"Aturan dibuat untuk dilanggar."

Pernah denger kalimat itu? Yup, itu satu kalimat sakti yang sering banget dipakai oleh para pelanggar hukum alias orang-orang jahil. Mereka paling tidak suka diatur. Mereka hanya mau mengatur diri mereka sendiri dengan aturan yang mereka buat sendiri. Mmmh, kacau juga ya kalau semua orang punya prinsip seperti itu.

Btw, barusan saya menjadi bagian dari para orang usil yang suka nabrak aturan itu. Ceritanya begini. Semenjak memulai blog ini awal tahun lalu, saya banyak nerima email dari mana-mana yang menanyakan hal-hal lebih detil mengenai SponsoredReviews. Beberapa bahkan ada yang dari negeri jiran; Malaysia dan Brunei Darussalam. Nah, pertanyaan yang paling sering diutarakan oleh mereka adalah: blog harus berumur 3 bulan ya? Berhubung aturan di SponsoredReviews tertulis begitu, ya tentu saja saya jawab saja iya.

Eh, tadi koq saya iseng punya pikiran jahil. Blog ini meskipun baru berumur 2 mingguan, tapi pengunjungnya dah lumayan banget. Saya sendiri sampe geleng-geleng kepala dibuatnya. Berdasarkan keyakinan kalau faktor penentu diterimanya sebuah blog bukan cuma umurnya, tapi juga jumlah kunjungannya, maka saya nekat coba-coba daftarkan blog ini ke SponsoredReviews. Sempet deg-degan juga sih, apalagi tadi pake error segala. Sebel banget deh. Tunggu punya tunggu... JRENG! Ternyata berhasil diterima. Asyik, berarti job-job yang dulu pernah di-reject sama advertiser ada peluang untuk bisa diambil lagi nih. Wesss, langsung deh sapu bersih semua opportunity yang ada. Rakus banget ya?

Nah, dari pengalaman ini sebenarnya ada dua hal pokok yang menentukan diterima-tidaknya blog kita di SponsoredReviews. Faktor pertama adalah umur minimal, tapi syarat ini bisa mentah jika jumlah kunjungan blog tersebut sangat bagus. Hanya saja ini baru asumsi saya saja lho. Soalnya semua blog yang saya daftarkan di SponsoredReviews dan keterima tidak ada yang berumur sampai 3 bulan. Padahal jelas-jelas aturan atau ToS-nya SponsoredReviews menyatakan kalau blog yang didaftarkan harus berumur minimal 3 bulan. Nah lho! Saya rasa satu-satunya keunggulan blog-blog yang saya daftarkan tersebut adalah jumlah kunjungannya yang lumayan banyak untuk ukuran sebuah blog baru.

Bagaimana dengan Anda? Berani mencoba?