Ada banyak cara untuk mencari backlink. Dulu saya pernah memaparkan cara mudah memperoleh backlink, yaitu dengan berkomentar di blog yang menganut dofollow (seperti blog ini). Tentu saja yang dimaksud adalah komentar yang sebenar-benarnya, yaitu komentar yang menanggapi isi posting. Komentar seperti “pertamax”, “keduax”, dsb. boleh-boleh saja. Tapi harus diingat bahwa tidak semua pemilik blog menyukai komentar-komentar singkat seperti itu.

Nah, cara lain mengumpulkan backlink adalah dengan menulis di situs article directory. Maksudnya menulis artikel? Ya, benar sekali! Namanya saja sudah article directory alias direktori artikel, tentu saja yang harus ditulis adalah artikel. Dalam bahasa Inggris? Tidak harus sih, tapi amat sangat disarankan sekali. Hehehe… Btw, bagaimana caranya koq kita bisa memperoleh backlink dari situs article directory?

Begini. Biasanya setiap situs article directory menyediakan resource box yang boleh diisi dengan penjelasan singkat mengenai diri kita plus beberapa link. Karena tujuan kita mencari backlink untuk blog, maka isikan saja link blog kita. Nah, dari link yang diisikan di resource box inilah backlink didapat. Asyiknya lagi, kita bisa menggunakan anchor text apa saja yang kita inginkan.

Patut dicatat juga bahwa beberapa situs article directory top memiliki peringkat (pagerank) tinggi. Demikian juga dengan popularitas dan trafiknya. Menempatkan link Anda di sana tentu saja akan sangat berpengaruh pada popularitas link tersebut. Sekaligus juga sangat mempengaruhi kecepatan sebuah blog untuk terindex oleh mesin pencari seperti Google. Koq bisa?

Setiap saat kan pasti ada yang men-submit artikel baru di situs article directory. Hal ini membuat situs tersebut jadi ter-update. Karena itu crawler Google akan lebih sering datang dan mengindex situs-situs article directory. Link yang Anda pasang di resource box artikel tentu saja ikut terjaring. Inilah yang membuat blog Anda lebih cepat di-index oleh mesin pencari seperti Google. Beberapa ahli SEO bahkan mengatakan bahwa cara ini membuat blog Anda terindex jauh lebih cepat dibandingkan dengan men-submit sendiri alamat blog ke Google.

Selain itu, tujuan dari situs article directory adalah menyediakan konten gratis bagi webmaster. Semua artikel di situs article directory bebas dipublikasikan kembali oleh siapapun dengan satu syarat: tidak mengubah isi dalam resource box. Bila artikel Anda dipublikasikan ulang oleh situs lain, maka Anda akan memperoleh backlink tambahan. Semakin bagus artikel yang Anda tulis, semakin besar kemungkinan bagi artikel tersebut untuk dipublikasikan ulang oleh banyak situs lain. Itu berarti semakin besar kemungkinan Anda untuk memperoleh banyak backlink. Asyik kan?

Jadi tertarik menulis di article directory? Saya tahu Anda pasti tertarik mencobanya. Karena itu di posting mendatang kita akan membahas tentang langkah-langkah menulis di situs article directory plus situs-situs article directory yang paling disarankan. Tunggu ya…