Selamat datang di ...

28 November 2008

Sebagaimana saya ceritakan lewat Twitter beberapa hari lalu, kartu ATM saya sempat tertelan mesin ATM. Tertelannya hari Rabu (19/11), ketika terakhir kali saya ambil uang. Entah kenapa koq saya lupa menarik kembali kartu ATM tersebut sehingga akhirnya ditelan mesin. Beruntung sekali Rabu malam itu ATM BNI Syariah Jl. Kusumanegara sepi. Setelah saya tidak ada lagi yang menggunakan mesin itu sampai lebih dari 15-20 menit kemudian. Coba kalau ada yang menemukan kartu saya dalam keadaan aktif, bisa-bisa dikuras habis isi tabungan saya. :))

Nah, saya baru tahu kalau kartu ATM itu tertelan hari Sabtu (22/11). Waktu itu saya mau mengambil uang lagi karena sudah kehabisan dana segar. Maklum, sekali ambil paling cuma Rp 50 ribu, makanya cepat habis. Eh, begitu sampai di dalam bilik ATM saya kaget karena kartu ATM BNI tidak ada di dompet. Waduh, ke mana ya? Pikir saya waktu itu sambil kebingungan setengah mati. Ah, mungkin terselip di kamar kos! Duga saya untuk menenangkan diri. Sayapun langsung pulang ke kos.


Begitu sampai di kos, kamar langsung saya obrak-abrik. Tapi kartu tersayang itu tetap juga tidak ketemu. Saya jadi berpikir mungkin kartu itu tertelan mesin. Wah, panik mulai melanda. Saya takut kartu saya ditemukan orang terus duit saya dikuras habis. Untungnya pikiran sehat masih bisa mengendalikan emosi saya sehingga akhirnya timbul ide untuk menelpon customer service BNI dan menanyakan kartu tersebut. Begitu tersambung, hal pertama yang saya tanyakan adalah: "Kapan transaksi terakhir dan berapa nominalnya?" Beruntung sekali, CS BNI di seberang telpon menjawab kalau transaksi terakhir lewat mesin ATM tercatat tanggal 19 November 2008 sebesar Rp 50.000. Pffiuuuuh, leganya....

Untuk mengambil kembali kartu ATM tersebut, mau tidak mau saya mesti ke kantor cabang BNI di mana saya membuka rekening. Kebetulan dulu saya bukanya di kantor cabang Jl. Trikora, jadi bisa sekalian jalan-jalan ke Malioboro. :)) Eh, ternyata kejadiannya tidak seperti yang saya bayangkan. Karena mesti mampir dulu ke Kantor Pos Besar untuk mengirim buku pesanan yayang di Pemalang, saya masuk BNI pas jam istirahat. Setelah mengambil kartu di lantai dua, saya harus menunggu lamaaaaa sekali di lantai bawah ketika hendak membuka blokir kartu karena CSO-nya banyak yang keluar istirahat. Yah, dasar nasib! :((

Lebih dari setengah jam kemudian baru saya dapat giliran. Untungnya dapat CSO cewek. Kelihatannya sih sudah lumayan berumur, tapi masih menarik dipandang koq. Hehehe... Dari percakapan awal sudah langsung cair karena saya iseng menggoda Mbak CSO itu. Waktu dia tanya "enaknya dipanggil Pak atau Mas nih?", saya menjawab asal "panggil Om saja". Selanjutnya langsung deh mengurusi kartu ATM saya sambil ngobrol ke sana-sini. Entah kenapa koq kemudian Mbak CSO itu bertanya saya kerja di mana. Tidak mau repot saya jawab saja kalau saya masih kuliah. Eh, koq Mbak CSO-nya ngotot "tapi sudah nyambi kerja kan?" Dengan terpaksa sayapun menjawab "iya".

Seperti dugaan saya, kerepotan sekaligus kebingungan terjadi waktu dia bertanya saya kerja di mana. Pas saya jawab "tidak di mana-mana" Mbak CSO-nya bingung. Mungkin karena penasaran diapun memperbaiki pertanyaannya, jadi "kantornya di mana?". Saya ya jawab "tidak punya kantor". Selanjutnya semakin bingunglah saya harus bagaimana caranya menjelaskan pada si Mbak CSO apa kerjaan saya. Untungnya waktu saya bilang kalau saya cari duit di internet si Mbak CSO langsung manggut-manggut dan paham. Katanya sih sudah beberapa kali melayani pencairan cek dari orang-orang yang mengaku cari duit di internet. Entah iseng atau memang penasaran, si Mbak CSO tanya penghasilan. Nah, lho! Saya jawab dengan diplomatis, "Lumayanlah Mbak daripada nganggur". :))

Kebingungan kedua terjadi waktu saya berniat membuka BNI Tapenas, yakni tabungan khusus untuk biaya pendidikan. Produknya mirip asuransi pendidikan di mana kita mesti rajin dan rutin menyetor antara Rp 100 ribu sampai Rp 5 juta per bulan dalam jangka waktu tertentu. Minimal 2 tahun, dan paling lama 18 tahun. Kita boleh-boleh saja menarik dana sebelum rentang waktu tersebut, namun akan ada sejumlah biaya. Tabungan seperti ini memang sedang saya cari untuk persiapan biaya pendidikan anak-anak nanti. Meskipun anaknya belum ada tapi tidak ada salahnya kan mempersiapkan biaya pendidikannya lebih dulu?

Nah, waktu mengisi formulir pembukaan rekening BNI Tapenas ini saya kebingungan di kolom "Pekerjaan". Mau saya isi "Blogger" takut tidak diakui bank, mau diisi "Wiraswasta" koq kesannya sok sekali, mau diisi "Internet marketer" juga tidak pede. Waktu saya tanya pada si Mbak CSO, dianya juga ikut bingung. Ya sudah, dengan sedikit menahan geli saya tulis saja deskripsi pekerjaan saya sebagai "Jasa periklanan internet". Hahahaha....

Maaf, cuma sekedar intermezzo.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

59 komentar:

  1. kalau saya dulu terletelan kartu atm nya dan lapor ke bni pusat suruh blokir susahnya minta ampun soalnya saya ga tahu tanggal lahir kakak saya. ua udah saya biarin gitu aja, tapi alhamdulilah uangnya ga hilang, sekarang mau buat sendiri aja *nyambung ga ya*

    BalasHapus
  2. hehehehe..walaupun cemas ATN tertelan, masih bisa terhibur dgn Mbak CSOnya

    BalasHapus
  3. hehe kisah yang menarik, paling seneng kalo baca2 cerita orang. apalgi yang jujur dan mirip2 ma cerita sendiri hehe..
    ayo dilanjut ceritanya mas eko :-)

    BalasHapus
  4. Ha..h..a menarik sekali mas eko ceritanya, emangnya udah siap dipanggil om? Umur brp sih mas eko skrg?

    Om eko, masalah formalitas selalu ada didunia ini,,,abis kuliah, kerja dimana, trus usaha apa? Bilang aja yang mantap mas eko,,,blogger gitu,,,kan skrg lumayan blogger-blogger udah diakui keberadaannya sbg pekerjaan yang bisa menghasilkan uang.

    Kalau saja pemerintah kita memasukkan blogger sbg suatu bidang pekerjaan, urusann formalitas kayak gitu kayaknya menjadi menyenangkan utk orang spt kita2 ya om eko, tapi kapan?

    BalasHapus
  5. :))Hahahahahahaha... JAsa pengiklan internet... Sllu gak mw mmbka diri atw jjur :P cntik yah CSO-nya om? Eh, kang? =)) Om Eko.., Yuuhuuuu.... ;)) Hahahahahaha.. Om tar tnggu invitation dari sya yah, mhon cek email dlam wktu 24 jam ini :)

    BalasHapus
  6. Wahhh mas eko ini enggak pernah kehabisan ide brilian untuk postingan yah
    salut mas

    BalasHapus
  7. untung saldo nya ga ketelen juga yah mas xixixi.. :P

    BalasHapus
  8. wahh ketelen ? untung gak tersedak yahhh om ?

    BalasHapus
  9. mesti isi tabungannya banyak, buktinya si mbak CSO nanya2 kerja dimana segala.. :D

    BalasHapus
  10. iya nih. kayaknya tabungannya banyak nih. Asyik juga ya gaya cerita kamu. Eh, ngomong2 o-om marah tuh, karena namanya kamu pinjem. hehehe...

    BalasHapus
  11. iya mas aku juga kadang bingung, jadi kadang pake wiraswasta aja :D

    BalasHapus
  12. wah kok nulis jobnya internet marketer ga pede sih mas, kan emang udah jago nih IM nya,heheheh.

    BalasHapus
  13. Satu hal yang kurang lengkap dari postingan di atas. Saya ga menemukan no hape costumer servicenya.. :D

    BalasHapus
  14. BNI-nya ngiri dengan pekerjaan sampaian yang serabutan; serabut kelapa....:) serabut dollar!!!.
    Mana ada seeeh.. kolom Pekerjaan KTP diisi: Serabutan.

    BalasHapus
  15. mantaps, mas Ecko memang futuristic man (hehehehe).
    Buktinya, sudah mikirin biaya pendidikan anak-anaknya mas Ecko dari sekarang. Salut!

    BalasHapus
  16. Xixixixi, ternyata saya senasib sama mas ecko, napa ga "pengusaha jasa" aja mas, atau penayang iklan, kalau pekerjaan ditulis mahasiswa mah, udah ndak diakui :D

    BalasHapus
  17. heheh pengalaman yg lucu juga yah?
    untung gak digigit tuh kartu atmnya?

    BalasHapus
  18. Jasa pelayanan internet ya mas??

    Wa semoga tambah sukses dan benar-benar jadi kenyataan..

    Tapi inget rejekinya..

    hehe...

    BalasHapus
  19. tulis penulis lepas kendali aja mas :D

    BalasHapus
  20. jasa periklanan internet ya?? he..he..lucu juga. btw asli jogja to mas?

    BalasHapus
  21. wah dari sekarang sudah nabung buat anak walaupun anaknya belum ada.. bagus tuh mas eko! :D oh ya emang pekerjaan nya gak boleh diisi "mahasiswa" aja ya?

    BalasHapus
  22. pastinya isi tabungannya banyak nich,, CSOnya aja ampe nanya2 kerja di mana..

    semoga tambah sukses ya mas..

    BalasHapus
  23. hehehe..jasa periklanan internet, bagus juga..

    BalasHapus
  24. Masih beruntung mas yang tertelan kartu, gimana kalau tangan sampean yang masuk ga bisa keluar, hehehe,

    Kadang suka begitu saya dulu pernah tertelan dan lama prosesnya.

    sumintar.com

    BalasHapus
  25. 1. Harusnya kolom kerjaannya diisi juragan online
    2. Klo nabung atau segala macem ke bni Syariah aja, fasilitasnya sama aja kok tapi gak perlu ngantri
    3. CSO-nya keliatannya naksir mas ecko deh :P
    4. Ngga usah malu mas klo emang udah punya anak. btw istrinya ah berapa ....huahahaha....=))

    BalasHapus
  26. Jasa periklanan internet' hihi....
    pasti nulisnya sambil geli sendiri....
    hehe.....
    untung masih selamet ATM nya mas :)

    BalasHapus
  27. Itulah susahnya pebisnis internet ketika mengisi form pekerjaan. Kalo saya selalu mengisi kolom pekerjaan dengan "Peternak Ayam" :)karena itulh pekerjaan saya.
    Entah mengapa, bisnis internet belum begitu diakui secara luas oleh perbankan.

    BalasHapus
  28. @ Pencuri Kode: Hehehe, nasib kita serupa tapi tak sama, Kang Noval. Saya dulu bukanya pake identitas sendiri sih, jadi ya gak ada masalah deh, Cuma bingungnya saya gak punya KTP. Tapi untung bisa beres koq. :))
    @ Hawee: Iya, cuma lupa tanya siapa namanya. :(
    @ Yudi: Hehehe, cukup segitu dulu ceritanya. Tar kalo ada pengalaman menarik lain lagi baru deh saya ceritain di sini. :D
    @ Giredo: Itu dia masalahnya: formalitas. Repotnya di Indonesia ini kertas lebih dihargai. Yah, sudah aturannya begitu mau gimana lagi? :p
    @ Ardy: Hehehe, itulah saya. :D
    @ Gelandangan: Walah, jadi malu nih disebut ide brilian. Padahal cuma pengalaman katrok gitu. :D Thanks a lot, mas Agung.
    @ Harianku: Saldonya sudah bolak-balik saya telen koq. Hehehe...
    @ Bocah Iseng: :))
    @ Syamsu: Hehehe, salah besar! Kalo yg ketelen ini malah yang saldonya selalu di bawah Rp 50 ribu tiap akhir bulan. Makanya CSO-nya tanya, karena dia penasaran apa sih kerjaan saya koq kekurangan duit terus? :))
    @ Firanza: :))
    @ Tony: Kalo yg saya tulis di Wikimu sih PNS alias kependekan dari Pencari Nafkah Serabutan. :))
    @ Soerdjak: Salah besar! saya belum pantes disebut IM karena emang gak jualan apa-apa di internet. Jualannya cuma tulisan di blog ini. :D
    @ Info Oke: Itu dia, saya juga nyesel banget tuh. :(
    @ Muanawar AM: Hehehe, Pak Munawar bisa aja sih?
    @ Adeska: hehehe, itu tandanya hidup saya masih pas-pasan karena masih mikiran masa depan yang belum jelas. :))
    @ Badoer: Heheh, saya pake istilah sendiri dong, yakni "Jasa Periklanan Internet". :D
    @ Sandy: Ssst, kemain Mbak CSO-nya malah kepengen gigit saya lho. :))
    @ thefachia: Amin, amin...
    @ Sang Kyai: Hehehe.... Itu sampeyan. :))
    @ Blogger Jogja: Bukan, saya dari Jambi. Cuma numpang hidup dans ekolah di Jogja. :D
    @ Jimmy: Duh, jadi malu nih, Koh. :)
    @ emfajar: Gak banyak koq. Yg itu malah selalu minus karena saya kuras habis terus. :D
    @ Namada: Hehehe, tiu karena bingung tuh.
    @ Sumintar: Idih, Pakdhe koq bisa bilang seperti itu. :))
    @ Ismail: Koq masih jadi broken link juga tho??? penjelasan saya di atas kolom komentar gak dibaca ya? Hmmm....
    @ BLogicThink: Itulah untungnya. Sayang gak sempat kenalan sama si Mbak CSO. :(
    @ Adellia: Peternak ayam? serius nih? Wah, tiap lebaran panen dong berarti? :))

    BalasHapus
  29. wah btw CSnya cantik ga bang, kalo cantik eka betah tuh komplain lama2 :)

    BalasHapus
  30. sy jg punya pengalaman atm tertinggal krn buru2, waktu itu di atm bank mandiri. abis ambil duit langsung ngacir, pdhl atm masih didalam. besoknya waktu ke atm lagi ternyata baru sadar kl ilang. cek di internet banking saldo berkurang 1 jt. langsung telpun CS minta diblokir. tapi udah terlanjur ilang tuh 1jeti. coba malingnya nyantai, cek saldo dulu trus ambil pelan2, abis deh :D

    BalasHapus
  31. huehue........
    penuh dengan kebingungan ya???

    BalasHapus
  32. seharusnya ngisi dikolom pekerjaannya " Master Of Blog"

    kan itu yang cocok buat om nurhuda

    :))

    BalasHapus
  33. wah bener juga tuh mas..setuju dengan istilah jasa periklanan internet.. ya memang kadang BNI suka banyk bgt sih customernya , ngantrinya bs berjam-jam..

    ya kayanya hrs berhati2 dgn atm kt jgn smp ketinggalan mas..

    BalasHapus
  34. Wah-wah-wah.... benar-benar membingungkan yah mas..... huehuehue....... Ga minta nomer hape mbak nya mas? Hm?

    BalasHapus
  35. Saya juga pernah mengalami kartu ATM Mandiri ditelan mesin ga' balik lagi.
    Yang saya lakukan langsung lapor pada customer service dan hanya dalam hitungan menit langsung di blokir.
    Ehh...besoknya dah dapat ganti baru...selamat deh..

    BalasHapus
  36. jasa periklanan internet juga wiraswasta mas ... atau ditulis aja usaha ketimbang nganggur ehhehehe...

    BalasHapus
  37. Sempat tanya nama sama Mbak2 yang kerja di customer servicenya ga Bro...:D

    BalasHapus
  38. hhe jasa periklanan internet.. patut di coba buat diriku besok neh

    BalasHapus
  39. Kalo Saya pernah kejadian pas ngambil di ATM, pas saat transaksi duit mau keluar eh tiba2 Mesin ATM rusak.. Trus saya cek di mesin lain sudah berkurang.. Dan ururs punya urus ga bisa.. :(

    BalasHapus
  40. Sudah jarang sekali om lewat jl kesumanegara ko, padahal dulu pernah tinggal di glagah sari 4 tahun lho hehehe

    BalasHapus
  41. wakakakak, status emang perlu mas. apalagi buat nagambil kredit rumah. jadi blogger emang nasib :D

    BalasHapus
  42. Untung saja ga berkurang saldonya yg kata mas eko dah tinggal sedikit itu :D.
    Kalau emang bener saldo tabungannya sedikit nyesel deh tuh si 'malingnya' :D

    BalasHapus
  43. @ Putra Eka: Cantik gak cantik itu relatif sih, tapi kalo yg kemarin lumayan menarik dipandang koq. :p
    @ Indra Meissa: Salam kenal juga.
    @ Tipis: Walah, untung saya gak kurang duitnya, Mas. Kalo sempat dikuras juga satu jeti seperti Mas Sandi bisa-bisa bongkar tabungan yang satunya lagi deh saya. :D
    @ Emi: Mbak Emi juga bingung kan mo komen apa? :))
    @ Budi Tarihoran: Master of Blog? Kalo Master Goblok sih mau saya ngaku. :))
    @ Yusa Indera: Yah, untungnya lancar, kang. :D
    @ Syamsul Alam: Maunya sih gitu. :D
    @ Yopan Prihandi: Wah, itu koq cepet banget?
    @ Mascayo: hehehe, itu juga boleh tuh. :D
    @ Indo: Sebenarnya saya ngintip2 cocard-nya, tapi koq gak keliatan. :D
    @ Malapu: He, gak boleh nyontek lho. :D
    @ Bambang Oke: Yah, itu malah lebih sial lagi, Mas. :(
    @ Oom: Skrg saya yg sering lewat Seturan, Om. Tapi koq tetep gak bisa ketemu ya? :D
    @ panda: jadi inget jaman dulu ya? Kalo gak punya gelar bangsawan kurang dipandang, kalo gak punya kerjaan di tempat yg jelas juga gak dipandang. Yah, nasib... :(
    @ Depoku: Hehehe, dia tahu kalo saya kere, jadi ya sengaja gak dia ambil. :p

    BalasHapus
  44. hehehehe jasa periklanan internet...
    bagus jg idenya. dgn bahasa yg diperhalus dan terdengar sgt profesional

    BalasHapus
  45. Teknologi ATM sekarang sudah sangat canggih. Tidak mudah untuk membobol ATM melalui kartu kalau tidak mengetahui sandinya. Karena setiap menginginkan informasi apaun di ATM selalu diminta memasukkan kode sandi.

    BalasHapus
  46. mas eko...kenalin saya ama mbak CSO nya duonkkkkzzzzzz:D

    BalasHapus
  47. he..he... CSO nya mo minta diajarin nyari duit dari blog tuh mas... he..he.. apa naksir ama mas jangan2... he..he... napa gak nyebut..but..but... ADVERTISER... kan diakui tuh klo blogger juga advertiser.. he..he..

    BalasHapus
  48. wehehehe... untung masih inget yah...

    BalasHapus
  49. @ Ichaawe: Hehehe, namanya juga usaha.
    @ Edi Psw: Meski begitu saya tetep kuatir banget Pak kalo sampe hilang lagi. :)
    @ Kang Zainal: Lah, saya juga gak tahu namanya koq. :D
    @ Masenchipz: Yang ada sayanya yg lirik2 dia terus. :))
    @ Reza Fauzi: Inget apa ya? :D

    BalasHapus
  50. hehehe... mbaknya ngotot amat mas.. mungkin lagi cari calon suami tuh mbaknya wkwkwkw :)

    BalasHapus
  51. Kupikir tadinya isi postingan tentang dipersulit ngurus kartu atm :D ternyata cuma ngobrol2 ama mbak yang di BNI toh :D

    BalasHapus
  52. ;) untung CSO nya manggut-manggut ya.. berarti ngerti atau gak mau pusing ? he he he... daripada CSO bank mandiri... malah bentak2.. dah salah bentak2 lagi... hihihihihi

    BalasHapus
  53. hampir sama dengan saya, beda kasus saja

    BalasHapus
  54. @ Ipung: :)) Bisa jadi tuh, Mas. Koq tahu sih? :D
    @ Lala: Jangan berharap terlalu banyak...
    @ Dendy: ????
    @ Nitta: Hehe, kayanya sih emang bener2 tahu dia.
    @ Dikma: Oya?

    BalasHapus
  55. wah usul nih jangan ditulis " jasa periklanan internet " mas tulis aja tukang jagal internet, atau kalo enggak maling di internet biar mbaknya terkesan ( terkesan takut )

    BalasHapus
  56. wah pekerjaan yang mengesankan hhehehehehehe siapa tahu akan jadi hal yang lebih besar ya ndak mas

    BalasHapus
  57. nah kalo seumpamanya sdh FullTime di IM untuk setiap pengisian Form spt itu susah juga ya harus diisi apa. Tapi bagus juga Idenya mas ...."Jasa periklanan internet". Kapan ya sekiranya pekerjaan para IM di akui??

    BalasHapus