Sebagai pemakai setia Blogger/BlogSpot, saya sama sekali buta tentang hosting dan segala tetek-bengeknya. Saya sama sekali tidak tahu apa itu add-on domain, FTP, cPanel, bahkan saya tidak mengerti apa gunanya Fantastico! Anda boleh tertawa mengejek, tapi memang begitulah kenyataannya. Maklum saja, penyuka gratisan seperti saya ini tidak pernah punya account hosting. Yang saya punya account Blogger, domain name dan account DNSPark.

Eits, tapi itu dulu. Ceritanya sedikit berbeda sekarang. Tepatnya semenjak saya mengenal satu situs dengan layanan webhosting super murah bernama IdeBagus.com. Entah kebetulan atau tidak, IdeBagus benar-benar menjadi ide bagus bagi saya yang berniat mencari hosting hemat sebagai sarana pembelajaran fitur-fitur hosting sekaligus WordPress. Bagaimana tidak saya sebut ide bagus kalau saya hanya perlu membayar Rp 100 ribu untuk satu paket hosting setahun plus nama domain gratis? Wow!

Apa yang saya dapatkan dengan harga semurah itu? Yang jelas satu nama domain berekstensi .com, .net, .org, .biz, atau .info. Sementara hostingnya sendiri memiliki kapasitas penyimpanan (web space) sebesar 250 MB dengan bandwidth 1 GB per bulan. Tidak terlalu besar memang, tapi cukup lumayanlah untuk seorang newbie seperti saya. Toh, niatnya juga hanya sebagai sarana belajar, jadi rasanya saya tidak memerlukan kapasitas penyimpanan ataupun bandwidth terlalu besar. Yang penting control panelnya sama lengkap dengan yang biasa diajarkan di ebook-ebook panduan WordPress, habis perkara!

Poin paling menarik bagi saya adalah pemberian nama domain gratis itu tadi. Tidak banyak penyedia hosting yang memberikan nama domain gratis seperti yang dilakukan IdeBagus. Kalaupun ada, domain gratis itu biasanya hanya diberikan pada paket-paket tertentu saja dengan harga yang tentunya lebih mahal. Di IdeBagus, semua paket hosting disertai dengan bonus satu nama domain. Ya, semuanya! Tidak peduli Anda memesan paket Hemat yang hanya seharga Rp 125 ribu per tahun atau paket Bisnis seharga Rp 250 ribu sebulan, Anda tetap akan memperoleh satu nama domain gratis.

Hal lain yang menarik dari IdeBagus adalah program affiliasinya. Sebagai client Anda berkesempatan memperoleh pemasukan tambahan sebagai affiliate dengan cara mempromosikan layanan IdeBagus. Dari setiap transaksi yang terjadi atas promosi Anda, IdeBagus akan memberikan komisi yang bervariasi antara 10-25%. Semakin besar penjualan Anda, semakin besar pula persentase komisi yang Anda peroleh. Anda sewaktu-waktu juga dapat mengecek perkembangan penjualan & statistik lainnya secara real-time di member area.

Buat Anda yang baru belajar membuat blog, atau Anda yang ingin belajar lebih banyak tentang fitur hosting dan WordPress seperti saya, IdeBagus merupakan pilihan tepat. Begitu mahir dan blog sudah berkembang, Anda dapat dengan mudah meng-upgrade account dengan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang lebih besar kapanpun Anda mau. Di mana lagi bisa memperoleh semua kelebihan ini kalau bukan di IdeBagus? *promosi mode on* :))

Sebagai penutup, saya mengundang Anda untuk mengunjungi ILoveYogya.com. Ini blog sederhana yang saya jadikan sarana mempelajari fitur-fitur hosting dan juga WordPress. Tentu saja saya menggunakan layanan IdeBagus (hemat banget, bo! Hihihi). Namanya juga baru belajar, mohon maklum ya kalau masih amburadul banget. Hehehe…

Semoga bermanfaat.