Ah, leganya setelah selesai memposting review untuk SponsoredReviews di blog Eko-Sudjarwo. Semenjak bergabung dengan SponsoredReviews, inilah kegiatan rutin saya di internet. Bukan cuma blogging, surfing, chatting ato cek email, tapi juga earn dollars! Gila, saya gak pernah menyangka kalau kehalian saya (ahli? Kayanya masih bisa diperdebatkan deh :p) ternyata bisa menghasilkan uang, dalam dolar pula. Tahu sendiri kan kalau bagi orang Indonesia (kebanyakan) berpenghasilan dolar jauh lebih membanggakan ketimbang punya penghasilan rupiah. Padahal kan gak ada bedanya? Orang sama-sama kertas ini.

Btw, saya sudah sejak SD mulai nyoba-nyoba nulis, dan mulai serius di SMA (bersama karib saya Dian Nurdiansyah dan Surya Saputra). Awalnya sih cerpen remaja, baru kemudian mulai bikin-bikin artikel apa aja. Lumayan, beberapa tulisan sempat dimuat di koran Jambi Ekspress, majalah Sahabat Pena, tabloid BOLA (dalam kolom Suara Tiffosi; dapat 3 kaos + 1 jaket gratis karena 'ide' saya masuk kotak berhadiah 4 kali dalam setahun) dan tentu saja majalah Windi dan mading2 yang saya kelola semasa di SMP dan SMA. :p

Waktu itu bagi saya nulis hanya sekedar hobi. Saya menulis hanya agar dapat lebih dikenal saya karena saya gak punya modal lain untuk jadi terkenal. Keluarga saya pas-pasan (bayangkan, keluarga saya baru bisa beli motor sendiri saat saya kuliah), tampang juga pas-pasan, pinter juga tidak wong peringkat selalu di atas 10 besar. Yang saya punya cuma bisa nulis itu, tapi sialnya gak mudah untuk jadi penulis yang diakui di blantika kepenulisan nasional Indonesia. Lalu datanglah blog yang bagi saya adalah wadah yang sangat tepat. Lalu datanglah SponsoredReviews yang memberikan kesempatan emas itu. Well, bisa nulis apa yang kita mau dan dihargai dengan dolar, ini benar-benar gak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Sekarang, walau mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, saya punya 'pekerjaan tetap' di internet bersama SponsoredReviews. US$ 10 per hari sudah bisa dipegang karena saya punya stok task banyak banget yang bisa dijadwal rutin menjadi 3 review per hari. Seperti yang saya tulis sebelumnya, beberapa review harganya sudah naik. Tiga review yang saya tulis hari ini nilainya masing-masing adalah US$ 6, US$ 6.5 dan US$ 7. Dan inilah total earning saya hari ini setelah memposting 3 review itu:

Kemarin totalnya US$ 33.15, sekarang US$ 45.83. Berarti ada penambahan sebesar US$ 12.68. Wow, US$ 12.68 hanya dalam sehari (bahkan tadi prosesnya cuma 1 jam) dengan menulis 3 review pendek! Luar biasa! Gimana? Tertarik bergabung? Klik di sini untuk mendaftar ke SponsoredReviews di bawah referensi saya. Saya dengan senang hati akan membagi pengalaman kepada Anda semua yang mendaftar di sini. tentu saja ada 'something special' yang hanya akan saya berikan pada Anda yang bergabung lewat referensi saya. Ingat, pengalaman memang guru terbaik, tapi belajar dari pengalaman dan keberhasilan orang lain akan jauh lebih baik. Buktikan sendiri! Oya, sebelumnya Anda harus membuka account di PayPal dulu. Belum punya? Klik di sini untuk membuka account PayPal Anda. Salam sukses!