Kalau ada hal yang pernah saya sesalkan karena menggunakan Blogger, maka hal itu adalah ketidakmampuan platform ini untuk mengikuti program text link ads. Saat blog ini meloncat dari PR 0 menjadi PR 4 bulan Mei lalu, saya langsung mendaftar program-program text link ads seperti TLA dan BackLinks. Dengan PR 4, saya optimis bisa meraih setidaknya $3/bulan untuk satu link. Bila ada 4 link, berarti saya bakal menerima $3x4 = $12/bulan hanya dengan memasang link sponsor. Eh, ternyata tak ada satupun program text link ads yang men-support Blogger. Apes deh!

Sampai akhirnya saya tahu tentang Ask2Link, broker text link ads yang men-support segala jenis platform blog. Tentu saja Blogger termasuk di dalamnya. Wah, bukan main senangnya saya. Tanpa babibu lagi langsung deh saya mendaftar, trus pasang widget-nya dan berpromosi dalam rangka mencari referal. Bagaimana hasilnya?

Meskipun uangnya masih belum kelihatan, tapi sejauh ini cukup memuaskan. Sejak 22 Agustus 2008 lalu, saya telah mempunyai 12 referal. Terima kasih kepada teman-teman yang telah mendaftar menjadi referal saya. Ini merupakan rekor tercepat bagi saya dalam hal mengumpulkan referal. Nah, yang lebih membuat saya lebih gembira lagi adalah ketika di widget Ask2Link yang saya pasang di blog ini terdapat link Wikipedia. Saya pikir itu link sponsor, tapi ternyata bukan. Saya cek di data publisher tidak ada transaksi dari Wikipedia. Duh, itu berarti apa dong?

Eh, tidak tahunya rejeki itu datang hari ini. Tadi ketika cek mailbox saya menerima satu email dari Ask2Link yang mengabarkan kalau ada 1 advertiser yang membeli link dari saya. Wow, senangnya! Sayapun segera login ke member area dan melihat data publisher. Ternyata benar. Ada satu transaksi dari satu situs pencari yang sepertinya khusus untuk melacak nomor handphone. Berapa harga yang dibayar oleh advertiser tersebut? Ugh, nilainya sangat di luar dugaan saya. Advertiser pertama saya ini membayar $16/bulan untuk satu link. Asyik...

Supaya tidak dianggap pepesan kosong, berikut screenshot email pemberitahuan dari Ask2Link:



Dan ini screenshot data transaksi di member area saya:


Seperti yang tampak di screenshot di atas, kontrak iklan blog ini dengan advertiser tersebut akan berakhir tanggal 5 Oktober mendatang. Hmm, masih harus menunggu bulan depan deh untuk mencicipi penghasilan pertama dari Ask2Link. Anda punya pengalaman dengan program satu ini? Bagi-bagi dong di kolom komentar. Terus, buat Anda yang belum bergabung dengan Ask2Link, silakan mendaftar di sini untuk menjadi referal saya. Tapi kalau Anda tidak mau menjadi referal saya silakan mendaftar di sini!