Selamat datang di ...

30 Januari 2008

Ini bisa jadi berita terhangat dan menghebohkan. Berita ini saya dapatkan sewaktu sedang jalan-jalan menelusuri blog-blog senior di luar sana. Nah, pas mampir di blognya ShoeMoney (tahu kan siapa dia?) terkejutlah saya melihat artikel tentang rencana Google untuk turut terjun di program paid review. What? Eh, apa?! Ya, setelah cukup mendominasi pasar PPC ads melalui program Google AdSense, kini The Big Google mulai melirik bisnis paid review. Hmmm, berita gembira kayanya nih bagi para pemburu dolar. Soalnya source of income bakalan nambah satu lagi nih. :p

Berita (atau lebih tepatnya kabar ya?) tersebut memang belum terkonfirmasi kebenarannya. Tapi yang jelas Google sedang mempersiapkan sebuah versi beta dari paid review program di jaringan Google AdSense beberapa waktu ke depan. Kita tunggu saja perkembangannya sambil terus mengasah skill. Tapi kenapa ya koq Google akhirnya tertarik juga pada program yang memang sedang naik daun ini?

Tentu saja Google sangat tertarik untuk ikut menikmati 'kue' iklan di bisnis paid review. Tidak alasan bagi mereka untuk tidak tertarik. Apa alasannya? Satu, Google sudah mempunyai jaringan publisher yang sangat banyak di seluruh dunia. Ingat, Google AdSense adalah idola para webmaster dan juga blogger. Hampir semua website/blog pasti memasang iklan Google. Ini tentu modal sangat bagus bagi mereka untuk menarik minat pemasang iklan. Kedua, jumlah pemasang iklan di Google juga banyak. Tinggal melakukan negoisasi ulang mengenai hal-hal teknis dan tentu saja pembayaran, maka Google tak akan kesulitan mencari pengiklan. Apalagi nama Google sudah demikian besarnya, tentu tak sulit bagi mereka untuk mencari pengiklan baru di jalur paid review kelak.

Modal ketiga Google adalah Blogger.com. Well, ini adalah situs penyedia blog dengan anggota terbanyak. Anda cari buku tentang Blogger, buanyaaaak sekali di toko-toko buku. Ini menandakan bahwa Blogger adalah blog sejuta umat bahkan lebih. Selain Blogger, menurut ShoeMoney Google juga tengah melakukan pendekatan dengan WordPress untuk pemasangan iklan-iklan Google di WordPress.com.

Sekali lagi ini baru kabar yang belum bisa dikonfirmasi kebenarannya. Tapi jika Google benar-benar meluncurkan program paid review, bisa-bisa situs paid review yang lainnya gulung tikar dong? Mudah-mudahan tidak. Apalagi ini masih samar-samar. Pasang mata pasang telinga, tangkap perkembangan terbarunya. Oke?

Semoga bermanfaat.


« Selanjutnya
Sebelumnya »

8 komentar:

  1. Wah...memang kalau sudag gede bisa seenaknya yah? Membanned/menjatuhkan blog yang berisi paid reviews, tapi sendirinya malah mo jadi broker reviews :-/

    BalasHapus
  2. dewi@an.tv

    saya Dewi minta ajarin adsense bolehkah

    BalasHapus
  3. asal bayarnya ndak pake cek aja.. hehehe

    BalasHapus
  4. wah...seru juga tuch infonya

    BalasHapus
  5. wah....info yang sangat menarik nich.baca2 dulu ach

    BalasHapus
  6. wah kalau bener bakalan asyik bagi para blogger, dengan demikian bakalan tidak ada lagi penurunan google pagerank buat blogger yg ikut PTR sip..

    BalasHapus
  7. boleh juga nih artikel, sukses yah

    BalasHapus