Selamat datang di ...

19 Januari 2008

Pfiuuuh, entah ada apa dengan Google Group atau warnet langganan saya, semalaman ini loading-nya luamaaaa banget. Kerjaan yang biasanya kelar kurang dari sejam jadi molor tiga jaman. Tobat! Untung hari ini punya pemasukan lumayan dari SponsoredReviews. :D
Sekarang serius, ah.

Sejak pertama diluncurkan pada pertengahan 2003 lalu, Google AdSense langsung menjadi idola para pemburu dolar di internet. Sudah banyak netter yang sukses meraup ratusan bahkan ribuan dolar per bulan dari program ini, tapi harus diakui kalau jumlah yang gagal jauh lebih banyak. Mereka yang gagal itu adalah para blogger pemula atau semenjana yang buta sama sekali tentang teknik-teknik SEO. Padahal kita tahu kalau peluang earning di Google AdSense berbanding lurus dengan traffic. Semakin padat pengunjung, peluang earning akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya.

Bila Anda termasuk di antara para blogger yang sulit bersaing di Google AdSense (seperti saya :p), sepertinya Anda harus mulai mempertimbangkan program paid review seperti SponsoredReviews. Ini adalah metode online earning yang, boleh dibilang, terbaru dan sedang hot. Caranya memang tak semudah Google AdSense, tapi dolar jauh lebih lancar mengalir di sini. Sebagai contoh, tidak usah jauh-jauh :), saya sendiri yang pernah meraih $12.68 hanya dalam tempo kurang dari sejam.

Paid review, atau ada juga yang menyebutnya paid to review, secara gampang dapat diartikan sebagai review berbayar. Maksudnya, seorang blogger akan dibayar untuk menulis review. Tentu saja review dimaksud berhubungan dengan produk atau jasa tertentu yang sedang dipromosikan. Kalau Anda tahu advertorial di koran atau majalah, paid review persis seperti itu. Anda menulis review suatu produk atau jasa di blog, lalu si pemasar produk atau jasa tersebut akan memberi kompensasi. Setiap review dihargai antara $2-50, tergantung kualitas dan peringkat/PR blog. Semakin tinggi tentu semakin bagus lagi bayarannya. Nah, sudah terbayang kan gimana untungnya?

Bagi blogger pemula, program paid review adalah solusi terbaik untuk menambang dolar di internet. Jika bersama Google AdSense Anda hanya bisa menghasilkan kurang dari $10 sebulan, dengan paid review dolar sebanyak itu bisa diperoleh dalam sejam. Ya, perbedaan mendasar antara Google AdSense dan paid review adalah pada cara Anda menghasilkan dolar. Di Google AdSense penghasilan Anda sangat bergantung pada orang lain, sementara di paid review Anda sendiri yang menentukan berapa penghasilan yang akan Anda raih. Semakin rajin Anda menulis review, semakin menggelembunglah pundi-pundi uang Anda. Mau $10 sehari atau sejam, pilihannya ada di tangan Anda sendiri.

Alasan lain, program paid review tidak bergantung pada traffic. Biarpun blog Anda sepi pengunjung, penghasilan Anda tak akan berpengaruh banyak (dengan catatan blog Anda sudah di-approve tentu saja). Sekali lagi, penghasilan Anda bergantung sepenuhnya pada diri Anda sendiri. Tak ada iklan yang harus diklik pengunjung, tak ada barang yang harus dijual, bahkan tak ada satu banner promosipun yang harus dipasang. Cukup menulis review sepanjang 50-400 kata, maka dolar akan membanjiri Anda. Semakin penasaran? Saya sudah menulis daftar situs paid review di posting sebelumnya. Silakan cek di sini untuk melihatnya.

Semoga bermanfaat.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

19 komentar:

  1. halo mas Eko,

    saya bukan pinoy kok, cuman pernah ke philippine aja :D

    thanks dah mampir di blog saya. blog anda sangat informative neh...

    reztar
    http://delpro.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wah pak maturnuwun sekali untuk petunjuk2na sangat bermanfaat buat orang yang lagi cari tambahan duwit kek sayah..makasih banyak ya pak, semoga semakin sukses .keep up the good work!

    BalasHapus
  3. yup benar. saya setuju :)
    bagi blogger yang pengen dapat pundi2 berisi dolla, musti coba ikutan paid review. hasilnya lumayah gede.

    dari beberapa program review yang saya ikuti, saya paling banyak dapat kerjaan dari SR.

    salam kenal

    BalasHapus
  4. @ AshCode & Ika: Hehe, mo dikasih komen balik tapi koq dah kelamaan ya? :p

    @ Vin: Setuja, eh, setuju!!

    BalasHapus
  5. hehehehehe...

    paid review lebih masuk akal
    dapat uang sesuai dengan kerja keras kita ya...

    http://wikanpribadi.wordpress.com

    BalasHapus
  6. Mulai terinspirasi pada bisnis ini tp blog aja msh br nongol, hehe

    BalasHapus
  7. halo mas... ada contoh reviewnya nga? he... biar tau aja gitu....

    BalasHapus
  8. Mas apakah SponsoredReviews ini bersahabat dengan google seperti :
    1. Blogtoprofit
    2. Bloggerwave
    3. Blogsvertise

    Takutnya saya terkena dampak PR yang susah naik/PR disunat google?

    BalasHapus
  9. makasih mas. jadi semangat untuk ngeblog nih. :D

    BalasHapus
  10. wah enak dunk boz.. tapi kudu jago bahasa inggris ya..?

    BalasHapus
  11. mas ada ga paid review yang tuk blog gatisn

    BalasHapus
  12. Mas Eko, mungkin gak bangun blog untuk ikutan paidreview dengan blog gratisan seperti blogspot? Maklum, secara saya blom punya cukup modal dan pengetahuan buat sewa hosting dan bikin blog sendiri. Thx, salam kenal

    BalasHapus
  13. Menarik... menarik... mo coba aaah...

    BalasHapus
  14. Mungkin pengunjung bisa sedikit mendapatkan informasi yang saya dapat dari http://www.ziddu.com/download/4363394/ManualAdsense.rar.html

    BalasHapus
  15. Mas,free ebooknya bagus tuh....makasih ya,saya jadi tau langkah2 main paid review...thx mas

    BalasHapus
  16. Klo untuk yg PR tinggi berarti yg pemula belum bisa ikutan dong..???? Trus solusinya gmna..?? Apa harus meningkatkan PR dulu baru daftar PTR..??? Makasih sebelumnya.. :)

    BalasHapus
  17. reviewnya harus bahasa inggris or bahasa indonesia om?

    BalasHapus