Sejak pertama kali melontarkan usulan guest blogging bulan Maret lalu, akhirnya ada juga yang merespon tawaran tersebut. Mulanya sama sekali tidak ada yang merespon. Padahal waktu itu blog ini masih menyandang PR 4. Itulah sebabnya saya kembali mengangkat tema guest blogging di bulan Juli. Responnya lumayan. Paling tidak jumlah komentarnya lebih banyak dari pada psotingan pertama. Hehehe...

Respon pertama saya dapat dari Asri Tadda, blogger sekaligus dokter muda asal Makassar yang juga pemilik AstaQauliyah.com. Suatu saat ia mengontak saya via HP dan mengatakan tertarik untuk melakukan guest blogging dengan saya. Sayangnya respon saya lambat. Artikel yang saya janjikan ke Asri Tadda baru bisa diberikan bulan ini, alias sudah beberapa bulan semenjak pertama kali saya berjanji. Huh, dasar! :)) Eh, untungnya Asri Tadda mau mengerti dan mempublikasikan artikel saya di AstaQauliyah.com. Jadi malu nih saya...

Kemudian di awal puasa saudara saya dari Jambi (idih, ngaku-ngaku saudara segala), Bang Putra Eka, tanpa saya duga-duga juga berkirim SMS dan meminta kesediaan saya untuk menulis di blognya. Waduh, kalau yang ini awalnya saya benar-benar malu menerimanya. Bukan apa-apa, masa iya saya menulis di PutraEka.org yang jelas-jelas jauh lebih rame ketimbang blog saya sendiri? Kan jadi kelihatan bener unsur mempromosikan diri sendiri. Hehehe... Tapi gpp deh. Kan saya pernah mengajak guest blogging, kalau ditolak berarti saya tidak konsisten dengan omongan sendiri dong?

Maka menulislah saya di PutraEka.org. Eits, hampir lupa! Sebelumnya saya juga sudah menulis di Badoer.com atas permintaan si empunya blog, Wahyu Triwidhiyanto. Mudah-mudahan saja artikel-artikel yang saya tulis dalam rangka membudayakan guest blogging itu berkenan di hati pemilik blognya serta bermanfaat bagi pembaca masing-masing blog. Amin.

Oya, mumpung ingat nih. Saya kembali mengajak rekan-rekan semua untuk membudayakan guest blogging dengan maksud mempererat silaturahim antar blogger. Dulu master AdSense kita, Cosa Aranda, memang pernah mengadakan guest blogging. Tapi sifatnya searah karena Cosa hanya menerima artikel dari pembaca untuk dipublikasikan di blognya. Sementara dianya sendiri tidak ganti menulis di blog pembacanya. Karena itu, kalau Anda ingin menulis di blog ini (seperti yang pernah dilakukan Bang Zalukhu di posting ini) akan saya terima dengan senang hati. Sebagai imbalannya saya juga akan menuliskan sebuah artikel untuk blog Anda. Adil kan?