Alhamdulillah, setelah menanti dengan penuh deg-degan akhirnya 'gajian' dari SponsoredReviews masuk juga ke rekening PayPal. Bukannya apa-apa, soalnya ini adalah hasil online earning terbanyak yang pernah saya dapatkan sampai saat ini: US$ 69.55. Bagi pemain online earning kelas kakap jumlah tersebut memang kecil, tapi bagi saya sangat besar. Apalagi waktu pencapaiannya juga lumayan cepat, hanya 2 minggu. Kalau mau diekstrak lagi sebenernya cuma 8-9 hari karena selama 2 minggu tersebut saya sempat lama ga dapet job nulis review. Akibatnya target saya tak tercapai deh. :(

Yuup, sejak mulai berniat serius di paid review, saya mencanangkan target paling tidak menghasilkan US$ 100/bulan. Tapi begitu paham celah-celah bermain di SponsoredReviews, saya berani menaikkan target tersebut menjadi US$ 100/periode alias per 2 minggu. Mmm, lumayan muluk sih, tapi nyatanya itu target yang realistis koq. Teman-teman di luar sana yang peringkat situsnya lebih tinggi malah bisa mencapai angka itu hanya dengan menulis 5-6 review saja. John Chow, seorang blogger kelas dunia, bahkan cukup menulis 1-2 review untuk memperoleh US$ 100. Luar biasa bukan? Jadi, target saya tersebut masih terbilang kecil. Tentu saja saya mempunyai impian untuk memperoleh yang jauh lebih besar lagi, tapi itu nanti. Itu target jangka panjang. Untuk sekarang, US$ 100/dua minggu dari SponsoredReviews rasanya sudah cukup.

Mari kita hitung-hitungan. US$ 100/periode alias 2 minggu berarti total US$ 200 sebulan. Dikalikan RP 9000 saja sudah senilai Rp 1,8 juta. Anda bilang kecil? Memang iya. Tapi lihat juga effort-nya yang tidak seberapa. Menulis 1 review tak habis waktu sejam, saya bahkan bisa menyelesaikan 2-3 review dalam waktu sejam. Untuk posting ke blog dan submit ke member area SponsoredReviews sebagai laporan paling lama habis waktu 30 menit. Artinya, Rp 1,8 juta dengan kerja selama 1-2 jam/hari adalah hasil yang patut dipertimbangkan. Kalau Anda mau tahu, seorang karyawan di Jogja ini paling banyak digaji 1 juta/bulan dengan waktu kerja selama 8 jam/hari. Gimana? Rasanya peluang yang ditawarkan SponsoredReviews ini terlalu sayang untuk Anda abaikan. Apalagi kalau Anda hobi ngeblog, hobi nulis dan paham bahasa Inggris. Apalagi kalau Anda (maaf) masih menganggur.

Well, ini bukan masalah materi atau kemewahan. Bagi Anda yang doyan ngenet, adalah sayang kalau Anda hanya menghambur-hamburkan uang untuk biaya ngenet tanpa bisa menghasilkan apa-apa dari kegiatan itu. Bagi saya, setiap mengeluarkan uang maka saya juga harus bisa memperoleh gantinya senilai yang setara. Artinya, kalau saya ngenet 1-2 jam sehari dan habis uang Rp 3-6 ribu, maka saya harus mendapatkan sesuatu yang nilainya paling tidak setara. Kalau nilainya lebih tinggi tentu lebih bagus. Dulu saya ngenet sambil nyari barang gratisan, sering-sering sih majalah atau ebook. Tapi sejak membaca artikel tentang Anne Ahira di sebuah majalah bisnis dan profil seorang affiliate sukses Jogja di Minggu Pagi, saya langsung bersemangat mempelajari online earning. Ya, kalau memang bisa menghasilkan dolar sembari ngenet mengapa tidak dicoba?

Sebagai penutup, di bawah ini screen shot email konfirmasi dari PayPal mengenai pembayaran bonus yang dibayarkan oleh SponsoredReviews ke rekening PayPal saya. Narsis atau pamer? Kalau Anda memandangnya seperti itu saya mohon maaf. Niat saya hanya ingin memotivasi Anda agar tidak menyia-nyiakan peluang berharga seperti ini. Semoga bermanfaat.



Belum bergabung dengan SponsoredReviews? Klik di sini untuk mendaftar. Sebelumnya Anda harus memiliki account di PayPal. Klik di sini untuk membuat account PayPal. Gratis koq. :D