Setelah melalui beberapa tes dan masa uji coba yang melibatkan beberapa blogger pilihan, akhirnya situs paid review lokal pertama resmi diluncurkan. Namanya ReviewMu, dikelola oleh CV Cosa Aranda Network (CAN) yang tak lain adalah perusahaan milik Cosa Aranda sang master Google AdSense dari Surabaya. Sekilas namanya hampir mirip dengan situs paid review yang lain, yakni ReviewMe. Namun ReviewMu sangat khas Indonesia. Semua fiturnya menggunakan bahasa Indonesia, termasuk juga mata uang untuk komisinya yang menggunakan Rupiah.

Anda yang sering berkunjung ke blog master satu ini pasti sudah mendengar bocorannya sejak lama. Waktu itu Cosa mengumumkan bahwa ia mencari 20 blogger untuk menjadi beta tester ReviewMu. Saya telat baca posting itu, jadinya tidak ikut mendaftar karena di kolom komentar sudah ada 100 orang lebih yang mendaftarkan diri. Ya sudah, jadinya baru bisa mendaftar sekarang deh.

Kehadiran ReviewMu ini tentu saja menjadi angin segar bagi blogger Indonesia, terutama yang (maaf) tidak pede dengan kemampuan bahasa Inggrisnya. Alasannya apalagi kalau bukan karena di situs paid review lokal pertama ini blogger cukup menulis review dalam bahasa Indonesia. Bila selama ini hanya menjadi penonton di kancah paid review, dengan hadirnya ReviewMu mereka juga bisa turut mencicipi nikmatnya program online earning yang sedang jadi favorit ini. Asyik kan?

Ngomong-ngomong, bayarannya berapa nih? Sama halnya dengan situs paid review lain, besar-kecilnya komisi yang diterima blogger sangat bergantung pada kualitas blog yang dimilikinya. Semakin bagus popularitas sebuah blog, maka semakin besar pula komisi yang bisa didapatnya. Google pagerank, peringkat Alexa, trafik, dan beberapa faktor lain tentu sangat mempengaruhi pertimbangan advertiser sebelum memilih review dari sebuah blog. Dan hal ini juga mempengaruhi besaran uang yang mau dibayarkan ke blog tersebut.

Bagaimana dengan program referensi? Jangan khawatir. Sebagai seorang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet marketing, Cosa tentu tahu kalau program referensi adalah faktor penting bagi perkembangan ReviewMu. Jadi, kalau Anda ingin memperoleh hasil lebih banyak lagi, silakan referensikan ReviewMu pada teman-teman yang lain. Anda akan memperoleh komisi 10% dari setiap transaksi yang dilakukan oleh member hasil referensi Anda, baik itu blogger maupun advertiser.

Oya, komisi dibayarkan setiap bulan dengan cara transfer bank. Sementara ini baru 3 bank yang diterima sebagai sarana pembayaran komisi, yakni BCA, Mandiri, dan Niaga. Semoga saja ke depan bank-bank nasional lain seperti BNI, BRI atau yang lainnya juga dapat diterima. Sehingga peluang bagus yang diberikan ReviewMu ini dapat dinikmati oleh lebih banyak orang. Buat advertiser, semoga lebih menghargai blogger dengan memberi harga review yang lebih tinggi lagi. Masa iya kemarin ada yang tega kasih harga Rp 5000/review sih? Dasar..!

Sudah mendaftar di ReviewMu? Kalau belum, Anda dapat mendaftarkan diri di sini sebagai referral saya. Tapi kalau tidak mau jadi referral saya silakan daftar melalui link yang ini. Oke?