Axis memang lambat banget. Hal ini sudah saya sampaikan di posting sebelumnya. Namun sebenarnya sampai sekarang saya masih menggunakan Axis lho. Dengan petunjuk seorang teman (ssst, namanya off the record ya?) akhirnya Axis saya yang pulsanya tidak ada alias Rp 0,- dan sebelumnya super duper lelet buat browsing, kini lancar jaya dipakai menelusuri seantero dunia maya. Jadi kasihan N70 saya yang setiap hari dipaksa "bekerja keras". Habisnya saya kalau lagi ol suka lupa waktu sih. :D

Ya, kalau biasanya mesti ke warnet kalo mau update blog atau garap paid review, sekarang saya bisa internetan di kamar sendiri. Cukup aktifkan kartu Axis, sambungkan kabel data ke PC, trus dial modem, beres deh. Asli, ternyata internetan di kamar sendiri itu enak betul. Bisa disambi tidur-tiduran, dengar musik kesayangan, makan, minum, ataupun ditinggal (maaf) kencing dulu. Kalau di warnet kan tidak sebebas itu. Saya yang paling lama cuma ol 3-4 jam sehari, sekarang bisa 6-10 jam. Busyet!

Btw, bagaimana sih cara menyiasati leletnya Axis?

Saya tidak tahu apakah ini bisa disebut sebagai trik atau malah sudah biasa dilakukan teman-teman yang lain. Karena saya baru tahu semingguan ini, so anggap saja saya sedang berbagi pengalaman ya? So, caranya sebenarnya tidak rumit. Pertama-tama yang dibutuhkan jelas sebuah HP yang mendukung GPRS dan kartu perdana Axis. Nah, satu tambahan yang diberi tahu oleh teman saya tadi adalah account Your Freedom. Saya tidak tahu apa sebenarnya maksud dan tujuan dari kepemilikan account Your Freedom ini, tapi kata teman saya tadi kalau kita mengakses melalui Your Freedom kecepatan Axis bisa jadi lebih cepat. Masa iya sih? Padahal tadinya kan sampai membuat saya tertidur segala?

Percaya tidak percaya sayapun minta diajari bagaimana caranya. Karena belum punya account Your Freedom, maka saya meminjam account teman saya untuk akses. Kalau saya tidak keliru sih fungsinya seperti proxy. Saya tahunya waktu melihat tracker di blog beberapa teman yang mencatat kedatangan saya dari Berlin, Jerman. Tapi selain menyamarkan identitas kita, ternyata Your Freedom ini benar-benar membuat cepat akses internet Axis yang awalnya amat sangat lelet sekali. Ya, benar! Koneksi Axis jadi cepat meskipun tak seperti Ferrari yang sedang melaju di lintasan sirkuit.


Well, problem solved. Akhirnya saya bisa berinternet gratis secara lancar serta (yang terpenting) legal dan tidak merugikan siapapun. :p Penasaran dengan Your Freedom, sayapun membuka situsnya. Ternyata ada beberapa paket account yang disediakan, yaitu Free, Basic, Enhanced, dan Total. Free jelas saja paket gratis. Dengan account ini Anda bisa menikmati layanan gratis maksimal 6 jam sehari. Namun dalam seminggu dibatasi hanya 18 jam saja. Setelah itu Anda masih bisa koneksi, tapi akan lebih sering error atau malah disconnect meskipun statusnya tetap ol.

Itulah yang saya alami beberapa hari lalu. Setelah dua hari nonstop ol dengan account Free, tiba-tiba saja Your Freedom lebih sering error. Koneksipun terputus terus. Ketika saya cek pesannya tertulis "Server connection failed, will try to reconnect in 5 seconds". Yang tertulis memang hanya 5 detik, tapi bolak-balik koneksinya gagal terus. Hmm, saya koq mulai berpikir untuk mencoba paket yang berbayar. Siapa tahu memang lebih baik layanannya. Karena masih dalam tahap mencoba, saya hanya membayar paket Basic sebulan. Habis 4 Euro atau menjadi $6.36 kalau dikonversi ke USD.

Proses transaksinya ternyata cepat. Begitu pembayaran saya diterima (via PayPal), account saya dengan sendirinya berganti dari Free menjadi Basic. Dan yang lebih penting lagi, stream yang tadinya hanya terbuka maksimal 10 setelah itu bisa sampai 50 sekaligus. Artinya kecepatan koneksi jadi lebih cepat dari yang disediakan untuk paket Free. Ketika saya coba tancap gas ol sampai pagi, koneksinya aman-aman saja tuh. Tidak ada lagi cerita terputus-putus atau koneksi yang gagal. Alangkah asyiknya...

Cuma itu? Ya, memang cuma itu. Jadi, kartu yang dipake Axis trus ol-nya menggunakan Your Freedom. Coba saja buktikan sendiri. Kalau ternyata tidak seperti yang saya ceritakan, silakan komplain langsung ke Axis atau Your Freedom. Hihihi...

NB: Mohon maaf kalau ada yang terkecoh dengan judul posting ini. Peace... :D