Selamat datang di ...

27 Januari 2009

Kalau sahabat kita Putra Eka sempat menjuduli blognya dengan jargon "Indahnya Berbagi" (kini jadi "Indahnya Berbagi Ilmu"), pada kenyataannya berbagi itu tidak seindah yang dibayangkan. Paling tidak ini dirasakan oleh beberapa blogger senior yang mengalami betapa pahitnya berbagi. Mereka tak mengharap ucapan terima kasih, tapi justru ditikam dari belakang dan dihancurkan pelan-pelan secara pengecut.

Ngeri? Itulah yang terjadi. Suatu malam Bang Zalukhu menelpon saya dan cerita kalau ia sudah pamit mundur dari blogosphere Indonesia. Saya jelas kaget. Masa iya perjuangan yang dilakukannya selama tahun 2008 lalu harus sia-sia? Akhirnya setelah mendengar cerita Bang Zal, saya baru mengerti betapa susahnya jadi orang baik di blogosphere lokal. Turut cerita Bang Zal, ia sudah kena "dikerjai" oknum yang tidak bertanggungjawab sehingga membuat jalur rejeki online-nya putus dan terancam mati. Akhirnya, Bang Zal-pun tidak tahan lagi dan memilih mundur.


Beginikah akhir blogger-blogger yang telah dengan tulus hati berbagi ilmu? Sebelum Bang Zalukhu kita tentu ingat Cosa Aranda yang tiba-tiba menghilang tak tentu rimbanya. Sebelum menghilang dari peredaran, Cosa pernah juga dikerjai oleh oknum tidak bertanggungjawab. Yang akun PayPal-nya dibuat limited gara-gara dikirimi dana berkarung-karung, yang artikel-artikel dikopas sampai ada yang membuatnya menjadi buku, dan terakhir situs-situsnya di-hack. CosaAranda.com termasuk di dalamnya. Entah karena sakit hati atau lelah menghadapi teror semacam itu, akhirnya Cosa memilih mundur teratur dari jagat maya.

Satu lagi, Putra Eka aka Paman Gober juga sempat dimaki-maki secara pengecut. Entah apa motifnya, namun tindakan seperti itu tentu sangat kekanak-kanakan sekali. Kalau memang tidak suka, kenapa tidak bilang terus terang? Hal ini juga saya alami sendiri dengan banyaknya komentar miring menjurus kasar tapi anonim. Pffiuh...

Demikian susahnyakah menjadi blogger yang ingin berbagi secara tulus? Mengapa ada saja orang-orang yang tidak senang dengan blogger seperti Cosa Aranda dan Augusman Zalukhu? Apa yang menyebabkan blogger-blogger senior seperti mereka berdua "dihabisi" secara pengecut? Hanya oknum-oknum tidak bertanggungjawab itu saja yang tahu jawabannya. Yang jelas, kalau begini kejadiannya berarti blogosphere Indonesia tidak sehat. Sifat maya internet ternyata disalahgunakan sebagian orang untuk menyerang blogger yang dianggapnya membahayakan secara pengecut. Bagaimana mau maju kalau bersaing saja tidak berani?

Ah, blogger Indonesia. Di saat orang di luar lingkunganmu memandang takjub akan pertumbuhan jumlah dan banyaknya dolar yang kau hasilkan dari blog, dirimu sendiri malah terancam dalam intaian orang-orang kerdil yang takut bisnisnya hancur karena kerelaanmu berbagi pada sesama. Nasib...

Numpang Promosi: Bete baca posting ini? Buat yang tinggal di Yogya silakan keliling ke agen-agen koran di daerah Jl. Kaliurang, UGM, Malioboro, atau Stasiun Tugu dan Lempuyangan. Cari deh mingguan Malioboro Ekspres edisi terbaru. Di sana banyak tulisan ringan dan menghibur, termasuk juga tulisan saya. Hehehe....


« Selanjutnya
Sebelumnya »

58 komentar:

  1. bang zal mundur total yak? wuaduh 8-}

    BalasHapus
  2. Hehehehe, kalo ada yang kek gitu bikin tambah kreatif bang :)

    hehehehehe, tinggal bagaimana kita menyikapinya

    BalasHapus
  3. salah satu anak bangsa, blogger terbaik yang kritis terhadap fenomena, terbuka dengan hitam dan putihnya... memilih mundur... saya berharap semoga bang zal mundur untuk beristirahat... meski sejak dulu 3 bulan kebelakang mungkin bang zal pernah berkata akan mundur untuk selamanya, tapi sekali lagi saya berharap hal itu tidak dilakukannya, mengingat blogoshepere Indonesia masih memerlukan blogger-blogger yang kritis dibidangnya seperti halnya seorang ZALUKHU.

    BalasHapus
  4. Dunia maya ternyata tidak beda jauh dg dunia nyata...
    Wah,...turut menyesal..

    BalasHapus
  5. saya pernah mendengar nama cosa aranda sebagai salah satu blog seleb, namun saya tidak tau kalau nama tersebut adalah blog senior. Saya sebagai pendatang baru cukup kaget juga membaca artikel diatas, dimana terjadi persaingan tidak sehat didunia maya yang menyebabkan mundurnya 2 blogger senior. Lantas, bagaimana dengan nasib kami para blogger yang masih belum mengenal seluk beluk blog dengan baik, akankah kami nantinya mengalami hal yang sama. Terima kasih sebelumnya atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan sedikit suara hati di halaman komentar ini.

    BalasHapus
  6. Sifat anonimitas yg dimiliki internet emg membuat kita 'bisa' jadi siapa saja.. jadi inget td blogwalking, nyasar ke blog bule gt..ga sadar baca komen2nya bikin panas aja.. ga taunya emang tu blog punya israel.. salah gw komen.. tp ane mejeng nama ma negara asli.. lahh oot gw yah?

    : Peace:

    BalasHapus
  7. itulah kehidupan ko, pasti ada yang suka ada juga yang benci..tergantung kita aja lagi menyikapinya.

    BalasHapus
  8. Mas Eko jangan mundur...; berhenti sejenak boleh, tapi jangan mundur...; nanti akan ditemukan blogosphere yang lebih kompetitif tapi sehat;
    Mas Eko, kirimi ME-nya yaahhh... kangen banget sebenere dg Ngayogyakarta...

    BalasHapus
  9. Wah........ tak cuma satu pionir, tapi dua, pionir blogger jeren terpaksa harus ugur di medan perang... Hm, rumit juga nih masalahnya......

    Akh, pingin nyari tau orang-orang yang ngelakuin semua ini, tapi kadang apalah daya...... hm. Mungkin kita juga kurang persatuan.

    Klo dihabisi satu2 kek gini, gimana nasib blogger Indo nantinya? Yang baru ga ada tempat belajar donk.....

    BalasHapus
  10. wew.. susah juga kalo jadi blogger terkenal.. tantangannya lebih gede nih kayanya..

    BalasHapus
  11. Ah, kasian ya para blogger senior kita. Buat yang masih newbie termasuk sayah. Teruslah berbagi.!

    BalasHapus
  12. Wah.. boleh diekspos tho penyebabnya mas Ecko? :D

    Selama masih banyak yang berbisnis dan ngeblog dengan tanpa etika, emang susah untuk survive dalam berbagi secara luas melalui media internet.

    Saya juga sedih kenapa banyak saudara sebangsa kita yang hobinya copy paste konten blog saya dan teman-teman yang lain, baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris.. Uda gitu ngejailin account pendulang dollar orang lain lagi... cape deh..

    BalasHapus
  13. Wah... ternyata bisa ya seperti itu??? Seram juga kalo digituin...

    Semoga aja Mas Cosa dan Bang Zalukhu bisa kuat menghadapi ini semua...

    BalasHapus
  14. iya nie mas, kalo gene terus bkin persaingan jd ndak sehat ajah

    BalasHapus
  15. ahirnya yg itam2 rontok atu-atu, ato yg rontok yg putih2 ya? berarti yg golongan itam menang. makanya jgn sok kritis kalo' mental blum kuat

    BalasHapus
  16. ngeri juga ya ternyata dunia online, saling sikut...

    BalasHapus
  17. semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang menerpanya.. semakin terkenal seorang semakin banyak pula tantangan dan tanggung jawabnya.., fiuhhh.., sayang sekali para master diatas mundur.., tapi itu juga hak mereka.., kita hargai sajalah.. semoga keputusan yang diambil keputusan yang terbaik..

    BalasHapus
  18. bener kata mas spydeeyk (susah nulisnya), tergantung diri sendiri menyikapinya. seperti posting mas Ecko terdahulu "jangan jadi orang terkenal"

    BalasHapus
  19. Wah dunia maya ga beda sama dunia nyata : Penuh intrik :-o

    BalasHapus
  20. sya lagi plang ke kaltim mas :(( Blum bsa beli Merapi Express :(

    Hhh... mas ecko ingt yg qt bhas soal buku2 gak jlas di gramed? Ad yg kmntarx jlek2in, lbih tpatx sih nantagn untk nlis buku dan dtrima di pnerbit :) Kmntrax msih ada dan sngja sya tmpilkan :) Tpi sygx yg mmbrkan kmntar itu PENGECUT! gak mw mnnjukkan siapa dia.. Ap bner kali yah klimat2 qt wktu itu,"Anehx penulis2 itu pun gak pnya blog..." :)

    BalasHapus
  21. sampai segitunyakah??? terus terang saja saya sangat senang untuk belajar di dunia maya ini. tapi disatu sisi saya sama sekali tidak menyangka dibalik ini ada hal2 yang mengerikan. *turut prihatin*

    BalasHapus
  22. Sebagai newbie saya makin bingung.
    Bingung mau belajar kemana dan pada siapa, dan bingung dengan "praktek" oknum-oknum tersebut :((

    BalasHapus
  23. Wah,salam kenal mas eko :-) terus terang saya newbie,baru punya blog.membaca postingan ini saya punya 2 pilihan : 1. jadikan ini motivasi 2.jadikan ini mativasi. Tapi menurut pendapat saya pada akhirnya yang benar yang akan menang.Caiyo....

    BalasHapus
  24. Itulah hidup, bukan menyalahkan siapa yang salah dan juga membenarkan siapa yang benar

    BalasHapus
  25. wah susahnya berbagi yah,emang bener tuh judul..

    masih aja ada yang PENGECUT kyk gitu..

    kasihan juga yah bang ZAL..

    cosa arnda juga sangat dibutuhkan ilmu tentang adsensenya..

    BalasHapus
  26. Kalo udah gini, sebaiknya kita semua belajar untuk introspeksi diri..., sehingga tercipta blogosphere yang nyaman dan kondusif..

    BalasHapus
  27. Aw..aw..aw...lama menghilang,jadi ngga tahu 'the latest news' yg belakangan terjadi di jagad blogoshpere..klo yang kejadian ma putra kemaren,aku sempet baca,bro..tapi barusan mo masuk ke blog bang Zhal,ternyata yang muncul 'bandwith limited exceede' :)

    BalasHapus
  28. Susahnya berbagi...

    Sifat iri hati dan dengki memang tak pandang bulu, tidak di dunia nyata saja ternyata. Dunia maya yang semuanya serba virtual juga bisa membuat seseorang iri hati dan dengki.

    Mudah-mudahan dari para blogger senior tidak memutuskan untuk pensiun dini karena samudera ilmu blogging yang anda miliki bisa bermanfaat bagi para blogger junior.

    Justru maunya mereka yang iri hati dan dengkilah agar para blogger senior mundur agar dunia blogger Indonesia sepi dari bimbingan dan tidak berkembang.

    BalasHapus
  29. Hidup Blogger Indonesia !
    Mudah2an bisa kita temukan jalan keluarnya.

    BalasHapus
  30. saya masih ada kok, di facebook dan multiply (ada review buku-buku bisnis internet lokal di sana) :D Maap ya numpang promosi, hihihi.

    BalasHapus
  31. @ Yudi: Saya gak tahu tuh. Mudah2an balik lagi.
    @ Putra Eka: Tapi juga sebel banget kan? :D
    @ Hakimtea: Masalahnya, masih banyak orang2 yg berkecimpung di blogosphere ini yang tidak terima sama kritik orang. Orang kritik dianggap menyerang dan mau menjatuhkan.
    @ Indungg: Cuma pindah tempat aja koq, Mbak. Kan orangnya masih yang hidup di dunia nyata juga? :))
    @ Amar: Itu PR besar buat mereka2 yg terlibat.
    @ Radith: Anonimitas itu yg disalahgunakan.
    @ Oom: Pendapat Om bener juga sih.
    @ Munawar: Hehehe, Kang Nawar penasaran ya sama ME? :D
    @ Syamsul Alam: Makanya, ayo kita ubah, Bro!
    @ hryh77: Jadi apa juga kalo sudah ngetop bakal lebih berat tantangannya. :D
    @ Taktiku: Sebenarnya berbagi itu indah banget lho. Cuma sayang dikotori oleh orang2 yang tidak suka kalo ada blogger yg terlalu royal berbagi ilmunya.
    @ Ipung: Itu dia masalahnya, Mas.
    @ Hangga Nuarta: Itu nyatanya bisa dan kejadian. :D
    @ Badoer: Itu dia!
    @ Anonim: Bagaimana kalau dibalik, jangan kasih komen kalo gak berani unjukkan identitas. Hayo..! :D
    @ Supermance: Syereeemmm....
    @ Spydeeyk: Mereka tentu punya alasan sendiri, Bro.
    @ hawee: Kalo posting saya yg itu maksudnya gak begitu, Bro. Tema yg mau saya angkat di sana adalah bagaimana kita ngeblog dengan hati tanpa ada keinginan untuk dijadikan seleb.
    @ rio2000: Orangnya juga sama koq.
    @ Ardy Pratama: Lho, koq pulang? Katanya tadi pagi ngadain seminar di AKAKOM?
    @ Masisman: jangan ambil pusing, Mas. Yg penting jalan aja dan jangan pernah merugikan orang lain. Mudah2an lancar.
    @ Rajawali Kecil: speechless saya...
    @ Rully Nugraha: Kalo Indonesia lawan Australia nanti yang menang siapa ya? Hahaha...
    @ Dendy: :D
    @ Sandy: Semuanya sudah ngilang deh.
    @ Teddy: Hmm, mudah2an hal itu bisa cepat terwujud.
    @ Nenad: yeeee, seleb yg satu ini juga koq ikut2an ngilang sih? :D
    @ Ja'far Sodiq: Kalo Bang Zal sih cuma mundur blogging aja. Katanya kalo teman2 mau sharing dan belajar masih dilayani koq lewat YM. Gitu deh.
    @ Monotheorealist: Susah bener nick-nya nih? :D
    @ Cosa: Oya? Wah, kalo gitu bahasanya saya ganti menjadi "sembunyi" bukan "mengundurkan diri". :D

    BalasHapus
  32. ya ampun....kok gitu sih? waduh saya banyak mendapat manfaat dan belajar dari blog2 para blogger senior. dunia maya, terlalu maya dan anonim ternyata dimanfaatkan oleh para pengecut yang tidak berani bersaing sehat. ngeri banget bang...

    BalasHapus
  33. Mulai dari mematikan doFollow sekarang malah out
    :(

    BalasHapus
  34. turut prihatin... thk telah berbagi pengalaman....

    BalasHapus
  35. waduh banyak yang mundur!!!
    padahal saya masih baru dalam dunia blog
    semua ekonurhuda jangan mundur
    dan selalu semangat untuk memberi
    petunjuk untuk blogger pemula seperti saya

    BalasHapus
  36. Saya turut prihatin mas. Bang zal termasuk salah satu blogger yang saya anggap sebagai guru (yang tulus berbagi). Biarlah Tuhan yang membalas mereka yang tidak bertanggung jawab dan berjiwa kerdil. Amiin.

    BalasHapus
  37. wah, yang begini sih engga ada habisnya deh mas..

    aku merasa sangat bertambah wawasan dengan adanya mas zalu, tapi akhirnya sangat aku sayangkan beliau harus mengakhiri semua itu.. aku jadi merasa sepi kalo engga baca dan jangan ampe mas eko juga menghilang dari peredaran ya..

    oh ya, rasanya jadi pengantin baru sih uuuueeennnaaak tenaaaan..

    dan aku bener-bener nyesel nih mas..

    nyesel kenapa engga dari dulu aja gitu...

    he...:))

    BalasHapus
  38. koq gitu yah! padahal saya belum sempat belajar banayk dari bang zal! tahu blognya aja baru sebulanan...koq udah mau mundur! yang penting kita beri dukunagn aja buat bang zal! moga2 bisa mendapat pilihan yang terbaik!

    BalasHapus
  39. Waduh, ternyata dugaan saya salah besar ya..?
    Aku kira mundurnya zal dari blogosphere karena domainnya dah laku dengan harga tinggi kayak jackbook. Ternyata emang ada sesuatu yang serius banget ya??

    BalasHapus
  40. ikut prihatin dan jujur aja gw kaget.. bang cosa yg gw denger di hack tp gw gak nyangka kalo akhirnya mundur.. begitu juga bang zalukhu... :( semoga gak ada lg pakar SEO yg kena oknum jail itu dan ikut mundur juga, amin.. :)

    BalasHapus
  41. Setidaknya berbagi memang tidak selalu indah....semoga kedepannya gak tambah rubes

    BalasHapus
  42. Wah kalau si Zalukhu mah biar aja, guwe gk dapet banyak ilmu juga tuh dari blog die orang.

    Adanya malah ngomong2 gk jelas, maki-maki orang ame ketawa2 (wkwkwk) molo. kurang bawa manfaat untuk guwe.

    Bikin kontroversi biar tenar? Ato gmana?

    Korban pertama == bang Cosa, terus gara2 itu die jadi tenar. Bisa dibilang menurut saya die memanfaatkan Cosa, terus make trik yang sama (kritik pedes2) untuk terus bersinar.

    Kesannye kayak yang ngerasa bersih en bawa manfaat aje. Padahal.. bah.. Bagusan yang dimaki-maki (Cosa) brur!

    Yah itu pendapat pribadi guwe sih. Sorry Zal, gk bisa posting di blog elu karena dah mati blognya. Wkwkwkwk!

    Ngomong2 ttg Cosa, nah itu die contoh blog yg bagus. Ngasih ilmu, konstruktif, edukatif.

    BalasHapus
  43. Wah...benar, saya pas hari imlek dimaki-maki dikomentar oleh seseorang dengan menggunakan identitas sahabatku...

    Padahal...saya ngak kenal orang itu dan aku yakin sata tak punya salah dengan orang itu...

    Tapi biarlah karena saya percaya, Kita berbuat, Langit melihat dan Tuhan akan mencatat.

    Karena saya yakin, setitik air kebaikan dan persahabatan mampu menghapus segunung iri hati.

    BalasHapus
  44. mau gak mau.. kita suatu saat nanti pasti akan menghadapi hal yg serupa.. kesiapan kita dituntut untuk itu.

    BalasHapus
  45. Padahal apa bagusnya ngiri ya?
    kalau dikomenatari / atau dikritik kan baik...
    kecuali emang ngerasa salah taoi mau ngeles..
    hehehe....
    mudah-mudahan semakin hari semakin kondusif deh blogosphere indonesia...
    gak ngerti sama ngiri2an... bikin cape ati...

    BalasHapus
  46. jika para blogger senior saja sudah pada mundur, gemana yg junior. jgn2 takut sebelum jalan. yahh maunya apa ya yg neror itu..?

    BalasHapus
  47. Memamg di indonesia serba susah. Jarang sesama kita bisa terima dengan keberhasilan orang lain. kalo ga minta jatah pasti ada hal negatif lain yang dibuat.
    Kapan majunya kita disini yah...
    :(
    Salam.

    BalasHapus
  48. sangat sulit untuk memberikan komentar. Semoga kegilaan di dunia blogger tidak akan terjadi lagi.
    Turut berduka cita.. :|

    BalasHapus
  49. duh makin bingung aja nih mas.... :(( moga2 aja yang berprilaku seperti itu di jalan yang lurus dan tentram selalu dan buat yang sudah kena seperti bang zal, mas eka, dam mas cosa moga2 tetap tabah :((

    BalasHapus
  50. wah begitulah bang, jd senior, duit banyak, banyak yg iri. kalau sudah spt itu, ditanggapin dengan kepala dingin saja. menyerah bukan satu satunya jalan. jd blogger emang harus santai dan banyak bersabar...

    BalasHapus
  51. wah gimana nih kalo master pada ilang...

    BalasHapus
  52. @ SEMUA: Thanks atas komennya. Maaf,s aya gak sempat balas komen teman-teman satu-satu. Mohon maklum ya...

    BalasHapus
  53. Oh jadi itu toh alasannya zalukhu mundur... ck ck ck itu pasti orang yg iri deh, akhirnya berbuat kotor seperti itu, parah...

    BalasHapus
  54. mEang susah jadi orang baik
    Ada aja yang sirik

    Yang penting Mas EKo Haros Sabar dan terus Berjuang untuk berbagi

    BalasHapus
  55. dicuekin aja mas.. toh dy memang pengecut! ga berani nampangin profilnya. Tu orang2 ga da kerjaan. Anggap orang gila aja mas.. jangan biarkan bloger indonesia mati!!

    BalasHapus
  56. salam kenal mass dari opiksajadeh.blogspot.com
    kalo boleh saya saran mas jangan pantang menyerah deh ..... and kalo boleh kita tukeran link boleh kan masss terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus