Setelah sekian lama tidak online, hal pertama yang saya lakukan begitu memperoleh kesempatan online adalah mengecek email. Wow, begitu saya buka mailbox ada banyak email penting yang siap dibuka. Pertama-tama yang saya buka adalah email pemberitahuan job dari SponsoredReviews. Alhamdulillah, meskipun kemarin sempat kehilangan beberapa puluh dolar karena banyak job yang terbengkalai, toh Yang Di Atas (atas mana sih?) memberikan gantinya. Percaya atau tidak, nilainya beda-beda tipis dengan total earning yang tidak jadi saya dapatkan sebelumnya. Benar-benar luar biasa.

Sekalian jalan, sayapun membuka member area SponsoredReviews. Ternyata ada banyak opportunity baru yang belum sempat saya bid. So, sekalian jugalah nge-bid. Siapa tahu Dewa Hoki dan Dewi Fortuna sedang berpihak pada saya. Eits, ternyata ada yang baru dengan halaman bidding SponsoredReviews. Saya tidak tahu sejak kapan perubahan tersebut mulai diberlakukan, tapi yang jelas sistem yang sekarang lebih menghemat pekerjaan (menghemat waktu maksudnya) saat melakukan bid. Terutama bagi member yang mendaftarkan banyak blog di SponsoredReviews. Soalnya dengan sekali pencet kita bisa langsung menempatkan beberapa bid sekaligus. Berbeda dengan sistem lama di mana kita mesti memasukkan bid satu demi satu.

Efisiensi lain yang diberikan sistem baru ini adalah, nilai bid secara otomatis akan
terisi sesuai dengan harga maksimum blog dan harga penawaran maksimum yang diijinkan advertiser. Misalkan Anda punya dua blog senilai $100 dan $50. Pada saat bidding, apabila harga maksimum yang ditawarkan advertiser lebih besar dari harga blog (katakanlah $10 - $200), maka nilai bid secara otomatis akan terisi dengan harga maksimal blog (dalam contoh ini $100 dan $50). Sebaliknya, bila harga maksimum yang ditawarkan advertiser lebih rendah dari harga blog (misalkan $5 - $20), maka nilai bid secara otomatis akan terisi dengan harga maksimal yang ditawarkan advertiser tersebut (masing-masing $20).

Tentu saja kita bisa mengubah harga tersebut semau kita. Untuk itu tinggal ketikkan nilai bid yang diinginkan dan klik link bertuliskan "update" yang ada di sebelah kotak isian. Tapi kalau saya sih pilih enaknya saja, yakni tinggal pencet tombol "Submit to Advertiser". Kalau memang rejeki ya pasti saya dapat, tapi kalau tidak ya sudah. Nothing to loose saja prinsipnya. Hehehe...

Perubahan ini tidak selamanya jadi berita baik bagi saya. Pasalnya perubahan ini membuat ebook Panduan SponsoredReviews yang saya luncurkan beberapa waktu lalu jadi tidak relevan lagi. Memang hanya perubahan kecil dan tidak terlalu mengganggu, namun tetap saja saya mesti memikirkan edisi revisi agar ebook tersebut sesuai dengan kondisi sekarang. Apalagi mengingat ebook tersebut saya maksudkan bagi para pemula yang baru terjun di SponsoredReviews. Hmmmh, kerjaan baru lagi nih. :-( Gpp ding, hitung-hitung buat sarana belajar kembali setelah lama tidak berhubungan dengan dunia internet.