Setelah ramai blogger-blogger top Indonesia dibajak isi blognya dan diterbitkan dalam bentuk buku, nasib serupa menimpa saya yang masih super duper newbie ini. Ya, serupa tapi tak sama. Saya bilang serupa karena karya saya juga dibajak orang lain untuk mengeruk keuntungan pribadi tanpa seijin saya. Yang membuat tidak sama, karya tersebut tidak diterbitkan dalam bentuk buku dan nama saya tetap dicantumkan sebagai penulisnya. Syukurlah.

Ceritanya begini. Kemarin waktu sedang googling dengan kata kunci "ebook gratis" saya menemukan satu situs (lebih tepatnya forum karena memang berformat forum) yang memajang ebook saya berjudul "Cari Duit di Internet". Di judul posting yang memuat ebook tersebut tertulis begini "Cari Duit di Internet - Eko Nurhuda". Maksudnya mungkin si admin situs (atau forum) itu mengumumkan bahwa ebook berjudul "Cari Duit di Internet" yang dibagikannya itu merupakan karya Eko Nurhuda. (*bangga*). Cuma saya koq sama sekali tidak pernah merasa pernah menulis ebook itu ya?

Diliputi rasa penasaran saya segera men-download ebook tersebut dan membacanya. Walah, ternyata isinya merupakan kumpulan artikel yang pernah saya kirimkan ke Wikimu.com. Sekilas saja saya langsung tahu kalau isi ebook tersebut merupakan seri artikel saya di Wikimu.com yang saya beri judul "Cari Duit di Internet" bagian 1-6. Selama ini saya tidak pernah merasa dihubungi seseorang yang meminta ijin untuk mengkompilasi ebook tersebut. Jadi, boleh dong saya bilang kalau karya saya telah dibajak?

Tidak mau menunggu lama saya segera meninggalkan komentar di halaman di mana ebook saya dipajang. Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih banyak karena telah mempromosikan nama saya ke publik melalui ebook tersebut. Kemudian saya sampaikan bahwa ebook tersebut adalah artikel saya yang dikompilasi dan dibuat ebook tanpa seijin saya maupun Wikimu.com, jadi tindakan tersebut merupakan aksi pelanggaran terhadap hak cipta yang bisa diajukan ke muka hukum. Ujung-ujungnya saya meminta admin untuk segera melakukan tindakan yang semestinya menanggapi kasus ini.

Kemudian saya juga mengontak Mas Bayu, administrator Wikimu.com, untuk menanyakan apakah pernah ada orang yang meminta ijin padanya untuk menerbitkan artikel-artikel saya dalam bentuk ebook. Sesuai dugaan saya, Mas Bayu menjawab tidak pernah ada orang yang meninta ijin itu padanya. Kalaupun ada, pasti Mas Bayu akan langsung menyampaikannya pada si penulis dan menyerahkan kesepakatannya pada si penulis. Hmm, berarti ini benar-benar tindakan tidak ksatria. Pelakunya harus didaftarkan acara "Be A Man" tampaknya.

Tadi siang waktu saya cek situs tersebut ternyata halaman yang memuat ebook atas nama saya sudah tidak ada. Saya periksa di daftar ebook yang dibagikan juga tidak ada. Ya sudah, saya anggap selesai saja kasus ini meskipun caranya koq tidak laki-laki banget. Berhubung ebook tersebut sudah dibagikan sejak Mei lalu, saya yakin sudah banyak yang mendownloadnya. Maka di sini saya umumkan bahwa ebook berjudul "Cari Duit di Internet" bukan saya yang menyusun. Ebook tersebut disusun oleh orang yang tidak bertanggungjawab tanpa seijin dan sepengetahuan saya sebagai pemilik hak cipta tulisan dan Wikimu.com selaku pihak yang pertama kali mempublikasikan tulisan-tulisan tersebut. Dengan kata lain, ebook tersebut merupakan hasil pelanggaran hak cipta.

Oke, itu saja. Saya bingung mo nulis apa lagi. So, sekarang giliran Anda yang menulis di kolom komentar. :D

NB: Maaf, nama situs yang tersangkut sengaja tidak saya sebutkan atau saya link karena adminnya sudah menghapus "ebook saya" tersebut dari daftarnya.