? Ya sudah, buat yang mau mendengarkan rekaman wawancara Cosa Aranda di radio Smart FM Jakarta silakan download di sini!