Selamat datang di ...

07 November 2008

Barack Obama akhirnya terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat periode 2008-2012. Meski sudah diprediksi banyak pengamat sebelumnya, kemenangan Obama tetap saja mengagetkan. Tidak tanggung-tanggung, Obama menang telak dengan perolehan 349 electoral vote (EV). John McCain yang jadi pesaing Obama hanya mampu mengumpulkan sebanyak 159 EV. Kemenangan ini menjadikan Barack Obama sebagai presiden kulit hitam pertama AS.

Apa kunci kemenangan Barack Obama? Anda yang mengaku blogger patut berbangga hati, karena ternyata internet berperan besar bagi kemenangan Obama. Ya, ampuhnya kekuatan internet mampu dimaksimalkan dengan baik oleh tim sukses Obama. Selain untuk mendekatkan capresnya pada calon pemilih, tim sukses Obama juga meraup banyak sekali dana kampanye lewat internet.


Memaksimalkan internet merupakan strategi cerdas yang dilakukan tim sukses Obama. Pasalnya, menurut data InternetWorldStats.com 218,3 juta penduduk AS adalah pengguna internet. Angka ini sama dengan 71,9% dari total populasi AS yang sebanyak 303,8 juta jiwa. Jangan lupa, internet adalah bagian penting bagi masyarakat AS. Dan menguasai internet memang terbukti menguntungkan Obama dan sangat mempengaruhi kemenangannya pada 4 November kemarin.

Banyak situs dibangun oleh tim sukses Obama, antara lain blog pribadi Obama yang beralamat di BarackObama.com. Khusus untuk penggalangan dana, dibuatlah ObamaDonations.com. Dari situs donasi tersebut Obama memang hanya memperoleh sumbangan sebesar $5/orang, tapi jumlah penyumbangnya jutaan. Jadi jangan heran kalau capres keturunan Kenya ini mampu mengungguli perolehan dana Hillary Clinton yang jauh lebih populer. Jangan heran pula kalau ia juga unggul atas John McCain yang jauh lebih senior dan berpengalaman.

Selain membuat situs sendiri, tim sukses Obama juga memanfaatkan situs jejaring sosial dengan membuat account di Facebook, MySpace, LinkedIn, Friendster, YouTube, dan Twitter. Kemunculan Obama di jejaring sosial boleh dibilang untuk merebut simpati kaum muda AS mengingat sebagian besar pengguna situs jejaring sosial adalah kaum muda. Kebetulan pula Obama masih tergolong muda, baru 47 tahun. Berbeda dengan McCain yang sudah uzur, 72 tahun, sehingga kurang diminati.

Obama memiliki lebih dari 1,7 juta teman di Facebook sampai akhir Oktober lalu, beberapa di antaranya orang Indonesia. Di MySpace Obama punya 510 ribu teman, dan di Twitter ia berhasil mengumpulkan 45 ribu pengikut. Melalui situs-situs jejaring sosial inilah tim sukses Obama menginformasikan segala kegiatan Obama selama masa kampanye. Terjalinlah komunikasi tanpa batas antara Obama dan pendukungnya. Hal ini menciptakan ikatan emosi yang lebih dalam lagi dan tentunya membuat pemilih semakin mantap memilih Barack Obama.

Kalau politisi Indonesia harus banyak belajar dari sikap gentle John McCain yang mengakui kekalahannya dan menyatakan siap membantu Obama dalam menjalankan roda pemerintahan, maka kita blogger Indonesia mesti belajar banyak tentang kekuatan internet. Di era digital ini internet memegang peranan vital. Menguasai internet sama dengan menguasai dunia. So, ayo kita terus belajar dan memperdalam pengetahuan seputar internet!

Semoga bermanfaat!


« Selanjutnya
Sebelumnya »

61 komentar:

  1. Ayo... belajar kelompok yo..... Minimal kelompok blogger indonesia bisa (maaf) menguasai kurang tepat, tetapi memanfaatkan internet indonesia lah. Tapi ya itu, musti fair. gitu kan boz?

    BalasHapus
  2. dunia internet memang sebuah kekuatan raksasa yang bisa kita manfaatkan demi kemajuan kita dan bangsa tentunya.semoga para petinggi diatas sana mau mendengarkan keluhan para blogger.

    BalasHapus
  3. ayo, bagi caleg-caleg, sebelum ikutan pemilu, buat blog dan account di situs jejaring sosial yang banyak. Biar peluang menangnya semakin besar.. :D

    BalasHapus
  4. cagub jatim kemarin jg ga kalh lho mas, mereka juga buat akun di FS. situs mereka jg khusus buat kampanye

    kira2 pemilu 2009 ntar siapa caleg yg bakal start duluan yah ?

    BalasHapus
  5. bisa dicontoh untuk pilpres 2009.. mas Eko siap2 terpilih jadi admin web nya calon dari Jogja :D

    BalasHapus
  6. kalo politisi indonesia sih jangankan punya account di fs, my space, face book, dll. internet aja kayanya masih buta tuh, ngikutin kata pakar telematika aja palingan, hehehe. kalo ada capres yg ikutan twitter dan situs jaringan social lainnya, pasti kita2 pada simpati deh..hehehe

    BalasHapus
  7. ya udah....mulai sekarang pilih capres yang suka ngeblog dan ga katrok ama yang namanya situs jejaring sosial. klo aku sih nyalonin juragan eko...:P (Presiden Blogger lho)

    BalasHapus
  8. mendapatkan dana kampanye lewat internet itu sangat kreatif, berarti kita2 di sini juga bisa mendukung beliau pakai kartu kredit kita ya?

    BalasHapus
  9. Untuk obama ndak heran klo menang, lah games terbitan EA sport kyak Need For Speed aja majang reklame obama di game yg mreka bkin..

    BalasHapus
  10. lowongan kerja baru Mas Eko.....di Kaltim..pemenang gubenur juga memanfaatkan internet.....jadi semua orang skarang belajar internet

    BalasHapus
  11. @ Tukang Sapu Radio: Awalnya memang hanya memanfaatkan, namun ke depan juga mesti bisa menguasai internet lho...
    @ Ipanks: Yups, dan tuntutannya adalah: gratiskan internet! :D
    @ Mymoen: Tapi tar kayanya yg ngurus bukan mereka deh.
    @ Panda: Oya?? Wah, ternyata ada juga politisi yg mulai melirik potensi komunitas internet.
    @ Hawee: Walah, saya masih belum pantes jadi admin koq. :D
    @ Reza: :D
    @ Septian: Pakar telematika? Emang ada di Indonesia? :))
    @ ismail: Walah, kalo saya presidennya, tar malah pada bubar bloggernya. :D
    @ Jimmy: Yang jelas semakin memperluas jangakauan, Koh. Tidak terbatas pada tempat-tempat yg hanya bisa kita datangi saja, sepanjang ada jaringan internet di sanalah peluang mendapatkan dana ada.
    @ Oya? Walah, ternyata tim suksesnya bener2 merasuki segala lini teknologi yah? Salut!

    BalasHapus
  12. @ Konsultasi Kesehatan: Walah, Pak Dokter ketinggalan...! Maaf, gak sengaja! Wah, ternyata sudah banyak juga yg memanfaatkan internet sebagai sarana kampanye ya? Thanks infonya, Dok.

    BalasHapus
  13. Abis jd presiden, kira2 obama masih mainan twitter ndak yah? :))

    BalasHapus
  14. hehehe.....salut...emank visi misi orang2 muda begitu kuat. presiden Sukarno aja bilang, berikan kepadaku 10 pemuda maka aku akan merubah dunia. ayo pemuda2 indonesia, kita majukan bangsa ini :)

    BalasHapus
  15. wah bagus nih, menang di politik aja pake internet. apalagi bisnis, ayo blogger Indonesia semangat

    BalasHapus
  16. hoho

    bangga juga nich kalo gini. Apalagi beliau pernah tinggal Indonesia..
    ;))

    moga aja membawa perubahan buat Indonesia (amin)

    :D

    BalasHapus
  17. ohlala keren abis! menarik simpati lewat inet... menurut saya obama bukan hanya berhasil jadi pres usa tapi juga pres dunia...

    BalasHapus
  18. Kalo gitu istilahnya apa ya mas
    Interpol (internet politic)
    Polinter (poilitic internet)
    atau apa yach

    KAn di Indonesia yang rame money politic

    BalasHapus
  19. Wew.. kalo lihat koleksi teman jejaring sosialnya segitu banyak, ga heran dia bisa menang. Istilahnya Obama membuat pemilihnya ga "beli kucing dalam karung" :)

    Lha kalo kita mau menguasai internet, menurut mas Ecko yang harus dikuasai apa dong mas?

    BalasHapus
  20. Betul sekali Mas, saya sepakat dengan pendapas Mas Eko...
    semakin luas jangkauan semakin mantabz...
    bisa jadi alat untuk meningkatkan loyalitas juga bagi para pendukung Obama...
    masih nunggu nih para politisi kita :)
    mudah2an ada yang bikin terobosan ;)

    BalasHapus
  21. @ Fanari: Nah, itu dia pertanyaan pentingnya. :D
    @ Agung: Kalo saya akan bilang, "beri saya 10 pemudi, maka..." :))
    @ hanafi: Ayo...
    @ Maulana: Kalau saya malah berpikiran Obama tidak akan berpengaruh banyak pada kemajuan Indonesia. Ingat, dia itu pastinya akan menjalankan kebijakan partainya juga, dan tidak akan bisa lepas dari pengaruh partainya. So, jangan terlalu berharap banyak deh. :D
    @ Ika: Yups, mudah-mudahan juga tidak sperti Bush ya?
    @ Ariwolu: Walah, istilahnya apa ya? :D
    @ Ipung: Kalau menurut saya sih infrastruktur nomer satu, Mas. Terus tarifnya murah dengan speed dan koneksi mantap, baru deh kita bisa berbicara banyak di dunia maya. :D
    @ Product Review: Capres tahun depan siapa ya yang akan memanfaatkan internet sebagai ajang kampanye??? Penasaran juga nih saya. :D

    BalasHapus
  22. ikut nimbrung. wah memang benar kang, saat ini kekuatan internet, dunia maya sangat hebat. untuk indonesia aja ruar biasa perkembangannya. apalagi untuk USA, pasli lebih canggih. seharusnya kaum politik kita saat ini bergerak, atau kampanye lewat internet. kan bisa sekalian untuk media pembelajaran yang baik dalam segi politik untuk masyarakat umum. oke thanks

    BalasHapus
  23. Hooh bang Obama, mempunyai tim sukses yang manteb :) Pengen juga lihat pemiihan presiden di Indonesia kampanyenya lewat internet. Dan blog saya disewa bannernya oleh salah satu capres... Kan manteb tuh wwkwkwkwk

    BalasHapus
  24. mudah2-an terpilihnya obama bisa membuat perubahan global trus caleg2 sama capres kita bisa meniru sikap2 positif mereka.. jadi ga ada lagi kasus ijasahnya caleg yang palsu, demo gara2 jago mereka kalah saat pilkada..ga ada yang jadi dalang kerusuhan lagi...amin..

    BalasHapus
  25. duh jadi takutnih komentar ..

    BalasHapus
  26. mang strateginya bang obama tuh kg kalah ama bang roma ..loh.. he2

    BalasHapus
  27. tunggu aja 2009. Obamanisasi internet indonesia =))

    BalasHapus
  28. Bisa diterapkan ga ya cara seperti itu untuk pemilihan presiden nanti di Indonesia...??

    BalasHapus
  29. waks itu blognya kalo buat paid review laku keras ya $1000 per review =))

    hebat buat pak obama, memanfaatkan kekuatan internet untuk kampanye

    BalasHapus
  30. wah ... hebat ternyata yah internet :)

    jadi lebih semangat ngeblog ... tapi apa ngeblog saja bisa dapat untung ... qqq

    BalasHapus
  31. menurutku internet memang membantu kemenangan obama, tapi bukan berarti mccain gak melakukan hal yg sama. mccain juga punya akun facebook, myspace (keren lagi), punya website termasuk utk donasi. tapi apapun yg dilakukan mccain orang udah keburu skeptis dg partai republik akibat kegagalan pemerintahan george bush. jadi meski mccain jungkir balik memanfaatkan teknologi internet gak banyak membantu krn pada dasarnya orang sudah muak dg republikan dan ingin sebuah perubahan, wajah fresh, muda, dan semangat baru yg mereka dapat dr obama :D

    BalasHapus
  32. bentar lagi ditiru ama politisi indonesia

    *emank tukang tiru nih

    BalasHapus
  33. wagh kalo Indonesia pengguna internet berapa persen ya dari total jumlah penduduk? :D

    BalasHapus
  34. Hidup Obama!!! akhirnya jagoanku menang juga :D..bener-bener terharu pas anak-anak SD menteng ikut bersorak begitu tau kakak kelasnya menang pemilu AS :)...Obama memang lebih tahu persis dahsyatnya 'kekuatan' internet untuk kampanya dibanding McCain.Sekarang yang jadi pertanyaan,apa para pejabat dinegara kita juga udah pada melek internet?Ada ngga pejabat negara kita yang 'akrab' en sering 'ngulik' yang namanya Myspace,Fs,blog,dan yang lainnya seperti yang disebutin Om diatas? :D

    BalasHapus
  35. saya bersyukur obama menang...
    semoga dunia menjadi lebih baik

    BalasHapus
  36. wew..... mantaps juga yak ....
    benar2 dikagumi oleh seluruh dunia :)
    memang sekrang orang yang menguasai internet, maka dia bisa menguasai dunia.. krn internet merupakan media yang tanpa batas

    BalasHapus
  37. hmmm.... menunggu blogger menang pemilu dan duduk di senayan :D

    BalasHapus
  38. Kayaknya di Indonesia belum ada yang niru padahal potensinya cukup besar..tapi apa mungkin ya, Internet aja banyak yang belum tahu, lha wong mikir internet (indomie telur dan kornet) masih mikir

    BalasHapus
  39. Salam kenal... halooo ni pendatang baru coba deh kunjungi blog saya, dencahyo

    BalasHapus
  40. menguasai intrnet : mnguasai dunia... saya stuju skali ;)

    Gerakkan blogger hrus dkmandangkan ke msyrkat, jngn hnya kita2 aja yg mnkmati. Ya gak bang eko? Aplgi para pemuda/i...

    Strtegi Obama kliatannya jga mulai dtrpkan bbrapa capres nih, kmpanye lwat intrnet...

    BalasHapus
  41. intricate lace our brotherhood

    BalasHapus
  42. @ Adi: Thanks atas komennya, Anda benar sekali. :D
    @ Paman Gober: Walah, kalo gitu sih saya juga mau oy! :))
    @ WIBI: Yang paling saya harapkan adalah para politisi Indonesia mau meniru sikap gentle McCain yg dengan rendah hati menerima kekahalannya. Bukannya malah protes tanpa ujung.
    @ Dikma: Koq takut?
    @ Aha: Lho, koq malah disamain sama Bang Rhoma sih?
    @ Syamsu: Asal positif saya rasa it's ok.
    @ Indo: Kenapa tidak?
    @ Izandi: Eh, bener juga ya?
    @ Keris: Bisa koq. Paling nggak, beruntung dapet banyak kawan.
    @ Nita: Yups, McCain dan Obama memang sebenarnya sama-sama memanfaatkan internet, namun tim sukses Obama mengolahnya dengan cara yg jauh lebih cantik. Lihat saja situsnya.
    @ emfajar: Kan emamng bakatnya niru2?
    @ Persikers: Ambil contoh PKS, Bro. Itu partai hanya menang di kota2 saja, sedangkan di pelosok kurang berhasil meraih suara. Toh, mereka bisa meraup kursi yg cukup lumayan di legislatif. Saya rasa hal yg sama bisa terjadi dengan kampanye internet.
    @ Irfan: Iya...
    @ Spydeeyk: ???
    @ nenadMohamed: Lho, SBY kan punya situs/blog? Coba aja liat di PresidenSBY.info. Tapi gak tahu deh siapa yg ngisiin posting2 barunya. Kayanya gak mungkin deh kalo SBY sendiri. :D
    @ Kipas: Amin...
    @ Afwan: Yak, setuju sekali saya!
    @ Indr@: Maksud loo???
    @ Kyai Slamet: Kalo gitu doain Kang Kombor supaya menang, soalnya dia kan dicalonin sama Partai Gerindra-nya Prabowo.
    @ Kanoko: Indomie telur kayanya masih bisa deh, kalo tambah kornet baru deh saya gak berani jamin. :))
    @ den cahyo: Lam kenal juga...
    @ Ardy Pratama: Kita tunggu saja geliatnya.
    @ rfidagung: ????

    BalasHapus
  43. Benar sekali Mas...
    kalo kata Seth Godin, itu karena orang tidak akan nelepon atau ngasih tau temennya kalo mereka liat McCain di TV atau di spanduk dll. Tapi dengan youtube, facebook, digg, twitter, dll segala macam jenis social media yang digunakan Obama para pendukung dapat hanya sekedar klik 'share', 'tell your friend' 'embed in your blog' dan itu semua bekerja dengan baik... Jangankan calon presiden, kalo ada sesama blogger yang mengkampanyekan sesuatu yang baik juga kita pasti dukung kan... apa lagi ini presiden.. Obama, kereeeen!!!

    BalasHapus
  44. anak menteng jadi presiden... keren ya om.. bikin bangga temen2 yang dulu bareng2 sekolah tuh... he..he...

    BalasHapus
  45. Wah bnenar-benar bisa dijadikan inspirasi. Ntar kalau aku mau kawin mau galang dana ah dari teman-teman bloger semua secara online hihihi

    BalasHapus
  46. iya media internet udah jadi fasilitas untuk menggalang segala hal ...

    BalasHapus
  47. berbicara masalah obama, saya juga sagat setuju kalo dia bisa menjadi calon pemimpin Amerika yang baik, message for obama: cepet di turunin dollar nya yah om obama :)

    BalasHapus
  48. hehehe....kereen, habis ini kali akan banyak politikus Indonesia jadi blogger..... ngikutin jejak Obama....cari pendukung....

    BalasHapus
  49. Absent aja untuk hari ini... please visit my web :)

    BalasHapus
  50. harusnya jadi pelajaran buat qta nih org indonesia, jgn cuman sms an doank lagi2 iklannya reg spasi ketik ...:D

    BalasHapus
  51. obama emang te o pe, apalagi didukung kekuatan internet yg memang luar biasa, kombinasi yg pas

    BalasHapus
  52. Kekuatan internet untuk ngajak golprut , huehehehhe

    BalasHapus
  53. BLogicThink: Fleksibilitas, itulah salah satu keunggulan internet. Dan ini yg dimanfaatkan oleh tim sukses Obama secara cerdas. Salut!
    @ Masenchipz: Kalo Mas Cip temen sekolahnya juga, bukan?
    @ Zalukhu: Wah, ide sangat bagus sekali itu, Bang! Saya tiru, ah! :))
    @ Choen: Termasuk juga menggalang dollar ya?
    @ harianku: Lho, bukannya kalo dollar tinggi kita diuntungkan?
    @ Toga: Luar biasa atau biasa di luar? :D
    @ Audy: Wah, kalo politikus jadi blogger dengan niat cari massa, kita harus waspada nih! :D
    @ Mig33: Sip, saya segera berkunjung, Teh.
    @ Keplenet: :)) Setuju banget!!!
    @ Arielz: Yups...
    @ bawor: Itu kerjaannya Kang Bawor kalee...! :))

    BalasHapus
  54. Dapet info seperti itu dari mana?
    wah keren bgt ya ternyata kekuatan internet begitu besar sehingga obama bisa menang

    BalasHapus
  55. Saya juga pasang tombol donation dari payval, alhamdulillah sudah 2 orang yang menyumbang.
    Kira2 siapa lagi ya yg mau?

    BalasHapus
  56. salam kenal dari newbie ini ... mohon bimbingannya ...

    BalasHapus