Sebenarnya saya pernah mengangkat topik tentang guest blogging bulan Maret lalu, namun karena sepi peminat saya angkat kembali. Beberapa blogger sempat menyambut tawaran saya waktu itu, namun entah karena terlalu sibuk atau alasan lain sampai sekarang tidak juga terpenuhi janjinya. Untuk itulah (atas saran Bang Zalukhu) tema ini kembali saya munculkan sebagai pelengkap posting bertema guest blogging sebelumnya.

Sebagai pengingat, guest blogging adalah istilah untuk kegiatan menulis posting di blog milik orang lain. Pelakunya disebut guest blogger atau boleh diartikan sebagai blogger tamu. Jadi, misalkan saya menulis di blognya Bang Zalukhu atau sebaliknya, maka kegiatan itu disebut sebagai guest blogging. Saya disebut sebagai guest blogger-nya Zalukhu.com, dan Bang Zalukhu adalah guest blogger-nya EkoNurhuda.com.

Di kalangan blogger luar negeri, guest blogging adalah hal lumrah. Coba Anda lihat blognya John Chow atau Darren Rowse, maka selain posting yang ditulisnya sendiri Anda juga akan menjumpai beberapa posting yang disumbangkan oleh blogger lain. Beberapa blogger top bahkan mengkomersilkan lahan guest blogging ini. Artinya bila Anda ingin menulis di sebuah blog beken, maka Anda mesti keluar sejumlah uang. Tidak ubahnya memasang iklan atau membayar sebuah paid review.

Di Indonesia, entah mengapa guest blogging masih belum dilakukan. Padahal banyak keuntungan yang didapat dari kegiatan ini. Performancing.com menulis setidaknya ada 5 keuntungan yang dapat diperoleh seorang guest blogger, yakni memperoleh backlink dengan keyword yang dapat ditentukan sendiri, meningkatkan jumlah RSS subscriber, mempromosikan diri sekaligus blog, menjalin hubungan baik dengan blogger lain, dan menjangkau audien baru.

Sedangkan Northxeast.com mengatakan bahwa guest blogging sangat bagus untuk meningkatkan kualitas blog, baik bagi blogger tamu maupun blog yang menerima blogger tamu tersebut. Alasannya hampir sama dengan yang ditulis di Performance.com. Namun Northxeast.com menambahkan bahwa guest blogging merupakan cara promosi yang paling efektif. Serta tentu saja paling ekonomis. Bagi Anda yang sering kehabisan ide posting atau punya banyak blog dan kewalahan meng-update, guest blogging dapat membantu Anda meringankan beban tersebut.

Darren Rowse juga menyatakan bahwa guest blogging merupakan hal positif bagi kedua pihak yang terlibat di dalamnya, guest blogger dan juga pemilik blog, termasuk bagi pembaca. Dalam sebuah posting berjudul “Why Guest Bloggers are Great for a Blog” Darren menuliskan 3 hal sebagai win-win solution dalam guest blogging. 3 hal yang harus kita pertimbangkan untuk mulai mempopulerkan gerakan guest blogging di kalangan blogger Indonesia.

Bagi guest blogger menulis di blog lain memungkinkannya untuk menjangkau audien baru, memperoleh backlink berkualitas, dan mengeratkan hubungan dengan pemilik blog. Bagi pemilik blog guest blogging dapat meringankan tugas rutin meng-update blog, menjalin keakraban dengan pembaca karena mengijinkan mereka turut menulis di blog, dan menghadirkan perspektif dan cara pandang yang berbeda. Sementara bagi pembaca dengan hadirnya penulis baru berarti mereka mendapatkan satu sudut pandang baru terhadap tema tertentu. Ini dapat menghindari kejenuhan pada pembaca.

Nah, berkaitan dengan itu saya kembali mengajak siapapun untuk turut menulis di EkoNurhuda.com. Saya tidak butuh imbalan apa-apa kecuali kesempatan untuk menyumbangkan satu-dua artikel di blog Anda sebagai timbal-balik. Kalau berminat, silakan kirim artikel Anda ke eko[dot]nurhuda[at]gmail[dot]com. Saya tunggu.