Duh, saya sebenarnya lagi deg-degan nunggu payment dari SponsoredReviews yang katanya mau dibayarkan tgl 15 Januari, itu artinya sekarang kalau menurut waktu AS dan malah sudah lewat sehari kalo di sini. Masa sampe sesiang ini (menurut waktu AS) belum juga dibayar. Padahal payment sebelumnya sudah ditransfer ke account PayPal saya sekitar jam 10 pagi (menurut waktu AS). Duh, jadi tambah takut lagi nih. Jangan-jangan.... :(

Oke, daripada bertakut-takut ria mendingan saya sharing satu hal yang saya juga masih tidak bisa mempercayainya. Wuih, serius amat kayanya ya. Apaan tuh..? Kemarin iseng-iseng ngecek blog serius pertama saya yaitu Jogja-Inside. Entah kenapa pada saat itu saya langsung meluncur ke bagian hit counter. Yah, baru 1003 pengunjungnya. Padahal ini blog pertama yang saya bangun khusus untuk Google :p alias orientasinya online earning dengan AdSense. Harus kerja lebih keras lagi nih buat ningkatin traffic-nya. Eit, tiba-tiba mata saya terpatok pada satu button yang selama ini selalu saya abaikan. Mari kita lihat bersama-sama...

Anda lihat angka 3 yang tertera pada button hijau itu? Saya sebelumnya tak pernah menggubris button ini (jadi dulu dipasang buat apa, Mas?), tapi setelah saya pikir-pikir itu kan PageRank (PR) alias rangking yang diberikan Google untuk sebuah situs. Mmm, masa iya sih blog saya itu PR 3? Jujur saja saya tidak percaya rasanya. Lantas saya klik deh button itu. Ternyata dulu saya ngambilnya dari Atoomic.com dan, VOILA! Ternyata beneran PR 3. Busyet dah!

Tapi saya masih belum bisa percaya. Bukan apa-apa, soalnya saya merasa tidak melakukan aksi SEO apa-apa terhadap blog tersebut wong saya juga gak tahu apa itu SEO. Memang saya pernah nulis artikel tentang kiat-kiat meningkatkan traffic di ArticlesBase, tapi kiat yang saya sampaikan di sana awam banget. Sama sekali bukan rujukan teknik seperti memasukkan meta tag, dll. (Lucunya, ternyata ada beberapa blogger yang mengkopi-paste artikel saya tersebut sebagai content blog mereka. Belum tahu dia... :p). Nah, saya kan jadi bingung dibuatnya.

Cari punya cari, akhirnya saya nemu DigPageRank.com. Langsung deh saya cek di sana. dan, JREENG!!! Wuih, angka yang tertera di sana semuanya 3. Berarti beneran nih? Saya sudah mau senang, tapi koq masih belum bisa percaya juga ya? Bukannya tidak mau bersyukur, tapi masa iya blog seumur 2.5 bulan dengan jumlah kunjungan hanya 1000 lebih sedikit plus gak sampe 20 link bisa dapet PR 3 sih? So, kalau ada teman-teman yang bisa membantu saya mengecek PR blog Jogja-Inside saya, please bagi hasilnya di sini ya. Thanks before.

Bermanfaat nggak sih? :p

UPDATE: Ternyata Jogja-Inside saya memang PR3. Atas informasi dari Kang Bawor, sayapun segera meluncur ke CheckPageRank.net untuk ngecek. Dan ternyata hasilnya valid. Yes, finally I can build a PR 3 blog! Thanks God, thanks Google and matur tengkyu Kang Bawor. :D Oya, ini screen shot dari hasil pencarian saya tadi (narsis abissss...).