Berada di urutan 1 SERP Google tentu bahagia sekali rasanya. Begitulah yang saya rasakan pada tanggal 16 Agustus 2008 kemarin. Karena tanggal 15 Agustus malam ada pemilihan Putri Indonesia 2008, maka saya coba-coba nembak keyword dengan menulis posting tentang pemenang Putri Indonesia 2008. Harapannya tentu saja buat menarik trafik dari search engine, terutama Google. Hasilnya? Sangat tidak disangka-sangka! Ternyata posting tersebut menduduki peringkat 1 untuk kata kunci "pemenang Putri Indonesia 2008". Pfiuh, senangnya...

Saking senangnya, saya sampai membuat mem-print screen-kan halaman-halaman membanggakan tersebut. Pertama-tama jelas saja SERP Google di mana posting saya jadi nomor 1, trus widget-nya Feedjit yang selama sehari itu hanya menampilkan tulisan "..... arrived from google.com on www.EkoNurhuda.com: Pemenang Pemilihan Putri Indonesia 2008", dan tak ketinggalan pula statistik dari MyBlogLog. Buat apa? Buat apalagi kalau bukan untuk dipamer-pamerkan. Hihihi... Gak ding, maksudnya ya tentu saja buat kenang-kenangan bahwa saya pernah berada di posisi 1 SERP Google. Hehehe, katrok banget ya?

Ini screenshot SERP Google, 16 Agustus 2008.

Ini screenshot Feedjit di sidebar EkoNurhuda.com, 16 Agustus 2008.

Ini screenshot statistik MyBlogLog, 16 Agustus 2008.

Sayang disayang, kebahagiaan meraih posisi puncak di SERP Google tersebut hanya bisa saya nikmati sehari. Ya, cuma tanggal 16 itu saja. Ketika Bocah Iseng membuat posting dengan tema sama, langsung deh posisi saya melorot. Gantian Bocah Iseng jadi di urutan pertama. Tanggal 17 saya cek lagi, eh, ternyata sudah melorot lagi jadi posisi 4. Tapi Gpp deh, yg penting masih bertahan di halaman pertama. Target saya posting itu bisa tetap ada di 10 besar alias halaman pertama SERP Google paling tidak untuk seminggu ini saja. Toh, niatan awalnya juga cuma belajar nembak keyword.

Oya, satu hal penting yang saya pelajari dari tergesernya EkoNurhuda.com oleh BocahIseng.blogspot.com adalah, menempatkan keyword yang diincar pada judul posting sangat mempengaruhi posisi blog di SERP Google. Coba saja bandingkan judul posting saya dan judul postingnya si Bocah Iseng, ternyata judul posting si Bocah Iseng mengandung keyword "pemenang Putri Indonesia 2008". Sedangkan judul posting saya tidak plek seperti itu. So, sayapun harus rela tergeser ke bawah. Kebetulan saya dan si Bocah Iseng sama-sama menggunakan Blogger/BlogSpot, jadi ini juga bisa jadi pelajaran bagi Anda sesama pengguna Blogger.

So, buat Bocah Iseng selamat ya. Google is in hour hand, Bro. Dan saya juga mesti berterima kasih pada Bang Zalukhu. Jurus SEO Balita yang Abang ajarkan ternyata memang manjur. Good job, Bro!