Setelah beberapa lama dipayungi keberuntungan akhirnya blog ini di-delete juga oleh EntreCard. Kejadiannya sudah 4 hari yang lalu, tepatnya tanggal 15 Juli. Email berisi berita buruk tersebut saya terima saat sedang bersuka-ria karena mendapat beberapa job bernilai lumayan tinggi dari SponsoredReviews. Begini nih isi emailnya, saya persembahkan khusus bagi Anda yang beruntung tidak kena delete:

Your account 'www.EkoNurhuda.com, Ecko's Personal Blog' on entrecard.com has been deleted. The administrator gave the following reason:

Sorry, we are currently unable to support non-English blogs in our network. Please contact support@entrecard.com if you have any questions regarding this action.

Please include the following:
User ID: 14126
Hal ini sebenarnya sudah saya duga bakal terjadi. Meskipun pernah mengontak EntreCard untuk menanyakan perihal boleh-tidaknya blog non-English ikut dalam program mereka, toh akhirnya tidak ada toleransi bagi pelanggar ketentuan tersebut. Ya sudah, saya tidak mau ngeyel mempertahankan blog ini di account EntreCard. Toh, saya memang salah koq. So, sayapun mengirim balasan yang isinya meminta maaf karena telah melanggar ToS yang ditetapkan. Email tersebut sekaligus untuk meminta kesediaan EntreCard mengembalikan 500 EC point yang dikumpulkan EkoNurhuda.com. Sayang kan kalau poin sebanyak itu harus musnah?

Dear EntreCard,
I just received your email that tell me you've deleted one of my blog account. Yes, I'm so sorry that I submitted the non-english blog on my account, so it really doesn't matter for me. But, I have 500 credits and more on that account, I don't want to loose it. So, please EC, could you give me my credit back?

Here is the account number you've deleted: 14126. Blog address www.EkoNurhuda.com. I just want the credit back, nothing more than that. Please...

Thank you very much in advance.

Sampai saat ini saya belum menerima balasan dari EntreCard mengenai pengembalian kredit tersebut. Sialnya lagi, saya juga tidak bisa masuk (switch) ke blog lain yang satu account. Padahal blog tersebut berbahasa Inggris, dan semua poin EC yang dihasilkan blog-blog saya sudah terlanjur saya transfer ke blog tersebut. Walah! Jadi, saya hanya bisa masuk ke dashboard blog yang pertama kali saya daftarkan di EntreCard. Lainnya sudah terkunci rapat. Duh, mudah-mudahan saya bernasib beruntung seperti Ipung.

Anyway, tak ada rotan akarpun jadi. Setelah di-delete dari EntreCard saya segera menemukan situs dengan layanan serupa. Namanya Spottt, dan merupakan situs dalam jaringan AdBrite. Saya tidak tahu apakah Spottt mau menerima blog non-English atau tidak karena saya tidak baca ToS-nya waktu mendaftar. Yang penting saya daftar dulu. Toh, nanti semua pendaftar akan diverifikasi oleh Spottt. Kalau lolos dan diterima berarti blog non-English boleh. Sebenarnya saya sudah tahu tentang Spottt sejak tahun lalu. Tapi karena waktu itu saya juga baru saja mendaftar di EntreCard, saya putuskan untuk hanya fokus di EntreCard saja. Eh, ternyata saya malah di-delete. :(

Wah, ceritanya saya jadi senasib deh sama si Bocah Iseng dan Danu. :D