Selamat datang di ...

25 Juli 2008

Tadi saya iseng baca-baca artikel di Wikimu, portal citizen journalism yang juga jadi tempat menulis bagi saya. Judul artikelnya sangat mengundang minat saya yang sampai saat ini masih tetap mencari internet murah. "Akhirnya Ada Juga Internet Broadband "Murah" di Indonesia", blogger mana coba yang tidak penasaran membaca artikel yang diberi judul begini? Eit, jangan-jangan malah cuma saya ya? :D

Setelah baca dibaca, rupa-rupanya artikel tersebut membahas tentang FastNet, layanan internet broadband dari FirstMedia yang merupakan anak perusahaan Grup Lippo. Katanya hanya dengan duit Rp 99.000 (tanggung banget ya? Yang seribu lagi buat apa coba?), kita sudah bisa menikmati akses internet unlimited dengan kecepatan 384 Kbps! Coba bandingkan dengan tarif yang dipatok provider lain. Telkom Speedy paling murah Rp 200.000 sebulan, maksimal pemakaian hanya sebesar 1 GB per bulan. Kalau mau akses unlimited, kita mesti bayar Rp 750.000/bulan. Internet berbasis tv kabel malah lebih mahal lagi. Contohnya KabelVision yang mematok harga Rp 500.000/bulan untuk akses unlimited tapi kecepatannya cuma 64 Kbps atau 6 kali lebih kecil dari yang diberikan FastNet.


Bila dibanding-bandingkan baik dari segi harga maupun bandwidth, jelas paket yang ditawarkan FastNet lebih murah dibanding provider lain. Terlebih pelanggan akan dipinjami modem bila mengambil paket FastNet 768 (768 Kbps, biaya Rp 295.000/bulan), FastNet 1500 (1500 Kbps, Rp 595.000), dan FastNet 3000 (3000 Kbps, Rp 1.195.000). Kurang apalagi coba? Maka tanpa pikir panjang saya coba-coba mendaftar secara online lewat situs resminya. Rencana sih mau ambil paket FastNet 768 biar bisa dapat modem gratis. Hehehe....

Ada tiga langkah untuk mendaftar. Pertama, cek area yang menjadi wilayah cakupan FirstMedia. Kedua, set harga alias pilih jenis paket yang akan diambil. Dan ketiga, isi formulir pendaftaran. Hmm, gampang sekali kan? Tidak sampai 10 menit juga pasti sudah selesai. Klik, sayapun mengklik tombol merah yang bertuliskan "Step 1 Check our coverage area". Glek!! Cari dicari koq ternyata kota tempat saya numpang hidup (baca: Jogja) tidak ada dalam daftar. Cek lagi ah, siapa tahu saya yang salah. Tapi tetap saja nama Jogja atawa Yogya tidak termasuk dalam daftar. Walah, gondok bukan main hati saya! Ya sudah, hangus deh harapan untuk bisa menikmati internet murah. Terpaksa saya harus kembali menggunakan Axis dan Your Freedom plus N70 saya.

Hmmm, kapan ya internet murah itu benar-benar ada?


« Selanjutnya
Sebelumnya »

52 komentar:

  1. mas, maaf iklannya sedikit menggangu saya ;)

    BalasHapus
  2. waahh... lam kenal mas.. internet yang murah..??? waahh mau bangettt.. success ya mass..

    BalasHapus
  3. murah..murah..tapi denger-denger banyak fastnet layanannya kurang memuaskan -katanya-

    BalasHapus
  4. Bakalan ada internet murah om. 5 Tahun kedepan pasti tarif internetaan sudah sama dengan tarif hemat kalo kita nelpon tengah malam. Kita tunggu aja :D

    BalasHapus
  5. Tetep semangat 'hunting' internet murah nya ya,bro...kok bisa jogja ga masuk list?napa ya?

    BalasHapus
  6. jadi inget pengalaman saya waktu survey pemasangan spidi. katanya jika 200 meter lebih jauhlagi rumah saya maka tidak akan bisa dipasangi spidi.

    wah sekarang mas eko malah kotanya yang tidak bisa dilayani fastnet

    BalasHapus
  7. Sayang banget artikel yang menggiurkan di atas ga berlaku di kota saya hiiikssss sedihnya....

    BalasHapus
  8. saya koq tetep demen ama speedy ya..:X

    BalasHapus
  9. saya tetap stia dgn krtu 3 ajah, mumpung masih bsa dpake bwat ngenet..

    BalasHapus
  10. Mas Eko kebetulan saya sejak beberapa bulan yang lalu menggunakan FastNet 768. Saya puas dengan layanan mereka terlebih lagi seperti mas bilang karena mendapat pinjaman modem dan unlimited jadi enak banget buat browsing tanpa harus mikirin bandwith. Mudah2an mas Eko juga cepat tersambung FastNetnya ya supaya makin lancar nulisnya

    BalasHapus
  11. FastNet kapan kamu ke Jogja...? pake speedy udah kemahalan, 200rb/bln+pajak 20rb Jatahnya cuman 1GB.

    BalasHapus
  12. @ Artha: Iklan yang mana ya? Kalau posting di atas bukan pariwara, tapi murni uneg-uneg saya. Atau maksudnya iklan yang ada di bawah posting ya? Wah, kalo itu sih sarana saya cari recehan atuh. :D
    @ Bang Dhika: Lam kenal balik. Salam sukses juga ya. :)
    @ Bocah Iseng: Katanya sih memang begitu. Yang nulis artikel ttg Fastnet ini di Wikimu juga cerita begitu koq. So? :D
    @ Adieska: 5 tahun lagi? Walah, sabar amat nunggunya?
    @ Nenad: Tauk deh. Apa karena Jogja kota wisata kali ya? Hehe, nyambung gak sih alasannya? :))
    @ Yudi: Beugh, 200 meter lagi? Untung bgt ya berarti. Lha ini FastNet gak melayani Jogja tapi yang lebih jauh dari Jogja (Surabaya) justru dilayani. Gimana seeehhh??? ~x(
    @ Zalukhu: Move, move. Tinggal di pulau terpencil seperti itu ya resikonya begitu. :))
    @ Iip al-Banjary: Kalo saya (terpaksa) masih demen sama Axis dan Your-Freedom. :D]
    @ Badoer: Saya gak ngerti setting 3, so pake Axis aja yang mudah setting-nya. :D
    @ Mas Jimmy: Belum bisa pasang FastNet, Mas. Tar deh saya kontak James Riyadi dulu supaya cepet2 pasang jaringan di Jogja. :))
    @ Fer: Itu dia masalahnya. Kalo unlimited sih gak masalah. Tapi kalo dibatasi begitu ya gak enak dong. :D

    BalasHapus
  13. hehehe... internet murah di Jogja memang starone rajanya. Kalo ada saingannya paling ceria, tapi sinyalnya masih kurang baik katanya di tempat saya :D

    BalasHapus
  14. aku juga pernah dengar fastned dari temen katanya murah jadi iri soal daerahku ga ada

    BalasHapus
  15. weh.. saya sih masih setia sama speedy mas.. ntar nunggu comment dan reaksi dr pelanggan fastnet yg lain dulu.. kalo oke bisa jadi pindah jg..

    BalasHapus
  16. @ Ipung: StarOne CDMA, jadi harus keluar biaya lagi deh beli HP CDMA yg support GPRS. Lumayan juga tuh buat level newbie seperti saya. :D So, saya lebih pilih beli hp ecek2 buat komunikasi, lha yg N70 buat ngenet pake Axis. :))
    @ Tony: Kita senasib nih. :D
    @ Fachia: Reaksinya tentu saja ada dua. Hehehe. Tar malah bingung lho...

    BalasHapus
  17. Mas.. hape CDMA ga ada yang support GPRS, kecuali kalo dual on GSM dan CDMA :D
    Hp Nokia 2280+kbl DKU 5 aja bisa konek kok, ato beli USB dongle CDMA yang harganya sekitar 400-600rb (yang 600 uda bisa Vista) uda jalan :)

    BalasHapus
  18. sama tuh, Surabaya juga blom masuk.
    bukannya FirstMedia adalah KabelVision yang berganti nama (reborn).

    payah tuh FirstMedia, iklan gede2an tapi di kota besar macam Jogja,Surabaya masih gak bisa.

    http://kampungmadura.com

    BalasHapus
  19. Masih mending band didaerah Jawa sana ada provider seperti itu, kalo di Jambi... weh.. udah bisa ngenet ajah udah syukur

    BalasHapus
  20. Basiii Ahh beritanya!!!

    sekedar informasi nih speedy udah jadi 100.000 perbulan..

    gw baru ditawarin kemarin...

    coba deh cek lewa phone

    BalasHapus
  21. Saya juga ingin pakai fastnet tapi karena customer service-nya sering tidak bisa dihubungi maka saya jadi takut untuk pindah ke fastnet. Tidak enak kalau koneksi sering putus walau harganya murah.

    BalasHapus
  22. kalo saya sih...
    tetep cinta sama warnet
    gimana gak cinta.
    adanya cuma itu.

    BalasHapus
  23. Untuk saat ini pilihan saya jatuh pada speedy, setelah sebelumnya pakai starone yang kurang memuaskan kecepatannya.

    Btw salam kenal,

    Artikelnya bagus bagus, bisa jadi referensi buat saya memasuki dunia netpreneur.

    Thanks broo

    BalasHapus
  24. adek iparku di jogja make telkomselflash ga ada kendala katanya mas.... ga dicoba? 125rb unlimited gituh... dia di kaliurang KM 5. waktu aku di jogja, cek koneksi IM2 ku disana jg kenceng buangettt, 3G nya mantab...

    BalasHapus
  25. @ Ipung: Ooo, gitu ya? Waduh, gaptek bener saya ini. :))
    @ Suro Agung: Kayanya sih gitu, tapi di situsnya masih ada pembagian antara FastNet sama KabelVision. Gak tahu deh gimana benernya.
    @ Putra Eka: Iya ya, apalagi di Sungai Bahar tempat saya. Listrik sama telpon aja belum masuk. Tapi HP dan konter pulsa bertebaran di mana-mana.
    @ Kobens: Thanks infonya. Kalo gak suka yg basi ya gak usah dimakan. Btw, gak sayang po komen tapi gak ninggalin link. Ini penganut dofollow lho. :D
    @ Berita IM: Tul bgt. Harga boleh murah, tapi kalo murahan jangan deh. :D
    @ Firanza: :))
    @ Andirich: Thanks udah mampir. Artikel saya bagus? Waduh, kata Kobens malah basi tuh? :))
    @ Fenny: Oiya, Telkomsel Flash kan emang sudah Fenny rekomendasikan sejak dulu? Lupa terus mo mampir ke GraPari. :D Thanks udah ngingetin.

    BalasHapus
  26. wah kemana nih mas echo kok kagak pernah posting lagi?

    BalasHapus
  27. mudahan semuanya bisa murah ya ko :)

    BalasHapus
  28. salam kenal mas eko ...
    wah di tempat sy koq malah ndak ada semua ... sy ngenetnya cm bs pake hp/gprs aja (mentari-nya indosat) .. kalo pake yg laen mahal banget .. bulan lalu coba pake telkomsel flash unlimited yg gprs (3g belum ada di daerah sy), baru 2 minggu pake udah ndak bs konek lg, ktnya jaringannya lagi overload .. apes

    BalasHapus
  29. Memang bagus dan jauh lebih murah, namun nunggu di approvenya berbulan-bulan. :D

    BalasHapus
  30. pren...
    kok PRnya turun???
    what's wrong?

    BalasHapus
  31. Kalau paket termurah Rp. 297rb, masih mahal itu?

    Kayaknya banyak blog turun PR nich ...

    BalasHapus
  32. Hmmm..

    Memang saya bukan pengguna dari Fast net, tapi dari kalangan teman dan pembicaraan2 yang saya *curi* dengar, Fast net banyak mendapat kritikan dari para penggunanya. Terutama kalangan gamer :)

    BalasHapus
  33. Mas Ecko lagi sibuk ngapain ya?? :D
    Semoga semua urusan mas Ecko lancar dan dimudahkan ya ;)

    BalasHapus
  34. lho...10x
    kok PRnya berubah lagi?
    malah 0
    gimana nih pren
    tapi seperti yang sudah2
    kamu pasti tau cara mengatasinya
    ecko emang ocke
    kapan nih mampir...?

    BalasHapus
  35. Kemaren mau pake fasnet tapi daerahku belum tercoverage, padahal masi jakarta pun :((
    jadinya pake speedy aja, hehe...

    BalasHapus
  36. Makin banyak tawaran, makin bingung.. hehehehe...

    BalasHapus
  37. semurah2nya tetep harus ada biaya lsitrik :D

    BalasHapus
  38. sya masih tetep bertahan sma axis :)

    BalasHapus
  39. Telkomsel Flash, di Jogja recomended

    sy jg di Jogja ;)

    BalasHapus
  40. duh, apalagi tuk regional kalimantan ya... :((

    kayak iklannya yang dibawain agus ringgo, kapan kawin.. kalo ini sih kapan ada internet murah..

    may... maybe yes... may be NOT... ~x(

    BalasHapus
  41. sampai skg, fastnet layanannya masih memuaskan..
    eehh, ada juga dheng kelemahannya..
    kok ga bisa buka MSN ya..?
    tapi bisa diakalin kok..
    yg penting murah n online sepanjang hariii..
    *ketauan kalo pengangguran*

    BalasHapus
  42. Mungkin kalau Menkominfo diganti sama bang Eko kita baru akan menikmati internet murah kali ya..
    :)

    BalasHapus
  43. 99.000 itu belum termasuk pajak mas, saya langganan yang 512, 199.000 sebulan, pas kena pajak 214.000, yah mayan bgt lah, unlimited gt loh, udah gitu kalo jaringan nya lg ada masalah cs nya suka nelepon duluan ke rumah nanyain udah bener belon ... gak kaya speedy yang ampun deh cs nya ...

    BalasHapus
  44. @ Semuanya: Maaf saya baru bisa aktif blogging lagi mulai hari ini. Kemarin-kemarin saya fokus nungguin (calon) kakak ipar yang sakit di RS Sarjito. Jum'at 1 Agustus kemarin kakak meninggal dunia, dimakamkan Sabtu 2 Agustus. So, mohon maklum ya.... Thanks udah berkomentar dan bertanya-tanya di mana saya. Hehehe...

    BalasHapus
  45. Punya harapan tidak ada salahnya, mungkin suatu saat akan terpenuhi..

    BalasHapus
  46. Pernah ada keluhan ga bisa akses server IIX atau ga mas?

    BalasHapus
  47. Entah Murah entah mahal biaya internet (yang ADSL) ane ye tetep pake DSL indosat (soale hanya ini yang ada di tempat ene) mangkanye... desain web nya jangan berat-berat biar mudah diakses pengguna GPRS.

    BalasHapus
  48. Kapan ya bisa merambah seluruh Indonesia ?

    Biar semua masyarakat Indonesia nggak ketinggalan denga internet seperti halnya di luar negeri.

    BalasHapus
  49. yg pasti untuk sy sekarang..ga masalah krn sy pake internet kantor :)) tapi bagian ngebayarin juga sih,,cm bayar doang, uangnya dr kantor..tp lumayan gede, terakhir aja 903.000, beuh. =((

    BalasHapus
  50. g ada internet yg benar2 murah. kalo tarifnya agak rendah biasanya bandwithnya jg rendah.
    internet yg paling murah sebenarnya adalah nebeng amat teman yang mau kewarnet ato nebeng dilaptop teman yg lagi online

    BalasHapus