Selamat datang di ...

14 September 2008

Ada banyak cara untuk mencari backlink. Dulu saya pernah memaparkan cara mudah memperoleh backlink, yaitu dengan berkomentar di blog yang menganut dofollow (seperti blog ini). Tentu saja yang dimaksud adalah komentar yang sebenar-benarnya, yaitu komentar yang menanggapi isi posting. Komentar seperti “pertamax”, “keduax”, dsb. boleh-boleh saja. Tapi harus diingat bahwa tidak semua pemilik blog menyukai komentar-komentar singkat seperti itu.

Nah, cara lain mengumpulkan backlink adalah dengan menulis di situs article directory. Maksudnya menulis artikel? Ya, benar sekali! Namanya saja sudah article directory alias direktori artikel, tentu saja yang harus ditulis adalah artikel. Dalam bahasa Inggris? Tidak harus sih, tapi amat sangat disarankan sekali. Hehehe… Btw, bagaimana caranya koq kita bisa memperoleh backlink dari situs article directory?


Begini. Biasanya setiap situs article directory menyediakan resource box yang boleh diisi dengan penjelasan singkat mengenai diri kita plus beberapa link. Karena tujuan kita mencari backlink untuk blog, maka isikan saja link blog kita. Nah, dari link yang diisikan di resource box inilah backlink didapat. Asyiknya lagi, kita bisa menggunakan anchor text apa saja yang kita inginkan.

Patut dicatat juga bahwa beberapa situs article directory top memiliki peringkat (pagerank) tinggi. Demikian juga dengan popularitas dan trafiknya. Menempatkan link Anda di sana tentu saja akan sangat berpengaruh pada popularitas link tersebut. Sekaligus juga sangat mempengaruhi kecepatan sebuah blog untuk terindex oleh mesin pencari seperti Google. Koq bisa?

Setiap saat kan pasti ada yang men-submit artikel baru di situs article directory. Hal ini membuat situs tersebut jadi ter-update. Karena itu crawler Google akan lebih sering datang dan mengindex situs-situs article directory. Link yang Anda pasang di resource box artikel tentu saja ikut terjaring. Inilah yang membuat blog Anda lebih cepat di-index oleh mesin pencari seperti Google. Beberapa ahli SEO bahkan mengatakan bahwa cara ini membuat blog Anda terindex jauh lebih cepat dibandingkan dengan men-submit sendiri alamat blog ke Google.

Selain itu, tujuan dari situs article directory adalah menyediakan konten gratis bagi webmaster. Semua artikel di situs article directory bebas dipublikasikan kembali oleh siapapun dengan satu syarat: tidak mengubah isi dalam resource box. Bila artikel Anda dipublikasikan ulang oleh situs lain, maka Anda akan memperoleh backlink tambahan. Semakin bagus artikel yang Anda tulis, semakin besar kemungkinan bagi artikel tersebut untuk dipublikasikan ulang oleh banyak situs lain. Itu berarti semakin besar kemungkinan Anda untuk memperoleh banyak backlink. Asyik kan?

Jadi tertarik menulis di article directory? Saya tahu Anda pasti tertarik mencobanya. Karena itu di posting mendatang kita akan membahas tentang langkah-langkah menulis di situs article directory plus situs-situs article directory yang paling disarankan. Tunggu ya…


« Selanjutnya
Sebelumnya »

49 komentar:

  1. Boleh juga tuh tips tipsnya. Di tunggu yah.. posting selanjutnya :)

    BalasHapus
  2. bener mas eko... lg trend pake pertamax, bahkan blogger jg ikutan hehe...

    blog saya blum pake do follow nih. tar deh saya ganti. thx infonya mas, very bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. Beugh tukar baju lagi yach? dasar hahahaha

    BalasHapus
  4. Sip, makasih boss

    BalasHapus
  5. emang kalo submit artikel directory menambah backlink en blog bisa terkenal :D tapi yach itu spt ezine hrs pake inggris

    BalasHapus
  6. Mas, ganti kulit lg yah, hehe
    Ditunggu lanjutannya mas eko.

    BalasHapus
  7. wah mas ecko nie rajin banget ganti2 baju.. :D tapi yang ini lebih adem

    BalasHapus
  8. wah saya masih belom ngerti kalo maslah nulis artikel gitu..

    BalasHapus
  9. saya juga tukang copas dari article directory :D

    BalasHapus
  10. Kesepuluhxxxxx...;;)
    Situs article directory itu yang kayak gimana sih? Maaf newbie berat nih... :)

    BalasHapus
  11. Siip, terima kasih atas informasinya. sabar menunggu2 posting berikutnya ttg hal di atas. ;)

    BalasHapus
  12. Kalau boleh usul lebih enak pakai software directory submitter daripada artikel directory... khan sama sama dapat backlink :((
    Memang sih pagerank artikel direktori tinggi tingi.. tapi belum tentu lho pagerank webpage dan halamannya sama dengan domain induknya.. ;;) , selain itu tiap hari ada email marketing yang masuk karenanya, bingung cara unsubcribenya,,.. :)

    Maaf lho mas saya belajar berkomentar yang menanggapi isi posting seperti kata mas...

    Terima kasih..

    BalasHapus
  13. Mau belajar lebih banyak nich dengan om.. :D

    BalasHapus
  14. Bisa kasih info situs2 article directory, bro

    BalasHapus
  15. pernah sih submit2 artikel kaya gitu, tetapi lama kelamaan jadi males nih, alias capek mungkin yah :P

    BalasHapus
  16. seep bang infonya berguna nian neh, btw mohon maaf yang sebesarnya lom bisa nulis karena ga tau mo nulis apa buat blog abang ini.... hehehe moga2 beberapa hari kedepan dapat ilham. Amin

    BalasHapus
  17. @ Andi Rich: Sudah muncul kan artikel lanjutannya? :D
    @ Bocah Iseng: Mantap apanya? :))
    @ Darkpucino: Cepetan diganti deh jadi dofollow. Biar pada seneng yg kasih komen karena dibawain oleh2 backlink. :D
    @ Zalukhu: :))
    @ Taktiku: Sama-sama...
    @ Mecozz: Emang iya sih. Tapi ini cuma masalah kebiasaan aja koq. :D
    @ Shugoshin: Iya, maksudnya sih biar enteng loadingnya. :D
    @ Putra Banjar: Iya, saya juga merasa lebih sreg dengan yg sekarang.
    @ Malapu: Yg p[enting kan bisa ngasilin duit. :))
    @ Jimmy: ???
    @ Ratna: Jawabannya ada di artikel selanjutnya. :D
    @ Adeska: :D
    @ Anton: Oh, gitu ya Mas? Kalo saya sih imel privat sama imel publik beda sih, jadi gak soal mo banyak penawaran. Tapi saya koq gak pernah terima imel kaya gitu ya semenjak submit artikel ke beberapa situs article directory? Mungkin situs2 tertentu saja ya Mas?
    @ Wahana: Wah, saya juga masih belajar nih.
    @ Anthony Harman: Tuh, di artikel selanjutnya.
    @ HRXOne: Konsisten itu memang berat, Bro.
    @ Paman Gober: It's oke, bawa santai bae. :D

    BalasHapus
  18. Mas tapi saya sudah mengikuti beberapa cara mendapat backlink misalnya ya komentar di ekonurhuda, kok backlink dari ekonurhuda nya tidak masuk2 ke google yah?
    Sekedar info mas, belum apa2 mas eko sudah dapet backlink tuh dari saya 3 biji, silahkan cek blog saya ada review untuk mas eko

    BalasHapus
  19. di ezine articles kayaknya susah banget, direject terus. kalo tempat lain mendinganlah, ga galak2 amat :D

    BalasHapus
  20. ya mas, mas minta tolong dong kasih saran cara unsubcribe email, dulu saya menggunakan ezineartikel. terima kasih.. :|

    BalasHapus
  21. @ Repition: Yg sabar ya? Soalnya Google juga butuh waktu untuk mengindex halaman blog kita. Tidak hanya butuh waktu semalam dua malam. Terkadang sampai berbulan-bulan baru diindex, tapi ada juga yg hanya beberapa minggu. So, berusaha lebih keras lagi ya? Dan yg paling penting: SABAR.
    @ Yudi: Iya sih. :D
    @ Cerita: Aduh, saya kurang paham kalau masalah itu. Soalnya saya gak pernah terima email SPAM gara-gara mendaftar di EzineArticles tuh. Maaf ya... :D

    BalasHapus
  22. Info yang menarik mas ... perlu dicoba nich

    BalasHapus
  23. bro.. aq mau xlink web mu... link kmbali ya..

    BalasHapus
  24. @ Favorite: Silakan dicoba. Hasilnya maknyus lho. :))
    @ Debrian: Thanks, Bro. Btw, dengan berkomentar ini aja sudah dapet backlink koq. :D Tapi tetap akan saya link deh, coba cek di halaman LinkLove ya. :D

    BalasHapus
  25. Nah ini dia yang dicari, selama ini ngejar2 backlink dari article directory, tapi ora mudeng nih how it work, thank you infox, lanjut ke bacaan selanjutnya...

    BalasHapus
  26. mas, tp sy pernah jg post artikel dr ezinearticles, sy cuma copy full tanpa anchor text ke alamat situs penulis (tp alamat situsnya tetap tertulis walau tdk ngelink) apa ini salah? kan kebnyakan orang ngopy kyk gitu kan? gk pake link kan? kan jd gak dpt link yg punya artikel itu dr blog saya. gmana nih?
    trus copy content dr direktori apa tdk trmasuk duplicate cntent yg bkin blog jeblog peringkat n pagerank jongkok? mohon dijawab ya, thanks..

    BalasHapus
  27. oom tolong kasih alamat artikel direktorinya donk, terutama yang lokal....ntar kasih tau di blog saya ya oom...

    thanks

    BalasHapus
  28. ah yaa... punya dua email ato lebih sepertinya perlu biar ga kena spamm yaa

    BalasHapus
  29. tips yang bagus...cuma belum berani untuk menulis. Belum PD dgn bhs inggrisnya :D

    BalasHapus
  30. :((
    Susahnya nyari backlink...

    BalasHapus
  31. @ Dadan: :D Met baca, thanks sudah mau mampir.
    @ Woody Green: Setahu saya kalo kontennya kopi paste emang jadi duplicate content karena kemungkinan besar artikel tsb juga dikopi pengakses lain, so kontennya jadi gak unik. Sepanjang pengetahuan saya ya jelas pengaruh sama PR. :D
    @ Badot: Kan tinggal baca posting selanjutnya? Ada koq di situ.
    @ Villain: Saya malah punya beberapa. :D
    @ SilverF0x: Pake teknik rewrite aja, Bro.
    @ Bendol: Susah-susah gampang sih. Karena susahnya ada 2, jadi ya lebih banyak susahnya. :))

    BalasHapus
  32. bagus sih tapi kadang-kadang bingungnya itu mo nulis apaan secara blog directory itu kan pasti udah pada punya nama semua dan pastinya tulisan kita akan diseleksi dulu baru bisa diapproved.iya ga sih om?

    BalasHapus
  33. saya coba berkomentar di blog anda, syukur2 bisa dapat backlink bang :)

    BalasHapus
  34. Thanx infonya bos, aq juga dah submit article di qassia dan ezinearticles, ngomong-omong bisa kasih tahu lagi gak article directory yang punya PR tinggi.

    BalasHapus
  35. Mantep mas artikelnya. seri tata cara menulis di artikel direktori sudah dimuat belum ya? dinantikan nih untuk ikutan nulis.

    BalasHapus
  36. Mas, dimuat donk peringkat the best artcle directories yg ada ,ya berdasarkan alexa atau PR..terus mau nanya,daftar in artikel kita pakai software article submitter itu gimana menurut mas?sha -sah aja?

    BalasHapus
  37. Bener juga ... , tapi kalau kita posting di forum, terus meninggalkan link kita, apa itu juga akan menghasilkan backlink juga gak ya !!

    BalasHapus
  38. ditunggu refrensi URL article directorynya mas...

    BalasHapus
  39. Sip. LAngsung praktek...

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. mas saya mau nanya kalo kita submit artikel yang sama ke ribuan artikel direktory, disebut duplicate content ga sama google? soalnya masih bingung nih. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  42. wah article yang sangat menarik untuk di baca
    komplit banget tips2nya,mungkin denga cara ini lah qt bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat..
    jadi semakin suka baca2 artikle untuk menambah wawasan.makasih mas utnuk tips dan informasinya

    BalasHapus
  43. wah infonya mantap banget bro, btw saya juga punya sedikit daftar article submission. lumayan rata2 berpagerank

    BalasHapus
  44. mas, dari mana kita bisa tahu bahwa suatu blog itu dofollow atau tidak?? mohon pencerahannya....

    BalasHapus
  45. sampai saat ini saya belum bisa di approve oleh blogcatalog. bagaimana caranya agar blog kita diterima oleh blogcatalog? apa saja syaratnya ya?
    terimakasih

    BalasHapus