Selamat datang di ...

27 Januari 2008

Berita gembira untuk para pemburu dolar di internet. Setelah hanya mendengar kabar-kabur alias kurang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya, kini berita bahwa dana PayPal bisa ditarik langsung ke rekening tabungan kita di Indonesia dinyatakan benar. Artinya, kita bisa langsung memasukkan dana kita yang tersimpan di PayPal langsung ke rekening kita seperti transfer bank pada umumnya. Gak perlu lagi deh pusing-pusing buat rekening di bank US seperti yang sempat dilakukan beberapa rekan kita. (Siapa hayo?)

Sebelumnya penarikan dana tunai memang hanya bisa dilakukan ke bank-bank US. Tentu saja ini merepotkan para pemburu dolar di Indonesia yang terpaksa harus akal-akalan membuka rekening di bank-bank US atau menarik uang hasil jerih-payah mereka ke dalam kartu kredit kemudian mencari merchant yang bersedia melakukan gestun alias gesek tunai. Sekarang segala kerepotan itu sudah berlalu. Bagaimana dengan kartu kredit? Meskipun penarikan dana tidak memerlukan kartu kredit, tapi uang plastik ini tetap dibutuhkan sebagai kelengkapan proses verifikasi account PayPal. Jadi, yang belum punya kartu kredit sebaiknya cepetan buat deh (Pssst, kalimat ini juga berlaku untuk saya lho :p ).

Btw, berapa biaya transfernya? Amerika-Indonesia kan jauh, jangan-jangan biayanya besar lagi? Saya juga sempat berpikiran begitu. Tapi ternyata ongkos kirimnya terbilang murah koq, yakni Rp 16.000 untuk sekali penarikan di bawah Rp 1,5 juta. Untuk penarikan di atas Rp 1,5 juta malah gratis. Nah, lho! Semakin kebayang kan asyiknya?


Proses penarikannya terbilang sederhana. Yang jelas kita harus memasukkan data rekening bank kita di entrian form transfer. Data tersebut terdiri atas nama negara, nama bank, kode bank dan nomor rekening. Semua hal tersebut tentunya sudah Anda pahami, kecuali mungkin kode bank. Ini terdiri atas 7 angka yang merupakan kombinasi dari 3 digit kode bank yang dikeluarkan BI ditambah 4 digit kode cabang bank bersangkutan. Daftar kode beberapa bank keluaran BI dapat dilihat di blognya Cosa Aranda ini, sementara untuk kode cabang silakan tanyakan ke bank yang bersangkutan.

Semoga bermanfaat.

PS: Berhubung kode bank yang ada di blognya Cosa Aranda tersebut masih belum lengkap, saya mengirim email ke BI untuk menanyakan daftar lengkap kode bank dimaksud. Email senada juga saya kirimkan ke BNI untuk menanyakan kode kantor cabang BNI se-Indonesia (saya pake BNI lho). Kita tunggu saja jawabannya. Semoga dua bank besar ini mengerti arti pentingnya excellent service. :D


« Selanjutnya
Sebelumnya »

15 komentar:

  1. horeeee...pertamax

    wah seneng banget kalo gitu mas. aku langsung akan cek. aku baru tau lo dari posting ini. sebelumnya sih pernah denger, tapi saat itu masih kabar burung...

    biaya segitu saya kira murah banget, ketimbang harus pake kartu credit, atau dibanding jika narik duit dengan wire transfer

    thanks bro infonya:)

    BalasHapus
  2. Wah enak ya yang udah punya kartu kredit. AKu masih ga punya uang nih, lagian umur masih 16 T_T Nunggu aja deh sambil gedein earning dulu :D

    BalasHapus
  3. Sy jg udh cek di paypal saya emang bener sih udh bisa withdrawal tp ngomong2 kang Eko kalo swift code BNI na apal ga? Sori sekali kang, bener biasanya sy kl ada yg nawarin selalu signup lewat urlnya temen itu..sbg penghormatan..nah kemaren kan di google adsense saya muncul sponsorreview..makanya saya ketik di browser..jd ga inget referral url na akang Eko.. thanks utk berita paypalnya.. sy jg lagi cari2 informasi paypal lain di situs lain..

    BalasHapus
  4. di tunggu info kode cabang BNI nya. Kalo misal verifikasi pake VCC aja berbahaya nggak ya? kan bisa withdraw via rekening langsung

    BalasHapus
  5. U/ MyPaid2Blog:
    You're welcome, Bro. Sering2 maen ke sini.

    U/ Ardian:
    Kalo memang pengen punya kartu kredit bisa pake Virtual Credit Card koq, harganya bervariasi tapi gak ada wujudnya alias kita cuma dikasih nomernya aja untuk verifikasi di PP.

    U/ Kang Yusa:
    Swift Code BNI bisa dilihat di bni.co.id ato kalo gak mau repot ya ini deh saya catetin sekalian :)
    ==> BNINIDJA

    U/Kenken:
    Yup, verifikasi pake VCC aja gpp koq. Sudah ada yg berhasil withdraw pake VCC. Jgn lupa kasih kabar ya...

    BalasHapus
  6. mas, kode Bank BNI nya kok ada delapan digit, katanya 7 digit, kasih tahu donk, Mas. Trims

    BalasHapus
  7. To Mas Yono:
    Mas, yg ditanyakan Kang Yusa itu Swift Code, beda dengan kode yg kita bicarakan dalam kasus PayPal. Swift Code adalah kode untuk wire transfer, sedangkan kode yg kita bahas untuk PayPal adalah dalam kepentingan penarikan langsung ke rekening kita di Indonesia. Semoga penjelasan saya bisa dipahami.

    Salam

    BalasHapus
  8. thx mas eko.. saya sudah praktekkan dan ternyata bisa..

    BalasHapus
  9. @ Denis: Sama-sama. Thanks ya udah mau main ke sini.

    BalasHapus
  10. Kode cabang BNI bisa ditanya ke Phoneplus or kantor cabang di mana rekening dibuka. Kode BNI adalah 009 dan bbrp kode cabang a.l.:
    Jakarta Kota - 001
    ITB - 036
    Urip Sumoharjo Sby - 056
    Gambir - 089
    Graha Pangeran Sby - 255
    UNPAD - 270

    Karena Paypal butuh 4 digit tinggal tambahkan angka 0 di depan kode cabang. Contoh kode BNI di Paypal buat cabang ITB 0090036, Gambir 0090089, UNPAD 0090270.

    Saya udah coba, sama kok dengan yang lain 3 hari kerja udah masuk rekening.

    BalasHapus
  11. Trims mas,infonya. mau coba juga tarik Paypal nich :)

    BalasHapus
  12. mas eko yang baik minta solusinya dong...
    verifikasi paypal kan pake kreditcard sedangkan penarikan bisa langsung rekening biasa. yang membuat saya pusing daftar kriditcard kan mahal dan pengeluaran terus tiap bulan. apakah ada solusi cara lainnya yang lebih mudah dan murah.
    trims sebelumnya my email indra_6mlg@yahoo.co.id

    BalasHapus
  13. mas eko saya mau tanya kode bank bni kc rancaekek donk untuk transaksi paypal. tlng secepatnya
    trims sebelumnya ini email saya
    riefcarol@rocketmail.com

    BalasHapus
  14. **indra_6mlg@yahoo.co.id
    Bisa pake virtual credit card, Bro.
    Harganya paling mahal $10, tapi gak ada iuran bulanan alias ekali pake aja. Mau?

    **riefcarol@rocketmail.com
    Waduh, orang saua tanya ke BNI sejak posting ini dibuat sampe sekarang aja gak dibales-bales koq.

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum, maaf ni kang saya benar2 awam dengan apa itu paypal, saya mau nanya kalo kita mengaktifkan atau mempergunakan paypal kan harus mencantumkan no rekening kita dan no rekening itu hanya untuk Masterd Card saja kalo saya masukan Rekening BNI saya bisa ga? maaf kalo pertanyaan saya ga nyambung, soal'nya saya masih awam kang euY. hatur nuhuN.

    BalasHapus