Sambil nunggu proses download buku dari e-Library selesai, saya mo cerita tentang program paid review lain selain SponsoredReviews. Ya, masih banyak situs lain yang menyediakan (atau menyelenggarakan sih?) program paid review. Di sini saya cerita banyak tentang SponsoredReviews karena selama ini hanya di situs inilah saya aktif alias selalu mendapat job dengan peningkatan yang (bagi saya pribadi) sangat luar biasa. Memang kalo dibanding dengan blogger sekelas John Chow saya belum ada apa-apanya. Barusan baca di blognya John Chow, seorang penulis buku meminta dia mereview buku terbaru si penulis. Untuk itu John Chow dibayar US$ 50. Gila! Saya dengan 'kerja' yang sama paling besar baru dapat US$ 6.5/review.

Nah, apa saja sih program lain? Secara sekilas saya jabarkan beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. SponsoredReviews, kelebihannya kita sendiri yang menentukan harga dan memilih advertiser dalam sebuah proses lelang (bidding). Tambahan lagi, setiap hari paling tidak 10 advertiser baru masuk, artinya peluang member untuk mendapat job secara rutin semakin besar. Harganya? Minimal US$ 5/review di mana member memperoleh 65% dari harga tersebut.

2. Blogvertise, ini juga bagus. Hanya saja kita lebih pasif karena hanya menunggu job dari admin. Lagipula prosesnya lebih berbelit, di mana untuk mengetahui apakah sebuah review yang kita tulis diterima atau tidak saja harus menunggu 7 hari tet. Harga juga ditentukan oleh admin, di mana blogger dengan blog pas-pasan (seperti saya juga)dihargai minimal US$ 2 per review.

3. Smorty, untuk blog yang pas-pasan (seperti saya--lagi) ini agak susah ditembus karena persyaratannya harus punya PR minimal 1. Tapi dari situ saya berkesimpulan 'bisa jadi' (ini asumsi lho) kalau sistemnya lebih baik. Sekali ini asumsi karena saya belum pernah terima task karena blog saya bolak-balik ditolak. :) So, kalo ada teman yang punya pengetahuan lebih tentang Smorty, silakan kontak saya agar posting ini bisa diperbaiki. Trims...

4. LinkWorth, ini relatif lebih gampang ditembus. Tapi jujur saja saya masih bingung dengan member area dan juga sistemnya. Lagipula sampe sekarang saya belum pernah terima task. jadi, buat teman-teman yang punya pengalaman dengan LinkWorth, ayo berbagi di sini.

5. BuyBlogReviews, menurut saya ini juga bagus. Cuma proses pendaftarannya agak rumit karena menunggu approved-nya saja agak lama. Entah kalau para webmaster/blogger yang punya web/blog lebih bagus dari para blogger kebanyakan (seperti saya).

6. PayPerPost, juga patut dicoba. Saya juga tidak punya pengalaman dengan PayPerPost karena blog saya belum ada yang di-approved, jadi buat teman-teman yang lebih paham, monggo berbagi di sini.

Itu saja yang bisa saya bagikan. Semuanya yang saya ketahui, jadi kalau ada program lain yang belum saya cantumkan, tolong hubungi saya supaya informasi ini dapat diperbaiki lagi. Semoga bermanfaat...