Masih banyak blogger pemegang account PayPal yang belum bisa melakukan verifikasi. Persoalannya rata-rata sama, mereka tidak mau membuat kartu kredit dengan berbagai alasan. Tapi mereka juga tidak mau account PayPal-nya terus-terusan unverified. Apa solusinya? Ada dua pilihan yang dapat diambil kalau tidak mau membuat kartu kredit. Pertama menggunakan kartu debit Payoneer, dan kedua menggunakan kartu kredit virtual alias virtual credit card (VCC).

Dulu sempat beredar isu bahwa melakukan verifikasi PayPal dengan Payoneer sangat mudah. Cukup pesan kartunya, terus setelah kartu itu datang dapat langsung digunakan untuk melakukan verifikasi. Nyatanya? Bohong besar! Saya tidak tahu dari mana informasi menyesatkan ini pertama kali muncul, namun beberapa blogger ternama yang dikenal sebagai jagonya paid review sempat memposting informasi menyesatkan ini. Atau jangan-jangan Anda salah satu di antara blogger yang saya maksud? Peace…

Sedikit tentang kartu debit Payoneer pernah saya bahas sebelumnya, termasuk juga biaya-biayanya yang bagi saya cukup tinggi. Kalau Anda baru mulai mendapat penghasilan yang jumlahnya tidak seberapa dan belum stabil, saya sangat tidak menyarankan penggunaan kartu ini. Bayangkan saja, pertama-tama Anda harus membayar $10 kurang sedikit untuk mengaktifkan kartu. Lalu setiap bulan uang Anda akan dipotong lagi sebesar $3 untuk biaya administrasi. Anda bilang sedikit? Coba hitung lagi!

$3 sebulan sama dengan $36 setahun. Dikalikan kurs paling rendah sebesar Rp 9000 saja angka itu setara dengan Rp 324.000. Kalau mau dikalikan dengan kurs saat ini jelas bakal jadi lebih mahal lagi. Bandingkan dengan iuran tahunan kartu kredit yang paling mahal hanya sekitar Rp 150.000/tahun (untuk jenis silver atau yang limitnya paling rendah). Belum lagi biaya transaksi penarikan tunai di ATM berlogo MasterCard yang juga lumayan tinggi. $2.15/transaksi kalau sukses, dan $0.90/transaksi kalau gagal. Wow!

Bagaimana dengan VCC? Saya rasa ini adalah solusi paling masuk akal untuk mem-verifikasi account PayPal Anda. Kenapa? Meskipun hanya kartu virtual, namun Anda dapat menggunakannya seperti kartu kredit lain. Cara kerjanya cukup simpel. Pertama-tama Anda beli dulu VCC pada penjualnya (seperti Paman Gober). Namanya saja kartu virtual, jangan harap Anda akan memperoleh sebuah kartu plastik seperti kartu kredit pada umumnya. Penjual VCC hanya akan memberikan informasi berupa 16 digit angka yang merupakan nomor kartu, jenis kartu (Visa atau MasterCard), 3 digit nomor, dan tanggal kadaluarsa kartu. Semua informasi inilah yang harus Anda masukkan saat melakukan verifikasi di PayPal.

Biayanya? Jauh lebih murah dibanding kartu debit Payoneer maupun kartu kredit, karena Anda hanya mengeluarkan uang untuk membeli VCC-nya saja. Setelah itu tidak ada lagi biaya-biaya lain. Berapa harganya? Tergantung di mana Anda membelinya. Kalau Anda membelinya dari Paman Gober aka Putra Eka, maka biaya yang mesti Anda keluarkan cukup $6.5/VCC. Berhubung Paman Gober yang ini tidak pelit, Anda juga berkesempatan memperoleh banyak hadiah seperti uang $20, domain .com gratis, domain PR2 gratis hosting gratis, spot iklan gratis di blognya, dan masih banyak lagi. Koq bisa? Bisa saja, asal Anda menang dalam kontes review yang sedang diadakannya. Hehehe, maksa banget gak sih posting satu ini?