Sebagai pemilik akun PayPal, saya tahu kalau PayPal menyediakan 3 jenis akun: Personal, Premier, dan Business. Tapi, jujur saja, pada waktu pertama kali mendaftar dulu saya tidak paham apa perbedaan antara ketiga jenis akun tersebut. Saat membuat akun PayPal, saya memilih akun Personal karena mengikuti saran beberapa master, di antaranya tentu saja termasuk Mas Cosa Aranda.

Beberapa bulan kemudian saya memutuskan untuk meng-upgrade akun PayPal menjadi Premier. Alasan saya meng-upgrade akun pada waktu itu semata-mata karena ingin tahu perbedaan antara akun Personal dan Premier. Gak penting banget kan? Hehehe… Akibatnya, ketika beberapa kali dikenai potongan saat menerima pembayaran saya jadi bingung. Koq uang saya dipotong? Apalagi potongannya lumayan besar bila dibandingkan dengan nominal uang yang saya terima.

Contohnya waktu saya menerima pembayaran space iklan di sidebar blog ini. Pemasang iklan membayar $9, namun nominal bersih yang saya terima hanyalah $8,39 karena ada potongan sebesar $0,61. Lalu ketika ada pemasang iklan yang mentransfer sebanyak $12, saya hanya menerima $11,29 karena dikenai potongan sebesar $0,71. Sialnya lagi, meskipun yang diterima kecil potongannya juga tetap ada. Saya pernah mengalami hal ini saat menerima transferan sebesar $3. Potongannya $0,40 sehingga saya hanya menerima bersih sebanyak $2,60.

Anda boleh bilang nilai potongan itu kecil, tapi lama-lama kan bisa menjadi bukit juga? Bayangkan kalau setiap hari Anda menerima kiriman uang, saya yakin total jumlah potongannya dalam sebulan cukup untuk membeli 2-3 domain PR3. Lumayan juga kan?

Nah, kembali ke pertanyaan tadi, kenapa koq uang saya dipotong pada saat menerima pembayaran lewat PayPal? Setelah googling dan membaca di sana-sini, termasuk juga mengulik aturan main di PayPal, saya baru mengerti kalau inilah konsekuensi dari upgrade akun yang saya lakukan dulu. Jadi, sebagai pemilik akun Premier saya akan dikenai potongan setiap menerima pembayaran. Berbeda dengan pemegang akun Personal yang tidak dikenai biaya sesenpun saat menerima dana dari manapun juga.

Menyesal? Sempat juga sih timbul rasa menyesal karena sudah meng-upgrade ke akun Premier. Tapi berhubung tidak mungkin balik lagi ke akun Personal, ya dinikmati sajalah! Toh, masing-masing akun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang jelas, kalau memang ingin serius berburu dolar di internet, memiliki akun Premier di PayPal adalah sebuah keharusan. Anda tanya kenapa? Kita bahas lebih detil di posting selanjutnya saja ya? Soalnya kalau mau dibahas sekarang juga bakalan panjang sekali posting ini. Setuju..?

Semoga bermanfaat.