Oleh: Augusman Zalukhu*

Harus saya akui meski keakuratannya masih diragukan, namun ranking Alexa merupakan salah satu faktor penting yang dilihat oleh pihak advertiser yang ingin menggunakan blog kita sebagai sarana promosi mereka baik melalui direct ads, paid review hingga pemasangan text link ads. Karena itulah banyak para blogger yang berlomba-lomba ingin mendapatkan ranking Alexa yang bagus dengan cara mencari tahu bagaimana caranya meningkatkan ranking Alexa.

Di blog personalku, saya pernah mengangkat beberapa tips untuk meningkatkan ranking Alexa yang maksudnya memperkecil nilai angka pada ranking Alexa. Namun dalam artikel kali ini saya justru ingin memberikan sebuah rahasia kecil yakni rahasia untuk mendapatkan ranking Alexa yang bagus.

Sebelum lebih lanjut, saya ingin memberikan sebuah studi kasus agar bisa dipahami. Setidaknya melalui studi kasus ini kita bisa memahami sebenarnya bagaimana rahasia untuk mendapatkan ranking alexa yang bagus.

Saya tidak mengambil contoh blog milik orang lain, saya mengambil contoh studi kasusnya pada blog EkoNurhuda.com (EkoN) ini serta 2 buah blog pribadi saya yaitu Zalukhu.com (Zalcom) dan Blog.Zalukhu.biz (Blogzalbiz).

Saat ini ranking Alexa blog ini telah menunjukkan angka 90 ribuan sedangkan Zalcom menduduki angka 150 ribuan. Padahal jika dilihat dari jumlah pengunjung, boleh dikatakan tiap harinya jumlah pengunjung Zalcom sekitar 5x lipat pengunjung blog ini. Lalu mengapa ranking Alexa blog ini lebih bagus?

Ketika saya rajin menembak keyword di Zalcom ranking Alexa-nya semakin bagus. Namun ketika saya mulai mengurangi membuat artikel yang mendatangkan pengunjung dari search engine dan lebih mengkhususkan diri menyajikan artikel untuk pengunjung-pengunjung tetap, ternyata ranking Alexa-nya malah drop hingga 50 ribu poin hanya dalam waktu 1 bulan. Padahal dari catatan statistik, jumlah pengunjung Zalcom justru mengalami peningkatan.

Kasus kedua terjadi di blogzalbiz, blog yang saya gunakan untuk mendukung domain utamanya Zalukhu.biz. Blog tersebut baru memiliki 20 artikel yang semuanya saya tujukan untuk mendatangkan pengunjung dari search engine dengan cara menembak keyword. Alhasil, walaupun baru berumur 1 bulan 2 minggu namun blog itu sudah mendapatkan pengunjung rata-rata 200 sehari. Ranking Alexa blog itupun melesat kencang dan sudah menunjukkan angka 249 ribuan.

Beberapa peristiwa di atas membuat saya penasaran dan mempelajari beberapa blog dan situs yang memiliki ranking Alexa yang bagus yang akhirnya membawa saya dalam kesimpulan bahwa ranking Alexa tidak dirankingkan berdasarkan jumlah pengunjung blog atau situs melainkan jumlah variasi IP Unik para pengunjung. Semakin bervariasi IP pengunjung yang mengunjungi satu blog, maka ranking Alexa blog tersebut akan semakin membaik.

Jadi, dari semua tips-tips yang ada di internet tentang bagaimana meningkatkan ranking alexa (memperkecil nilai angkanya) saya melihat bahwa semua itu hanya langkah-langkah yang menjadi pendukung kunci utama rahasia perankingan Tante Alexa ini yaitu berdasarkan variasi IP unik pengunjung sebuah blog atau situs. Lalu bagaimana caranya mendapatkan pengunjung dengan variasi IP unik yang banyak ?????? Salah satu sumber IP Unik yang gratis adalah melalui search engine, jadi rajin-rajin deh menembak keyword. Hehehe.....

*Penulis adalah blogger pemilik http://www.zalukhu.net. Lebih dikenal sebagai Panda dari Nias di kalangan blogger. Ia beberapa kali membongkar tindakan tidak terpuji yang dilakukan oknum-oknum internet marketer.