Berita gembira untuk para pemburu dolar di internet. Setelah hanya mendengar kabar-kabur alias kurang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya, kini berita bahwa dana PayPal bisa ditarik langsung ke rekening tabungan kita di Indonesia dinyatakan benar. Artinya, kita bisa langsung memasukkan dana kita yang tersimpan di PayPal langsung ke rekening kita seperti transfer bank pada umumnya. Gak perlu lagi deh pusing-pusing buat rekening di bank US seperti yang sempat dilakukan beberapa rekan kita. (Siapa hayo?)

Sebelumnya penarikan dana tunai memang hanya bisa dilakukan ke bank-bank US. Tentu saja ini merepotkan para pemburu dolar di Indonesia yang terpaksa harus akal-akalan membuka rekening di bank-bank US atau menarik uang hasil jerih-payah mereka ke dalam kartu kredit kemudian mencari merchant yang bersedia melakukan gestun alias gesek tunai. Sekarang segala kerepotan itu sudah berlalu. Bagaimana dengan kartu kredit? Meskipun penarikan dana tidak memerlukan kartu kredit, tapi uang plastik ini tetap dibutuhkan sebagai kelengkapan proses verifikasi account PayPal. Jadi, yang belum punya kartu kredit sebaiknya cepetan buat deh (Pssst, kalimat ini juga berlaku untuk saya lho :p ).

Btw, berapa biaya transfernya? Amerika-Indonesia kan jauh, jangan-jangan biayanya besar lagi? Saya juga sempat berpikiran begitu. Tapi ternyata ongkos kirimnya terbilang murah koq, yakni Rp 16.000 untuk sekali penarikan di bawah Rp 1,5 juta. Untuk penarikan di atas Rp 1,5 juta malah gratis. Nah, lho! Semakin kebayang kan asyiknya?


Proses penarikannya terbilang sederhana. Yang jelas kita harus memasukkan data rekening bank kita di entrian form transfer. Data tersebut terdiri atas nama negara, nama bank, kode bank dan nomor rekening. Semua hal tersebut tentunya sudah Anda pahami, kecuali mungkin kode bank. Ini terdiri atas 7 angka yang merupakan kombinasi dari 3 digit kode bank yang dikeluarkan BI ditambah 4 digit kode cabang bank bersangkutan. Daftar kode beberapa bank keluaran BI dapat dilihat di blognya Cosa Aranda ini, sementara untuk kode cabang silakan tanyakan ke bank yang bersangkutan.

Semoga bermanfaat.

PS: Berhubung kode bank yang ada di blognya Cosa Aranda tersebut masih belum lengkap, saya mengirim email ke BI untuk menanyakan daftar lengkap kode bank dimaksud. Email senada juga saya kirimkan ke BNI untuk menanyakan kode kantor cabang BNI se-Indonesia (saya pake BNI lho). Kita tunggu saja jawabannya. Semoga dua bank besar ini mengerti arti pentingnya excellent service. :D