Waktu asyik blogwalking beberapa hari belakangan, saya mendengar kabar kurang sedap sehubungan dengan EntreCard (selanjutnya disebut EC saja). Kabar-kabar tersebut menyatakan kalau EC, sebagaimana disebutkan dalam ToS-nya, khusus bagi blog berbahasa Inggris saja. Artinya, blog berbahasa non-Inggris (baca: berbahasa Indonesia) tidak boleh menjadi member EC. Jangan coba-coba nekat karena akibatnya bisa di-delete dari keanggotaan EC seperti yang dialami Danu atau bocah iseng ini.

Tentu saja kabar ini mengejutkan saya. Soalnya begitu EC meluncurkan layanan yang memungkinkan seorang member mendaftarkan lebih dari satu blog dalam satu akun, saya buru-buru memasukkan EkoNurhuda.com dan blog sepakbola saya yang merupakan subdomain blog ini. Kedua-duanya berbahasa Indonesia. Dan kedua-duanya merupakan blog yang paling sering saya update serta bersifat personal sekali. Setelah mendengar kabar tersebut jujur saja saya jadi takut bakalan kena delete juga. Meskipun tidak menghasilkan dolar, tapi tetap terasa sayang seandainya EC credit saya yang sudah ratusan itu hangus begitu saja.

Jujur saja saya tidak pernah membaca ToS-nya EC, jadi boleh-tidaknya blog berbahasa Indonesia mendaftar di program ini saya tidak begitu paham. Karena tidak paham inilah maka saya berupaya mencari paham. Halah, koq gak pantes ya? Ya sudahlah, intinya saya mencari tahu bagaimana sebenarnya sikap EC terhadap hal ini. Maka, pada tanggal 2 Juli kemarin jam 23:33 saya mengirim email pada EC menanyakan hal ini. Isi email saya begini...

Dear EC,
I just want to ask if non-english blog is allowed to be EC member. Honestly I didn't read the EC ToS because I think no matter what language a blog uses, it can be compromised by EC.

Thank you very much in advance.

Artinya tahu kan? Kalau ada yang tidak tahu artinya, berarti bahasa Inggris saya benar-benar jelek. :p Nah, karena jam 23:33 di Indonesia berarti sekitar jam 9-10 di Amrik sana (jam kerja), maka email sayapun segera mendapat balasan dari EC. Begini jawabannya...

For now it is english only, but we are hoping to expand to other languages soon!

Ya, dalam email pendek tersebut EC berkata bahwa memang untuk sementara ini EC masih mengkhususkan diri pada blog-blog berbahasa Inggris saja. Namun ke depan EC sudah mempunyai rencana untuk menerima keanggotaan dari blog-blog non-english. Kalau kata "soon" di atas boleh diartikan "dalam waktu dekat", maka rencana tersebut bakal diwujudkan dalam waktu dekat. Kapan? Itu yang masih ditunggu.

So, bagi Anda yang mendaftarkan blog berbahasa Indonesia ke EC silakan pilih: bertahan dengan resiko di-delete atau mengundurkan diri dan menunggu EC membuka pendaftarand ari blog non-Inggris secara resmi. Selamat memilih!