Selamat datang di ...

02 Februari 2009

Setelah pada awal tahun lalu mengatakan kalau tidak akan melakukan perubahan kecuali tampilan (layout) blog, seiring waktu berjalan koq saya jadi berubah pikiran ya? :)) Terutama setelah saya magang di SKM Malioboro Ekspres. Dan kelak, kalau jadi, saya juga bakal magang lagi di sebuah harian lokal di Jogja (jadi bakal dobel magangnya). Tapi nama medianya masih rahasia ya.

Nah, perubahan yang saya usung tak akan jauh-jauh dari dunia saya yang sekarang. Maksudnya, dunia saya di alam nyata alias lingkungan offline. Sebagai mahasiswa jurnalistik dan menaruh keinginan besar untuk bisa menjadi seorang jurnalis, saya berpikir untuk mengubah 'haluan' blog ini dari tema-tema make money dan blogging menjadi tema-tema lain yang sedang saya pikirkan. Ada banyak tema yang masih saya pertimbangkan, namun pada ujungnya blog ini akan saya jadikan sebagai sebuah lahan citizen journalism bagi saya.


Apa itu citizen journalism? Pengertian gampangnya, citizen journalism adalah kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa. Jadi, Anda dan saya sebagai masyarakat biasa dapat berperan sebagai jurnalis yang melaporkan berbagai peristiwa di sekitar kita kepada siapa saja. Berkaitan dengan rencana saya, maka saya akan bertindak sebagai seorang citizen journalist (jurnalis warga) yang akan melaporkan berbagai peristiwa dan kejadian di sekitar saya tinggal, dan umumnya kota Jogja. Tentu tak cuma laporan saja. Sebagai blogger saya juga akan memberikan semacam analisis dan komentar atas peristiwa yang saya laporkan.

Kenapa saya berpikiran begitu? Alasan pertama dan terutama tentu saja agar ada keselarasan antara kegiatan saya di dunia offline (sebagai mahasiswa jurnalistik yang magang di sebuah media cetak) dengan aktivitas saya di dunia maya (sebagai blogger yang harus senantiasa meng-update blog). Saya tidak mau kehilangan kesempatan untuk mencari pengalaman di lapangan praktis dunia jurnalistik, tapi saya juga tidak mau menelantarkan blog yang sudah memberi 1 unit komputer, 1 modem, 1 sepeda motor, tambahan uang jajan yang cukup, dan segudang teman pada saya ini. So, saya rasa jalan tengah inilah yang harus saya ambil agar keduanya bisa berjalan beriringan.

Btw, ini masih rencana kasar koq. Artinya masih bisa berubah-ubah dan belum final. Untuk itu saya minta saran dan masukan dari teman-teman mengenai hal ini. Saya akan mengambil keputusan setelah membaca saran dan masukan teman-teman di kolom komentar. Kalau dipikir-pikir sebenarnya aneh ya? Mau berubah koq pake minta saran segala. Tapi itulah saya. Hahaha...


« Selanjutnya
Sebelumnya »

47 komentar:

  1. Sepertinya itu memang jalan yang baik Mas, dilihat dari rasa suka Mas dengan tema yang akan diusung blog ini.

    BalasHapus
  2. Sip mas, saya dukung aja selama itu baik buat mas dan pengunjung blog ini :D

    BalasHapus
  3. sarannya apa ya... hmmm... tp pada dasarnya saya setuju dengan rencana mas Eko dengan mengubah haluan blog ini, karena memang pada dasarnya juga (lagi) blog memang mempunyai haluan sebagai citizen journalism. Mungkin bukan mengubah tp menempatkan kembali porsi blog pada tempatnya. Well, saya sendiri masih bingung antara citizen journalism dan niche yang umum diusung para blogger, tapi toh tidak harus skeptis dan "hanya" pada satu pembahasan, mungkin bisa diberi balance antara tips blogging make money online dengan niche sebagai citizen journalism... dan lagi-lagi semua tentu saja dikembalikan pada mas Ecko sendiri sebagai pemilik blog :)

    Apapun rencananya mas, semoga senantiasa sukses...

    Btw, blog ini udah bener2 mantabs ya hasilnya, saya sendiri alhamdulillah baru kelar laptop aja mas :D

    BalasHapus
  4. Tapi mas eko ini bukan korban iklan apa itu " perubahan itu perlu " iklan jarum blek yach,..
    Saya rasa Mas Eko mampu Berubah ke arah yg lebih,..Yack,..kuncinya itu asal mas eko Mampu...
    salam n sukses

    BalasHapus
  5. Seperti kata iklan 'ngebloglah dengan taste'

    BalasHapus
  6. sya stju bnget ma pndapat kang hakimtea... Klo mmang bsa dseimbgkan antra tpik ctizen journalism dan jga tips make money online...

    Tpi kmbli lgi smw ke mas ecko... Sya ykin appun yg mas ecko brikan sngt brmnfaat bgi shbat2 yg brknjung ke blog ini :)

    BalasHapus
  7. Saran saya lebih baik berubah ke jurnalistik, biar ada hal - hal seru yang bisa dibagi dan dipelajari.... :)

    BalasHapus
  8. Saya dukung deh mas. Niat yang cukup bagus tuh. Mengenai gaya ulasannya, tentu saja harus ada perpaduan antara news dan opini. Lain halnya kalo tujuan karir mas Eko sebatas wartawan yang tugasnya cuma mewartakan sesuatu (dengan kaidah 5W) :)

    Kalo mau lebih ke tipe kolumnis, maka mau tak mau kudu lebih banyak menyisipkan argumen, analisis, maupun jenis artikel ilmiah lainnya..cieeeee (sok jurnalis banget ya saya).

    Mengenai tema yang bakal diangkat, terserah mas aja deh. Yang penting tetap punya nilai manfaat bagi pembacanya.

    Oya mas, sedikit menyimpang nih dari topik. Gimana ya caranya biar emoticon bisa muncul di komentar? Saya udah pasang kode-kode emoticon di blogspot saya. Tapi ketika komentator menuliskan kode emoticonnya di kotak komentar, kok malahgak muncul ya setelah disubmite? Yang muncul malah kode manual-nya.

    Mohon tutorialnya ya mas. Kalo bisa ditulis lewat postingan khusus :-) Please. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  9. Saya dukung deh niat mas, smoga dgn hal itu, mas bisa lebih mandiri dalam dunia jurnalist maya (smoga saya juga bgitu) amien....

    Salam kenal yah mas!

    BalasHapus
  10. bikin satu blog lagi aja mas? atau kalau mau nulisnya di blog ini juga gapapa.. kayak blog ku kan isinya campur aduk :D

    BalasHapus
  11. wew.. sepertinya tema barunya keren tuh mas.. tapi saran saya mendingan bikin blog baru aja pake tema tersebut.. jadi blog ini ga ganti tema he..he..

    BalasHapus
  12. jalani aja aktivitas baru yang mas Eko tekuni, lalu tulis hal-hal yang sekiranya menarik mengenai aktivitas tersebut di blog baru.

    Lalu promonya pake blog ini.

    cuma usul mas :D

    BalasHapus
  13. oow bidang jurnalis to mas eko
    saya kerja di media juga mas, tpi bagian layout/design. lam kenal mas dari surabaya

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaykum mas...
    apa kabar ?

    'afwan...kalau boleh sedikit sumbang saran, menurut saya apapun yang menurut mas Eko baik dan mas Eko merasa nyaman karenanya, itulah jalan yang terbaik (tema yang diusung).

    ^_^

    BalasHapus
  15. Menurut saya, template seperti ini "agak" kurang pas buat Mas Eko.
    Karena saya baca, Mas Eko punya latar belakang jurnalis, bagaimana kalau saya sarankan menggunakan tempalte magazine atau news,
    jadi lebih menggambarkan "unjuk gigi" gitu mas. Itu cuma saran saya lho...........

    BalasHapus
  16. Pendapat Yudi (no.12) OK juga tuhh atau buat subdomain yang mengulas kegiatan OFFLINE Mas Eko yang baru di jurnalisme - semoga sukses :)

    BalasHapus
  17. blog ku beda beda mas krn emang beda konten beda segmen beda tujuan beda sasaran


    jadi menurut sayah, tetapkan sasaran dan tujuanmu
    buat aja blog lagi mas, kan bisa promo promo juga, saling link me link begituh jadi ndak perlu dikurbanin
    memang sih butuh kerja lebih tapi...no pain no gain

    BalasHapus
  18. Bagus tuh, Bang..
    ;)
    Jadi, ada pengalaman praktis yg bisa diambil dari jurusan Abang sekarang ini, dan bisa di-eksplor lagi melalui dunia blog.

    Sukses yo!

    *Keknya kalo' ntar berubah ke juranlistik, makin sering ke sini nih aku. Wkekekeke..

    BalasHapus
  19. saya hanya bisa memberikan doa dan semangat mas, jangan menyerah yah mas eko, sukses untuk kegiatan offline dan online nya :)

    BalasHapus
  20. Selamat ya mas. Bisa mendapatkan sarana aktualisasi diri di dunia nyata yang sesuai dengan kemampuan akademik mas Ecko pasti menyenangkan :D

    Untuk perubahannya, sebagai wartawan, saya rasa yang penting untuk dibagi di sini adalah sebuah pandangan yang jernih dan luas tentang kehidupan di sekitar kita, yang aktual dengan contoh nyata, disertai analisis yang membuat pembacanya terpacu untuk maju.

    Karena sudah banyak blog yang sekedar jadi 'pengeluh'di blogosphere, akan menyenangkan bila ada blog pemacu semangat yang aktual kontennya :D

    BalasHapus
  21. gud luck ajah deh,. mav ga bisa bantu.. salam kenal...

    BalasHapus
  22. Mending buat blog baru aja ko, atau post gado-gado juga gak malasah. toh gak ada bayaran dan larangan juga untuk menulis hehehe jadi expresikan aja semuanya :)

    BalasHapus
  23. Ide yang menarik, mas Ecko. menghadirkan reportasi dunia nyata, dituangkan ke dalam dunia maya yang akses dan spread informasinya luar biasa.
    istri saya suka baca di blog ini: rumah tulisan. utk pembanding saja.

    BalasHapus
  24. dari citizen journalisme ke jurnalisme mainstream akan terasa bedanya..., yang pasti akan saling melengkapi; jangan menulis di media seperti menulis di blog; blog masih terbats, sementara koran/media mainstream akan dibaca orang satu RT di slueurh jaungkauan media tersebut; boleh berubah asal jangan "PAMITAN" :)

    BalasHapus
  25. GREAT. Mas Eko, magang di dua tempat tampaknya kudu bisa bagi waktu lebih keras lagi ya.. :)

    Masalah perubajan "tema" blog ini kalo menurut saya sih setuju2 ajah..Tapi gimana kalo tetep diselingi dengan "make money online" terutama paid reviewnya mas..

    hehe,

    jadi campur aduk dech.. anyway, sukses terus buat mas eko.. :)

    BalasHapus
  26. Emang ada yang tertarik dengan tema seperti itu gak?
    Karena biasanya yang dicari orang di internet ya gimana dapetin uang dengan mudah dan cepet

    BalasHapus
  27. postingannya di campur2 juga gak papa koq mas. tapi sepertinya pake blog baru juga lebih tepat rasanya. jadi yang mana satu ya...? rasanya blog baru dengan tema yang berbeda sih saya rasa lebih tepat.

    BalasHapus
  28. hem... rubah haluan ya.... silahkan mas... tapi sesekali posting juga tentang make money ya :D

    BalasHapus
  29. baru aja kenal malah suruh kasih saran :S

    BalasHapus
  30. berubah ubtuk kebaikan, baik offline dan online memegang prisip jurnalisitik bagai garda terdepan menyuarakan kebenaran. kalau ada apa apa saya bantu doa deh hii hii hii

    BalasHapus
  31. hubungi saya saja pasti beres =))

    BalasHapus
  32. Menurut sy, yg terbaik adalah : ikuti kata hati Anda. Bahasa korea-nya "Follow Your Heart"

    BalasHapus
  33. berubah ??? :-/
    Pasti ga da kaitannya dengan di undangnya mas eko ke palntikan barrack obama kemaren kan ??
    Change we need.. :D

    BalasHapus
  34. waduw mau berubah,kenapa yah mas..

    waduw ikutin kata hati ja deh mas.

    BalasHapus
  35. saya setuju mas kalo blog ini dijadiin citizen journalism blog, tapi...ada tapinya loh.. :D tetep msti ada tips cari dollarnya mas..yah rasionya 3:1 lah

    BalasHapus
  36. Citizen juournalism cukup menarik, dan dapat diprkatekkan buat blogger dengan baik kayaknya.

    Kalau mau jadi Citizen juournalism peralatan pernagnya apa aja nih bos....

    BalasHapus
  37. mas seimbangkan saja...
    perasaan banyak jg blog yang citizen journalist seperti yang mas bilang ada make money juga...

    kek pake chanel-chanel getho... tp ini cmn saran dari newbie loh mas dipertimbangkan gak papa, diacuhkan jangan ;;)

    BalasHapus
  38. @ SEMUANYA: Thanks atas sarannya, Bros and Sis. Saya sedang pertimbangkan nih. Tapi yang jelas, saya sama sekali tidak berniat pamitan dari blogosphere. I love blogging very much! :D

    BalasHapus
  39. Just Move On mas eko.
    kalo masalah pemisahan atau penggabungan tema sih terserah. mas pasti udah ahli masalah begituan.. he2x

    BalasHapus
  40. sipp mas.. yg terpenting adl enjoy dlm menjalaninya :) tetap sukses mas.. amin

    BalasHapus
  41. semuanya kembali kepada mas Eco sendiri...yg penting kita bisa menikmati...emang tidak semuanya karena uang tapi segala nya perlu uang mas...keep spirit mas...

    BalasHapus
  42. Lah berubah kaya Satria Baja Hitam baen... huehehee. Wis madhang rung kang, nyong ajari nulis bukulah. Pengin gawe buku desain koh.

    BalasHapus
  43. tak dukung sepenuhnya mas, tetep maju

    BalasHapus
  44. @ SEMUA: Wah, setelah membaca saranm teman-teman saya koq malah jadi bingung nih. :D Ya udah, yang penting saya ngeblog, update, dan sebisa mungkin tetap blogwalking. Oke? :D

    Thanks, Bros and Sis...

    BalasHapus
  45. Menurut saya itu kurang baik bagi para pengikut blog yang lama. Sebab mungkin ratusan atau muungkin ribuan noobie2 yang masih sangat ingin tau cara cari duit lewat blog.. dan saya salah satunya hehehe...
    Saya memahami kecintaan sampean kepada jurnalistik..tapi jika konten blog ini jadi mix itu kurang baik bagi pengikit blog ini..
    Saran saya adalah sampean mempromosikan situs jurnalistik anda lewat blog ini.. , sebab mungkin masih banyak produk2 atau tip2 money blogging yang perlu dimuat..
    dan orang di dunia maya ini masih bertanya2 dan dalam proses untuk bikin blog and dapat duit..
    Tapi ini hanya saran semata... selanjut nya terserah anda..
    trimss

    BalasHapus