Selamat datang di ...

15 November 2008

Saya keliru ketika kemarin mengatakan “tidak mungkin balik lagi ke akun Personal”. Mas Jerry langsung mengkoreksi perkataan saya di kolom komentar. Dan ternyata kita bisa koq melakukan downgrade alias balik lagi ke jenis akun sebelumnya. Dalam kasus ini dari akun Premier atau Business ke Personal. Caranya? Gampang sekali. Cukup masuk ke halaman Help dan kontak customer service atau bagian support PayPal dan bilang kalau kita berniat downgrade.

Hanya saja, seperti saya bilang di posting sebelumnya, kalau Anda memang serius ingin mencari duit di internet rasanya tidak perlu melakukan downgrade. Kenapa? Menggunakan akun Premier PayPal boleh dibilang merupakan syarat untuk serius dalam make money blogging/online money making. Anda tanya kenapa lagi? Ada banyak alasan, dan yang jelas dengan menggunakan akun Personal akan membuat Anda menerima banyak pembatasan (limitation/limit). Contohnya?


Dengan akun Personal, Anda akan dibatasi untuk menerima pembayaran dari kartu kredit/debit, baik jumlah pembayarannya maupun jumlah total uang yang dibayarkan. Ini tentu akan sangat merepotkan jika Anda berniat menjual sesuatu baik di blog, situs ataupun melalui eBay. Jika akun Personal Anda menerima pembayaran dari kartu kredit/debit, maka PayPal memberikan beberapa opsi:

(1) Menerima pembayaran dan dikenai sejumlah fee. Besar fee dapat dilihat dengan mengklik link “Fee” di bagian footer setiap halaman PayPal.
(2) Menerima pembayaran tersebut sekaligus meng-upgrade akun menjadi Premier atau Business.
(3) Menolak Pembayaran tersebut.

Tidak itu saja. Anda juga akan dikenai batasan dalam menerima segala jenis pembayaran dari eBay atau tombol-tombol pembayaran PayPal seperti tombol “buy now”, PayPal shopping chart, maupun subscription payment. PayPal bahkan memberlakukan pembatasan transaksi dengan limit sebesar $500 untuk pemegang akun di Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya (Inggris, Wales, Skotlandia). Saya belum tahu apakah pembatasan ini juga berlaku untuk pemegang akun PayPal di luar ketiga kawasan tersebut. Kalau ada yang sudah tahu tolong bagi-bagi informasinya ya?

Satu hal penting yang harus dicatat adalah, Anda hanya dapat melakukan downgrade sekali saja selama menjadi member PayPal. Bila kemudian Anda meng- upgrade akun lagi setelah melakukan downgrade, maka akun Anda tidak dapat di-downgrade lagi. Bingung? Coba saya buat mudah.

Contohnya saya saja. Dulu saat pertama kali mendaftar saya memilih akun Personal. Namun karena iseng lantas saya upgrade menjadi Premier. Nah, misalnya saya melakukan downgrade dan balik lagi ke akun Personal, PayPal akan mengijinkannya. Namun ketika suatu saat saya berubah pikiran dan meng-upgrade akun saya menjadi Premier kembali, maka saya tidak akan bisa lagi melakukan downgrade (balik lagi menggunakan akun Personal) selamanya. Artinya, saya hanya bisa meng-upgrade ke akun Business atau tetap memakai akun Premier seterusnya.

Bagaimana? Anda yang pernah berniat men-downgrade akun Premier menjadi Personal seperti saya sepertinya harus pikir-pikir panjang lagi deh. Utamanya bila Anda ingin serius mencari duit di internet dengan berjualan produk.

Itu saja. Semoga bermanfaat!.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

31 komentar:

  1. Solusinya punya 2 account ya mas Ecko. Yang satunya buat terima receh tanpa dipotong. Satunya buat jualan yang ada potongannya, tapi lebih fleksibel pemakaiannya buat bisnis di internet :)

    BalasHapus
  2. Yang di di bilang om ipung boleh ya?

    BalasHapus
  3. Klo juragan eko sendiri berarti upgrade karena pengahsilannya udah bukan recehan lagi :D atau mungkin mo jualan produk ya? share dunk mo jualan produk apaan?

    @mas ipung: klo punya 2 account apa daftarnya juga harus pake 2 kartu kredit? maturnuwun infonya

    BalasHapus
  4. Hehehe, tepat sekali apa yang Ecko tulis diatas, saya menjelaskannya "kurang lengkap" - MAAF. Sampai sekarang saya menggunakan Business Account karena butuh PayPal button-nya itu tadi.

    BalasHapus
  5. jadi penonton aja ..paypal na gak ada isi

    BalasHapus
  6. wah saya punya 3 acount mas.. tapi yang ada isinya dan verify cuman 1.. xixixi.. habis penghasilanjuga masih receh

    BalasHapus
  7. Kebetulan saya baru buka account paypal..jadi masalah yang seperti ini belum banyak tahu.
    makasih banyak infonya ya'

    BalasHapus
  8. wah sayang kalau sudah diatas koq malah turun lagi! postingan yang bagus dan informatif.

    BalasHapus
  9. Mesti harus hati-hati untuk upgrade maupun downgrade ya, untuk yang sudah lancar dollarnya mestinya nggak perlu downgrade saat incomenya turun, bisa juga solusi bung ipung : 2 account buat nampung receh sama yang non receh

    BalasHapus
  10. dari pada pusing2 downgrade/upgrade, mending punya 3 account aja, personal, premiere, bussiness. tinggal dipakai deh sesuai kebutuhan. gampang kan :))

    BalasHapus
  11. punyaq apa yah??, he2.. lupa euy.. :D

    BalasHapus
  12. klo saya personal aja deh :)

    BalasHapus
  13. informasi yang oke nih mas. Tapi, paypalqu masih kosong :( Cara ngisinya, gmn ya ?? :D

    BalasHapus
  14. masih pake personal aja deh, blum punya web jualan sih..:(

    BalasHapus
  15. @ Ipung: Weleh, boleh juga tuh idenya, Mas? Tapi mesti beli VCC lagi ya buat verifikasi akun yg baru? Duit lagi dong? :))
    @ Tukang Sapu: :)) Cobain aja kalo gitu.
    @ Izandi: Saya sudah kadung Premier sih. :(
    @ Ismail: Orang saya dulu itu upgrade cuma karena penasaran pengen tahu bedanya apa dengan yg Personal koq. :D Pengen sih jualan, tapi jangan sampe jualan ebook-ebook membuai kaya yg ada sekarang. :))
    @ KlikCPA: Hmm, gimana kalau Mas Jerry bantru saya menjelaskan ttg akun Business? Kayanya temen2 butuh ulasan tentang itu. :D
    @ Theverno: Ayo diisi!
    @ Taktiku: Thanks...
    @ Badoer: Kalo saya akunnya satu, tapi alamatnya banyak banget. :D
    @ Yopan Prihadi: Sama-sama, Bro.
    @ Harun Azis: Thanks juga sudah berkunjung. :D
    @ Kanoko: bener juga tuh.
    @ Septian: :)) Ini lebih heboh lagi idenya! :D
    @ Spydeeyk: ????
    @ emfajar: Jenis akun gak penting, yg penting isinya. Iya kan, Mas?
    @ Mymoen: Cara ngisi PayPal yah? Hmmm, ini seharusnya yg lebih penting dibahas ya? :))

    BalasHapus
  16. klo gitu saya skrg plih upgrade!! =)) Oia mas, aQ kan trima dan tuh di pp... di ptong $1,30 :((

    BalasHapus
  17. wah aku ga berani utak atik paypalku mas , yang penting wd lancar :D

    BalasHapus
  18. kalo gitu saya gak jadi downgrade deh

    BalasHapus
  19. oh... jadi itu gunanya akun primer :D

    BalasHapus
  20. nah, tuh udah bisa dijadiin modal kawin kan bro..

    engga usah pusing lage dunks...

    BalasHapus
  21. masih setia sama Persoal nih mas, masih bloon soal cari duit :(

    BalasHapus
  22. kalo aku sukanya Premier League, hehe
    kemaren asal upgrade aja jadi premier, padahal ga gitu ngeh bedanya. Yg penting sih PP-nya bisa ke isi dan bisa di tarik isinya, :D

    BalasHapus
  23. menunggu melihat tombol "buy now" di "pasang iklan" blognya ekonurhuda ini. :)

    BalasHapus
  24. @ Ardy: Wah, kalo potongannya segitu berarti kirimannya lumayan tuh. :D
    @ Tony: Iseng2 aja Mas karena sepi job. :))
    @ Syamsu: Hehehe, terpengaruh dia. :D
    @ Reza Fauzi: Ya, "itu" gunanya...
    @ Zona Merah: Walah, calon pengantin baru nih! :D Saya belum bisa nyusul, Bro. Masih ada tanggungan kuliah sama Bapak-Ibu. :(
    @ Panda: Sama dong, saya juga masih oon bgt. :D
    @ Malapu: :D
    @ Herinxi: Bener tuh, yg penting wd lancar ya?
    @ Action: Gak ada rencana masang tombol Buy Now di sini, Bro. Tapi kalo tombol "Donate Now" mungkin bakal saya pasang suatu saat. Mau nyumbang kan? :D

    BalasHapus
  25. Akun saya malah belum diverifikasi

    BalasHapus
  26. :)) Gak gede2 banget kok mas ;)) Lmyan lah...

    BalasHapus
  27. Kalau saya malah pengen downgrade aja mas, soalnya masih belum banyak terima kiriman. Pertama kali daftar paypal langsung milih akun premier. Karena kesempatannya untuk cuman 2 kali melakukan perubahan status akun maka saya mau downgrade dulu, nanti kalau udah banyak bertaransaksi dgn paypal/CC baru deh saya upgrade lagi.

    BalasHapus