Selamat datang di ...

20 Januari 2008

Hai, semua. Sejak pertama kali meluncurkan blog ini, banyak respon berdatangan ke saya. Baik lewat tag box, comment box dan juga email. Bahkan ada yang sampe ninggalin nomer HP segala lho. :) Pertanyaan yang diajukan kebanyakan mengenai teknis menjalankan kerjasama dengan SponsoredReviews dan tetek-bengek lainnya. Terima kasih banyak atas atensi Anda semua. Semoga saja SponsoredReviews dapat menjadi alternatif sumber penghasilan yang menjanjikan di masa serba sulit seperti sekarang. Amin.

Oke, sekarang kita membahas tentang proses bidding atau lelang alias mencari sebuah opportunity review di SponsoredReviews. Supaya lebih valid dan relevan, berikut saya tampilkan terjemahan bebas dari situs SponsoredReviews mengenai hal tersebut dengan beberapa keterangan tambahan dari saya.

Setelah memasukkan blog Anda ke dalam sistem SponsoredReviews dan di-approve, Anda dapat memulai bidding (lelang) pada daftar opportunity yang tersedia. Perlu dicatat bahwa tidak penting sama sekali bagi Anda untuk melakukan bidding pada sebuah opportunity hanya dengan tujuan menghasilkan uang. Advertiser alias pemasang iklan juga akan mencari blog yang sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan melalui blog directory yang dimiliki oleh SponsoredReviews dan membayar sebuah review langsung kepada Anda. Tapi tentu saja Anda akan menghasilkan lebih banyak uang jika Anda proaktif dalam mencari dan melakukan bidding pada opportunity.

SponsoredReviews sangat merekomendasikan Anda untuk pertama-tama memperhatikan relevansi blog dengan opportunity yang ditawarkan. Advertiser lebih suka menerima tawaran dari blog yang relevan. Apabila Anda mau menurunkan harga penawaran di bawah harga umum yang ditawarkan advertiser, peluang Anda untuk diterima akan semakin besar. Misalnya advertiser menawarkan harga antara $10-50. Kemungkinan Anda untuk diterima akan lebih besar jika Anda mau memberikan harga $11, $12 atau paling tinggi $15 ketimbang menawarkan harga $20 atau di atasnya. Sistem SponsoredReviews akan menunjukkan perbedaan antara harga yang kita minta dengan harga penawaran umum kepada advertiser. Jadi, jika harga Anda dianggap 'bagus', opportunity tersebut akan menjadi milik Anda.

Jika Anda menemukan sebuah opportunity yang ingin Anda tulis reviewnya, Anda dapat melakukan penawaran dengan cara mengklik nama opportunity tersebut. Lalu muncullah sebuah halaman baru yang memperlihatkan detil opportunity tersebut. Harga penawaran dapat Anda ajukan dengan menuliskannya pada kotak kecil di samping kanan halaman. Anda hanya dapat melakukan penawaran jika harga blog Anda (yang telah ditentukan berdasarkan saran SponsoredReviews pada saat pertama kali mendaftarkan blog) sesuai dengan harga minimum yang diminta advertiser. Dan harga tawaran Anda tidak boleh lebih tinggi dari harga blog Anda.

Begitu penawaran Anda dimasukkan ke dalam sistem untuk disampaikan pada advertiser, keputusan untuk menerima, menawar balik atau menolak berada sepenuhnya di tangan advertiser. Jika penawaran Anda diterima, Anda akan menerima email pemberitahuan dari SponsoredReviews dan memiliki waktu selama 7 hari untuk menyelesaikan reviewnya. Kadangkala advertiser melakukan penawaran balik dengan harga lebih rendah dari yang Anda minta. Dalam kasus ini Anda dapat langsung menerima tawaran tersebut (dengan catatan persenan yang akan Anda terima lebih rendah), melakukan penawaran balik lagi dengan harga lebih tinggi dari penawaran advertiser sebelumnya, atau bahkan menolaknya (berani nggak? :p). Nah, jika advertiser menolak penawaran Anda, secara otomatis semua proses bidding selesai. Anda tidak dapat melakukan penawaran untuk kedua kalinya pada bidding yang telah ditolak advertiser dengan blog yang sama.

Beberapa advertiser akan langsung memberi keputusan terhadap penawaran Anda hanya dalam hitungan jam. Namun banyak juga yang memerlukan waktu lama sebelum memberikan keputusan. Karena itu pastikan tawaran Anda mencolok sehingga lebih menarik di mata advertiser. Sebagai tambahan, Anda akan lebih diperhatikan jika tema blog Anda sesuai dengan opportunity yang ditawarkan advertiser. Lalu harga adalah faktor kedua yang tak kalah penting. Sebuah ujar-ujar yang cocok dengan masalah harga ini adalah, "a half of something is better than a full of nothing". Ya, rasanya lebih baik menerima setengah harga tapi ada review yang bisa digarap daripada mengharapkan harga penuh tapi kemudian ditolak. Setuju?

Semoga bermanfaat.
Belum bergabung dengan SponsoredReviews? Klik di sini untuk langsung bergabung.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

8 komentar:

  1. terimakasih oom, ini artikelnya lengkap banget, saya jadi makin tertarik dengan SR...

    BalasHapus
  2. @ Badot Inside: Sama-sama... Thanks juga udah berkunjung kemari.

    BalasHapus
  3. Bung eko,,aku sudah dapat tawaran nih,,gimana mau mulakan,,hahaha...

    BalasHapus
  4. @ Alwis: Turut kata Rayhan dimulakan dengan bismillah. :)) No, just kidding. Tentu saja yang harus Wis lakukan adalah mengerjakan review tersebut. Tulis review-nya, jangan lupa link dan anchor text yang diinginkan advertiser, setelah itu posting dalam blog. Bila sudah di-publish, submit alamat URL review tadi ke SponsoredReviews. Selesai!

    BalasHapus
  5. Hai, semua. Sejak pertama kali meluncurkan blog
    ini,

    dari potongan postingan diatas,kalau kita klik kata
    BLOG, maka akan tampil sebuah snapshot dari advertiser. itu namanya apa ? cara bikinya gimana ya?kalau boleh saya referral dari mas eko. maaf mas,saya masih newbie.jadi masih bingung.
    terimakasih.

    BalasHapus
  6. mas eko blog saya ditolak SR, kira2 perlu alexa rank brp agar diterima?

    BalasHapus
  7. aku udah nurunin harga lebih rendah dr separuhnya tp tetep aja lum ada bid yg tembus...nasib...nasib

    BalasHapus