Membandingkan serta mencari mana yang terbaik di antara sekian banyak program paid review yang ada tentu bukanlah tindakan bijak. Setiap orang jelas punya pendapat berbeda-beda dengan alasan yang juga tidak sama satu sama lain. Kalau bagi saya pribadi, sampai saat ini SponsoredReviews masih yang terbaik. Kenapa? Alasannya simpel. Pertama, situs paid review yang satu ini merupakan sumber penghasilan terbesar saya dengan jumlah opportunity yang rutin mereka berikan setiap periode. Kedua, di SponsoredReviews saya dan juga blogger lainnya diposisikan sebagai mitra, bukan karyawan. Alasan pertama jelas sekali subjektif, tapi alasan kedua tampaknya perlu dibedah lebih dalam.

Kenapa saya bilang di SponsoredReviews kita sebagai blogger diposisikan sebagai mitra? Begini. Di SponsoredReviews kita memiliki dua jalan untuk memperoleh review. Pertama melalui proses bidding alias lelang opportunity, dan kedua advertiser akan meminta langsung kepada kita untuk menuliskan review. Untuk yang kedua ini sebelumnya advertiser masuk ke dalam direktori blog di member area mereka dan mencari blog yang sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan. Kedua jalan ini sama-sama memberikan kebebasan kepada kita sebagai blogger untuk menerima, menegoisasikan harga (payout/imbalan), atau bahkan menolak sebuah tawaran. Dapat menegoisasikan harga inilah poin pembedanya. Berbeda halnya dengan, katakanlah, Blogvertise yang memberikan harga mati pada sebuah task. Kalau suka ya silakan ambil, kalau tidak suka ya silakan di-decline. Padahal harga yang diberikan kadang terlalu kecil.

Hal lain, SponsoredReviews tidak membeda-bedakan blogger yang menjadi membernya. Mau blogger pemula, blogger setengah-setengah alias agak ahli, sampai blogger senior mempunyai kesempatan yang sama dalam memperoleh review. Persyaratan yang tidak boleh ditawar-tawar hanyalah umur blog, jumlah posting dan jumlah kunjungan alias popularitas blog. Ketiganya ini tidak saling mengikat. Artinya, meskipun blog Anda berumur kurang dari 3 bulan tapi memiliki jumlah posting dan kunjungan memadai, peluang untuk diterima cukup besar. Buktinya saya saat mendaftarkan blog ini yang baru berusia kurang dari sebulan tapi sudah dikunjungi lebih dari 1000 kali dengan link tersebar di mana-mana. :p Pengalaman berbeda saya alami dengan Smorty. Pertama mendaftar ditolak dengan alasan PR masih 0. Begitu PR-nya naik menjadi 3, tetap saja ditolak dengan alasan berbeda. Heran deh.

Hal paling pokok yang menjadi konklusi dari semuanya adalah bahwa di SponsoredReviews tercipta kondisi win-win alias saling membutuhkan. Artinya antara blogger dan SponsoredReviews selaku broker posisinya sejajar. Kondisi berbeda saya alami dengan program paid review lain di mana saya merasa seolah-olah hanya saya yang membutuhkan si broker. Mendaftarkan sebiji blog-pun sudah seperti pengemis, belum lagi meminta job. (Saya garis-bawahi bahwa ini hanyalah pendapat saya berdasarkan pengalaman pribadi. Blogger lain bisa jadi tidak mengalami hal ini, terutama mereka yang tidak hanya bermodalkan blog-blog gratisan.)

Nah, bila dulu saya pernah bilang kalau paid review adalah solusi bagi blogger pemula, maka pernyataan tersebut saya kerucutkan lagi. Bagi saya, SponsoredReviews adalah solusi bagi blogger pemula yang susah menjaring dolar di program-program online earning lain. Jadi, kalau Anda belum juga bergabung, klik di sini untuk mendaftar.