Anda pernah menerima email dari PayPal yang berisi tawaran untuk meng-upgrade akun? Setiap pemegang akun PayPal pasti pernah menerimanya. Email seperti itulah yang beberapa bulan lalu menggoda saya untuk meng-upgrade akun dari Personal menjadi Premier. Seperti yang saya bilang di posting sebelumnya, alasan saya waktu itu hanya ingin tahu apa sih perbedaan akun Personal dengan Premier. Ternyata…

Haruskah kita meng-upgrade akun dari Personal menjadi Premier atau Business? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut Anda terlebih dulu harus menjawab pertanyaan yang ini: “Untuk apakah Anda memiliki akun PayPal?” Setelah menentukan tujuan dari kepemilikan akun PayPal, barulah kita dapat mempertimbangkan untuk meng-upgrade akun atau tidak. Daripada menyesal di kemudian hari, bukankah lebih baik dipikir-pikir dulu sekarang?

Btw, apa sih perbedaan antara akun Personal, Premier atau Business? Banyak. Dan yang jelas masing-masing jenis akun memiliki kelebihan dan kekurangan, semuanya tergantung pada tujuan awal Anda menggunakan PayPal. Secara garis besar, berikut saya sajikan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis akun PayPal. Eh, tapi ini hanya yang Personal sama Premiere saja lho, soalnya yang Business saya juga masih belum tahu. Kalau ada di antara teman-teman yang paham mengenai masalah ini silakan tambahkan di kolom komentar. Atau rasanya bakal lebih baik kalau dituliskan dalam satu artikel dan saya posting di blog ini sebagai guest blogger.

Btw, silakan disimak kelebihan dan kekurangan akun Personal dan Premier di bawah ini jika Anda sedang mempertimbangkan untuk meng-upgrade akun.

Akun Personal
Plus: Anda tidak dikenai biaya sepeserpun saat menerima uang dari manapun.
Minus: Anda akan dikenai biaya saat menerima pembayaran dari kartu kredit atau kartu debit, dan itupun dibatasi. Di mana Anda hanya boleh menerima pembayaran dari kartu kredit/debit sebanyak 5 kali dalam waktu setahun. Plus, Anda juga dibatasi hanya boleh menerima pembayaran sejumlah total $500/bulan dari eBay, tool pembayaran PayPal (Buy Now, shopping chart, dll).
Kesimpulan: akun Personal tidak cocok bagi Anda yang hendak menjalankan bisnis online. Ingat, saya bilang bisnis online lho! Bedakan dengan program online earning seperti paid review atau text link ads. Tapi kalau hanya untuk menerima bonus atau komisi dari program-program online earning yang nilainya belum seberapa, rasanya akun Personal sudah cukup bagi Anda.

Akun Premier
Plus: Anda dapat melakukan penarikan dana tanpa batas. Anda juga dapat menerima pembayaran dari kartu kredit/debit tanpa batas dengan biaya jauh lebih kecil dibandingkan biaya yang dikenakan pada akun Personal.
Minus: Anda akan dikenai potongan saat menerima uang dari manapun.
Kesimpulan: Akun Premier sangat cocok bagi Anda yang menjalankan bisnis online dan sering melakukan transaksi penerimaan uang dalam jumlah besar dari kartu kredit/debit.

Bagaimana? Rasanya sudah cukup jelas ya perbedaan antara akun Personal dan Premier/Business. Kuncinya, kalau Anda sering menerima pembayaran dengan kartu kredit/debit dan dalam jumlah besar, segeralah upgrade akun PayPal Anda menjadi Premier atau Business sekalian. Tapi kalau hanya untuk menerima uang yang jumlahnya tidak terlalu besar plus jarang-jarang, akun Personal lebih dari cukup koq. Mudah, bukan?

Akhirnya, mudah-mudahan artikel sederhana ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan untuk meng-upgrade atau tetap memakai akun Personal. Bagi Anda yang sudah lebih dulu paham, bagi-bagi ilmunya dong...