Selamat datang di ...

23 Juli 2008

Tahukah Anda bahwa sudah sejak beberapa waktu lalu saya menyelipkan iklan Google AdSense di blog ini? Saya yakin tidak banyak yang tahu. Soalnya iklan-iklan tersebut sengaja saya sembunyikan dari pandangan orang-orang Indonesia, jadi yang dapat melihatnya hanyalah orang-orang yang terbiasa berbahasa Inggris (seperti saya) lagi baik hati dan tidak sombong. Hehehe...

Serius? Ya, saya serius! Tapi bukankah Google AdSense tidak boleh dipasang di blog berbahasa Indonesia? Memang iya! Lha, saya kan juga tidak bilang kalau Google AdSense boleh dipasang di blog berbahasa Indonesia? Karena itulah saya hanya memasangnya di tempat-tempat tertentu saja. Tempat yang mungkin tidak menarik bagi pembaca berbahasa Indonesia, tapi sebaliknya mungkin sangat menarik bagi pembaca berbahasa Inggris. Terutama para pendatang nyasar yang diantarkan secara ngawur oleh Mbah Google. Jadi penasaran kan di mana iklan-iklan Google AdSense itu saya letakkan?


Well, Anda yang sering kemari pasti tahu kalau blog ini terkadang memuat posting berbahasa Inggris alias paid review dalam rangka mengisi pundi-pundi penghasilan. Akhir-akhir ini malah sering sekali dapat job sehingga bisa jadi Juli akan menjadi bulan dengan posting terbanyak. Jadilah blog ini sebagai blog dwibahasa. Dulu saya sempat risih dengan keberadaan paid review di blog ini. Tapi ternyata bukan hanya newbie seperti saya saja yang melakukannya, seorang master beken yang jadi panutan se-Indonesia juga punya blog dwibahasa untuk paid review koq. So, untuk apa lagi saya harus malu? Urusan duit nih, malu itu urutan paling belakang kalau sudah berurusan dengan duit. :D

Nah, melihat posting-posting berbahasa Inggris yang ada di blog ini saya pernah membatin begini, "Coba ya blog ini bisa dipasangi iklan AdSense". Eh, tiba-tiba saja ada semacam ilham yang masuk ke kepala saya. Kenapa tidak dicoba? Maka sayapun iseng meletakkan kode AdSense di bawah satu posting paid review. Lho, koq iklannya muncul? Ya sudah, sejak itu saya selalu menyisipkan kode iklan AdSense di bawah paid review yang saya buat. Siapa tahu ada pengunjung nyasar yang mengklik, kan lumayan bisa dapat tambahan beberapa sen. Hehehe....

So, Anda sudah tahu kan di mana saya meletakkan iklan Google AdSense di blog ini? Yup, saya hanya meletakkanya di bawah setiap posting paid review yang berhasa Inggris. Karena iklan-iklan tersebut hanya muncul di halaman yang berbahasa Inggris, saya rasa tidak ada ToS Google yang saya langgar (Eit, ini hanya pendapat pribadi lho. Karena itu kata "saya rasa" sengaja dicetak tebal). Terkecuali kalau saya meletakkannya di sidebar atau posisi-posisi lain yang bisa dilihat dengan mata telanjang setiap kali blog diakses. Di blog ini, iklan AdSense hanya akan muncul di posting berbahasa Inggris saja. Coba lihat contohnya di sini, sini, sini, dan sini. Hebat nggak sih?

Ngomong-ngomong, bagaimana sih cara saya meletakkan iklan AdSense tersebut sehingga hanya bisa muncul di bawah postingan berbahasa Inggris? Sebenarnya sederhana saja. Pertama-tama buat iklan AdSense Anda di member area GA. Sangat disarankan untuk hanya membuat iklan teks saja. Jangan lupa atur tata letak dan tampilan iklan itu agar tidak merusak tampilan saat nongol di bawah posting yang dimaksud. Setelah kodenya didapat, langsung deh di-paste ke halaman tempat menulis posting. Selesai!

Cuma itu? Ya memang cuma seperti itu yang saya lakukan. Kalau mau yang lebih kenapa tidak datang ke masternya saja? Hehehe...


« Selanjutnya
Sebelumnya »

20 komentar:

  1. wah... kreatif... semoga sukses dengan adsense di paid reviewnya... itung2 sambil menyelam minum air... hehe

    BalasHapus
  2. oh gitu tah tpi sayangnya pencuri kode ga bisa bahasa inggris...ngomong mas eko bahasa pencuri kode ga??? ko masuk urutan ketiga google kalau dengan kata kuncu "pencuri kode" =)) =))

    BalasHapus
  3. Peringkat dua kali....
    Abis om pencuri kode banyak komentarnya di sini wkwkwkkw eh Ecko diem2 ternyata jago SEO yah :)

    BalasHapus
  4. kok masih PSA bos :D

    Juni dan July ini banjir review yah... moga seterusnya begitu :D

    BalasHapus
  5. sambil menyelam minum air? si ichanx bisa budeg mendadak loh kalo menyelam sambil minum air *wekekeke*
    btw, adsensenya mantap ga mas? jangan lupa2 bagi2 ntar klo dah payout yah :D

    BalasHapus
  6. wahh ternyata????ada udang di balik ...???

    BalasHapus
  7. Mending diakalin ajah adsenseNa biar tampil di bhsa indo, :D. Meski curang toh g ada isiNa jd g takut di ban ma gugel

    BalasHapus
  8. wah keren juga ni tapi paid review ga marah ya mas adsense dibawah postingan artikelnya??

    BalasHapus
  9. weh.. emang hebat mas.. sip sip.. lanjutkan perjuanganmu pak..

    BalasHapus
  10. Halo mas.. sy juga kl adsense ga tau kenapa di blog sy ga mau muncul nih..apa dulu daftarinnya sebagai blog b inggris ya..

    Ngomong2 banyak terus ni orderannya..

    BalasHapus
  11. @ Ichank: Sambil nyelam minum air? Gak keselak? :D
    @ Pencuri Kode: Hehehe, seharusnya saya yg tanya ke Om Pencuri Kode. Koq bisa sih? Btw, dengan kata kunci Eko Nurhuda blog ini di urutan pertama lho. :))
    @ Zalukhu: Ah, sapa blg? Kan Abang sendiri yg kasih kritik kalo blog ini krg sentuhan SEO. Makanya, ajarin dong. :D
    @ Persikers: Kalo bukanya pake alamat Indonesia ya jelas aja kebuka PSA. Soalnya saya gak bisa ngotak-atik kode, jadi ya asli dari sononya.
    @ Fenny: GA saya seret. Makanya iseng ditaruh di sini, siapa tahu bisa nambah. :D
    @ BocahIseng: Di balik apa coba? :D
    @ Badoer: Wah, saya gak bisa otak-atik kode, jadi ya gak ngertin yg begituan. Kan masih newbie? Kalo udah master AdSense kaya yg di sebelah sana sih lain cerita. :D
    @ Tony: Gak tahu tuh. Kalo bisa ya jangan sampai tahu. Trus, kalaupun tahu ya jangan sampai marah. Maunya begitu. :D
    @ Fachia: Iya nih, namanya juga cari rejeki. Untuk nafkah hidup. :))
    @ Yusa: Wah, kalo gituan saya juga gak ngerti, Kang. Coba saja tanya sama masternya. :D
    Alhamdulillah paid review kembali lancar, jadi tabungan buat nikah semakin bertambah. :)

    BalasHapus
  12. Hehehe... judulnya itu lho.. bener-bener mengundang :D
    Mas Ecko ini blogger yang paling berani bereksperimen dengan aturan-aturan dari program penghasil duit :D
    Bener-bener blogger yang inspiratif.
    Tapi kalo untuk yang ini, memang bener kok, ga ada TOS yang dilanggar :D

    BalasHapus
  13. mas eko pinter bener.. kepikiran ajah :D

    BalasHapus
  14. @ Ipung: saya? paling berani? itu karena terpaksa sih. habisnya penghasilannya masih kecil sih. :))
    @ Jimmy: Hehehe, itu bukan pinter namanya. Tapi "kere"atif. Karena "kere" jadinya aktif deh cari cara supaya penghasilan meningkat. :))

    BalasHapus
  15. eh mas, saya mau tanya kenapa di account google adsense saya tidak ada ads for content - nya? padahal udah pakai bahasa inggris...terima kasih banyak n mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  16. idenya bagus mas,menggabungkan sr dengan ga, perfect combination ...

    BalasHapus
  17. Idenya sip banget mas, tak pernah terpikirkan olehku. thx infonya.

    BalasHapus
  18. sekarang di side bar udah ada ya?

    BalasHapus
  19. mas, postingan bahasa inggris nya boleh saya copy gga??

    BalasHapus